HomeBeritaHanya Sedan, Toyota Pilih Tidak Jual Yaris Hatchback di Negara Ini

Hanya Sedan, Toyota Pilih Tidak Jual Yaris Hatchback di Negara Ini

Toyota Yaris hatchback (Foto: Indianautosblog)

Mumbai – Toyota Kirloskar Motors (TKM) selaku agen pemegang merek mobil (APM) mobil Toyota di India, baru-baru ini meluncurkan Yaris versi sedan.

Model yang sama lebih dahulu meluncur di Thailand dengan nama Yaris Ativ. Bila di Negeri Gajah Putih ada dua versi Yaris yaitu sedan dan hatchback, lain halnya di India. TKM hanya fokus memasarkan Toyota Yaris versi sedan saja, tanpa ada niatan kuat untuk memasarkan versi hatchback.

N. Raja, Deputy Managing Director TKM, sebagaimana dikutip dari Indianautosblog, mengungkapkan bahwa TKM tidak memiliki rencana untuk menjual Toyota Yaris hatchback di India. Raja belum memberikan alasan yang jelas terkait keputusan perusahaan tidak memasarkan Yaris hatchback.

Toyota Yaris hatchback (Foto: Indianautosblog)

Timbul spekulasi, TKM memang sengaja tidak menjual Toyota Yaris hatchback karena model baru tersebut telah mendapat sejumlah peningkatan seperti performa yang lebih baik, kabin lebih luas dan sejumlah fitur kenyamanan serta keselamatan tambahan.

Dengan deretan kelebihan tersebut sangat memungkinkan harga jual mobil akan lebih tinggi. Pasar otomotif di India termasuk paling sensitif terhadap harga.

Toyota Yaris hatchback memiliki dimensi panjang sekira 4.145 milimeter (mm), lebar 1.730 mm, tinggi 1.500 mm, wheelbase 2.550 mm dan ground clearance 135 mm.

Yaris hatchback untuk pasar Asia yang sudah dijual di Thailand didukung mesin VVT-i 1.2 liter, empat silinder yang menghasilkan tenaga 87 bhp dan torsi puncak 108 Nm. Mesin dikawinkan dengan transmisi otomatis jenis CVT-i sebagai standar.

Toyota Yaris hatchback (Foto: Indianautosblog)

Pasar di Indonesia saat ini justru kebalikan dari pasar India. Di Tanah Air, Toyota Astra Motor (TAM) lebih memilih untuk memasarkan Yaris hatchback ketimbang versi sedan yang pada generasi pertama disebut Vios. Vios sejak generasi kedua berbeda desain fasia dengan Yaris.

Mobil sedan di Indonesia kurang mendapat sambutan yang positif dari konsumen sebab banderol harga yang lebih mahal dari hatchback. Selain itu sedan memiliki daya tampung penumpang dan barang bawaan yang sangat terbatas.

Meluncur pada Februari 2018, Toyota Yaris hatchback untuk pasar Indonesia tampil serba baru. Sumber tenaganya dibekali mesin 2NR-FE berkapasitas 1.496cc dengan tenaga maksimal 107 ps dan torsi maksimum 14,3 kgm. Mesin ini dikombinasikan dengan pilihan transmisi manual dan CVT.

Model Hatchback Toyota di India adalah Maruti Baleno

Meski tidak memasarkan Toyota Yaris hatchback, tapi TKM punya cara lain untuk bersaing dengan mobil di segmen yang sama seperti Hyundai i20 dan Maruti Suzuki Baleno.

TKM menghadirkan Toyota Maruti Baleno. Sedan tersebut merupakan model hasil rebadge dari Baleno. Model ini dipilih berdasarkan keputusan yang telah disepakati dalam perjanjian kerjasama antara Toyota dengan Maruti Suzuki. Diperkirakan peluncurannya akan dilakukan pada semester kedua 2019.

Suzuki Baleno (Foto: Indianautosblog)

Maruti Baleno versi Toyota memiliki desain gril, bumper, lampu depan dan lampu belakang yang dirancang berbeda dengan Baleno yang dijual oleh Maruti Suzuki. Sedangkan desain bodi, mesin, dan fitur lainnya masih tetap sama. Ini dilakukan dalam upaya mereduksi biaya produksi agar banderolnya dapat lebih terjangkau. (dna)

new axor 2523r
Previous post
Mercedes-Benz Luncurkan Truk New Axor 2523R Versi Wheelbase Pendek
mobil listrik
Next post
Pemerintah Ngotot Mobil Listrik Harus Diproduksi di Indonesia