Home » Berita » Toyota Sienta dan Avanza Terbaru Siap Meluncur, Hingga Bocoran Suzuki Jimny 2019

Toyota Sienta dan Avanza Terbaru Siap Meluncur, Hingga Bocoran Suzuki Jimny 2019

Berita Sepekan Carmudi

Jakarta – Jelang mudik lebaran 2018, berita Carmudi satu minggu ke belakang diisi dengan tips dan trik untuk pemudik. Baik yang  menggunakan kendaraan pribadi serta informasi lokasi posko mudik.

Disamping itu yang tidak kalah menarik perhatian pembaca adalah soal sinyal kehadiran Toyota Sienta dan Avanza terbaru ke pasar Indonesia.

Kabar menarik lainnya datang dari Jepang, di mana Suzuki kedapatan menggundang konsumen untuk melihat langsung Jimny terbaru. Disinyalir Suzuki akan memasarkan Jimny terbaru dalam waktu dekat.

Berikut ini rangkuman berita yang menarik selama sepekan ke belakang:

1. Toyota Sienta dan Avanza Terbaru

Toyota Sienta facelift rencananya akan mulai dipasarkan pada Juli 2018 di Jepang. Meski Sienta di Indonesia tidak ada hubungannya dengan peluncuran model serupa di sana. Namun PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek (APM)  Toyota di Indonesia seakan memberikan sinyal. Bahwa ada versi penyegaran dari Sienta yang bakal diiluncurkan.

Toyota Sienta (Foto: Indianautosblog)

“Pokoknya akan ada kejutan dari Toyota. Tunggu saja,” ujar Executive General Manager TAM Fransiscus Soerjopranoto.

Baca juga: Sinyal Kuat, Toyota Sienta Facelift dan New Avanza Akan Bikin Kejutan

Selain Sienta, pria yang akrab disapa Soerjo itu juga memberikan sinyal kuat bahwa tidak lama lagi pihaknya juga menghadirkan Avanza dengan wajah yang lebih segar. “Avanza masih terus di-study, tapi saya sendiri belum tahu kapan ini akan selesai”, jelasnya.

Baca juga: Toyota Sienta Facelift Siap Meluncur Juli 2018, Apa Saja yang Berubah?

2. Nissan Elgrand Tanpa Ban Cadangan

Tiga pemilik Nissan Elgrand yakni Agus Soetopo, dan Dessy Tiurlan Sagala, dan pengacara David Tobing melayangkan gugatan ke PT Nissan Motor Indonesia (NMI). Serta ke Kementerian Perhubungan. Penggugat merasa dirugikan karena Elgrand 2.5 Highway Star (4X2) A/T yang dipasarkan oleh Nissan tidak dilengkapi ban cadangan.

Baca juga: Nissan Indonesia Enggan Komentari Gugatan Pemilik Nissan Elgrand Soal Ban Serep

Terkait gugatan tersebut pihak Nissan menolak untuk berkomentar. Sebab NMI yang diwakili oleh Eiichi Koito selaku President Director mengaku baru mengetahuinya. Dirinya juga membantah bila Elgrand yang dijual di Indonesia tidak memakai ban serep.

3. Harga Wuling Confero dan Cortez Naik

Pemerintah dalam hal ini Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah menerbitkan peraturan baku mutu emisi gas buang kendaraan bermotor atau lebih dikenal dengan Euro4. Bila tidak ada perubahan, peraturan tersebut akan berlaku efektif mulai September untuk kendaraan bermesin bensin.

Baca juga: Standar Emisi Euro4 Berlaku, Harga Wuling Confero dan Cortez Bakal Naik?

Tamasya Ke Pabrik Wuling Motors, Begini Proses Produksi Cortez (Foto: Dok Wuling Motors)

Mengenai hal tersebut PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) menyambut baik peraturan pemerintah itu. Pihaknya siap untuk memproduksi dan menjual dua produk andalannya yaitu Wuling Cortez dan Confero yang sudah memenuhi standar emisi gas bang Euro4.

Berhubung ada beberapa komponen di mobil yang akan diperbaharui maka bukan tidak mungkin Wuling Motors bakal menaikkan harga dari dua mobil keluarga itu.

Baca juga: Selamat Tinggal Euro2, Indonesia Segera Terapkan Standar Emisi Euro4

Baca juga: Wuling Motors Siap Bikin Kejutan di GIIAS 2018, Ada Mobil Baru?

4. DFSK Glory 580

Baru-baru ini PT Sokonindo Automobile selaku APM mobil DFSK di Indonesia mengundang awak media. Termasuk Carmudi untuk merasakan langsung Sport Utility Vehicle (SUV).

Momen tersebut dimanfaatkan Carmudi untuk mengupas fitur-fitur yang ada di mobil asal Cina itu. Setelah melakukan penelusuran terkuak lima fitur di DFSK Glory 580 sama seperti yang ada di mobil mewah.

Baca juga: Ini 5 Fitur DFSK Glory 580 yang Biasanya Hanya Ada di Mobil Mewah

Vehicle Running Recorder
Vehicle Running Recorder milik Glory 580. Foto/Carmudi.

Lantas apa saja fitur mewah DFSK Glory 580? mulai dari Vehicle Running Recorder, Tire Pressure Monitoring System, sunroof, spion dengan penghangat, dan kaca jendela depan yang bisa dinaikkan dan turukan secara otomatis.

Baca juga: Harga Resmi Mobil DFSK Glory 580 Mulai Rp245 Jutaan

5. Periksa Tekanan Ban Sebelum Berangkat Mudik

Pemudik yang ingin menggunakan mobil pribadi harus melakukan cek ulang kendaraan sebelum berangkat mudik. Salah satu bagian yang harus dicek adalah ban.

Ada masalah sedikit saja pada ban akan membuat perjalanan mudik Anda tidak nyaman dan aman. Pastikan tekanan angin pada ban sesuai dengan standar yang sudah ditentukan oleh pabrikan. Bila tidak kemungkinan besar velg bisa pecah ketika ban melibas jalan tidak rata dan berlubang.

Baca juga: Pengalaman Komunitas, Periksa Tekanan Ban Sebelum Mudik agar Velg Tidak Pecah

Baca juga: 8 Hal yang Wajib Diketahui jika Mudik Menggunakan Mobil SUV

Baca juga: Catat, Ini Daftar Bengkel Siaga Honda Selama Musim Mudik

Baca juga: Himbauan Menhub Bagi Pemudik Pengguna Transportasi Umum dan Kendaraan Pribadi)

6. Avanza-Xenia Bertenaga Listrik

Pabrikan mobil asal Cina First Auto Works (FAW)-Jilin tak lama lagi akan meluncurkan Beijing Qingxing Jingke 400 bertenaga listrik. Mobil keluarga tersebut dikembangkan berdasarkan palatform Senya S80 yang merupakan kembaran dari Avanza-Xenia.

Beijing Qingxing Jingke 400 (Foto: Carnewschina)

Di atas kertas mobil bertenaga listrik itu bisa melaju sekuat 82 hp dan torsi puncak 220 Nm. Bila baterai dalam keadaan penuh maka Beijing Qingxing Jingke 400 bisa menjelajah hingga 308 kilometer. (dol)

Baca juga: Kembaran Avanza-Xenia Bertenaga Listrik Segera Mengaspal

FIFGROUP
Previous post
FIFGroup Buka Puasa dengan Anak Yatim, Juga Berbagi Tips dari Kepolisian
Mudik
Next post
Brigjen Polisi Rikwanto: Mudik Jarak Jauh Jangan Pakai Motor!