BeritaEventMobilSumber informasi

Model Unik Taksi JPN di Tokyo Motor Show 2017 dari Toyota

Penulis: Dony Lesmana

Tokyo – Toyota telah membuat taksi untuk Jepang sejak 1936 yang dimuali dengan peluncuran mobil Model AA dan sekarang bersiap untuk meluncurkan yang baru. Menariknya model yang paling baru ini diberi nama “Taksi JPN,” yang mempunyai model atap tinggi dan dilengkapi dengan jarak roda yang memanjang yang memberi banyak ruang.

Pastinya dari segi interior, taksi baru ini sangat melegakan untuk segala penumpang. Sementara bila dilihat dari sisi eksteriornya cukup unik, Toyota mengatakan bahwa pihaknya mendapat inspirasi dari sedan besar Crown melalui grill depan mengkilap yang menampilkan motif kisi horisontal.

Sementara kaca spion diletakkan pada di fender depan untuk memberi kesan retro. Rencanannya Toyota akan menjual mobil itu dalam beberapa model yaitu Nagomi untuk entry level dan Takumi untuk kelas atas.

Terkait tentang produk Toyota untuk taksi, rencanannya juga akan dipamerkan di ajang Tokyo Motor Show 2017.

Dilansir Motor1, Selasa (24/10/2017), mobil ini akan memiliki atap yang lebih tinggi, jarak sumbu roda lebih panjang, lantai yang rendah dan datar, serta pintu geser belakang yang lebar sehingga kabin dalam mobil lebih lega.

Memang sangat unik modelnya, dan taksi ini hanya bisa memuat 5 penumpang ditambah 1 sopir. Ya, layaknya kapasitas mobil sedan yang dibuat taksi.

Mengenal Lebih Dekat Taksi JPN

Keunikan mobil yang diperuntukkan untuk taksi ini sangat banyak, selain desain interiornya, keunikan lain juga terdapat pada eksteriornya. Taksi JPN dari Toyota ini untuk panel pintu menggunakan pintu geser, jadi tak akan makan ruang banyak saat membukanya.

Pada interior, mobil ini dibekali dengan grab handles yang nyaman, jendela yang besar agar mendapatkan visual lebih luas. Tampungan bagasi juga luas mampu menampung barang hingga 401 liter. Dengan desain interior yang luas, Taksi JPN juga memberikan kemudahan untuk kaum devabel yang menggunakan kursi roda.

Dalam kabin di beberapa titik dilengkapi dengan lampu LED di jok, yang berguna ketika memasang sabuk pengaman. Bahkan untuk kenyamanan, seperti dilansir dari Motor1, Toyota memberikan jendela kedap suara yang dikombinasikan dengan material peredam suara.

Berbicara mesin, pihak Toyota membenamkan mesin 1.5 L yang kompatibel dengan BBM jenis LPG. Ini membuat BBM lebih efisien mencapai 19,4 km/liter.

Dari segi keamanan ada enam kantung udara sebagai perlengkapan standar. Serta sistem pengaman Toyota Safety Sense C (TSS-C) yang aktif saat berkendara.

Taksi produk Toyota yang aman ini akan tampil di Tokyo Motor Shor 2017, untuk pasar Jepang mobil taksi JPN dijual dengan harga mulai 3.277.800 yen atau sekitar Rp 389 jutaan. Itu untuk varian Nagomi untuk entry level, kalau model Takumi untuk kelas atas dijual sekitar 3.499.200 yen.

Sebagai informasi mobil ini akan resmi di gunakan untuk mendukung transportasi saat ajang Olimpiade 2020 Tokyo dan Paralimpiade.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts