Home » Berita » Perkenalkan, Ultra Compact Kendaraan Listrik Toyota yang Siap Diproduksi

Perkenalkan, Ultra Compact Kendaraan Listrik Toyota yang Siap Diproduksi

Toyota Ultra Compact BEV (Foto: Carscoops)

Tokyo – Menambah daftar jajaran kendaraan yang dipamerkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Toyota mengumumkan akan memperkenalkan kendaraan listrik masa depan berkonsep Battery Electric Vehicle (BEV) bernama Ultra Compact Ultra BEV. Mobil berukuran kecil ini siap masuk jalur produksi. Rencananya akan diluncurkan tahun depan dan tiba di diler akhir 2020. Nantinya, Ultra Compact BEV hanya akan dipasarkan di Jepang saja.

Punya dimensi sangat kecil, Ultra Compact BEV dirancang untuk mereka yang ingin melakukan perjalanan jarak pendek. Jika sudah resmi dipasarkan, Toyota menargetkan pembelinya dari kalangan lanjut usia (lansia). Tujuannya untuk memberikan kebebasan bergerak kepada mereka yang menginginkan kemudahan masuk ke kabin mobil dan dimensi kabin yang tidak begitu luas.

Ultra Compact BEV dibekali dengan baterai sebagai sumber daya penggerak motor listrik. Diberitakan Carscoops, mobil ini dapat dikendarai dengan kecepatan maksimal 60 km/jam dan mampu menempuh jarak maksimal 100 kilometer. Toyota juga mengklaim Ultra Compact BEV punya radius putar yang sangat pendek, ini berguna ketika mobil berada di jalan sempit.

“Melalui Ultra Compact BEV, kami dengan bangga menawarkan kendaraan yang tidak membutuhkan ruang besar, melainkan yang membutuhkan lebih sedikit ruang, menciptakan lebih sedikit kebisingan dan ramah lingkungan,” kata Kepala Pengembangan Toyota, Akihiro Yanaka.

Desain Mirip Smart ForTwo tapi Lebih Futuristik

Toyota Ultra Compact BEV (Foto: Carscoops)

Bila dilihat sekilas, Ultra Compact BEV mengingatkan kita kepada Smart ForTwo. Akan tetapi Ultra Compact BEV tampil lebih futuristik dan modern. Bagian depan mobil ini didesain sporty terutama pada fasia depannya, lalu lampu depan dan kisi-kisi gril lebar, desain pelek motif kotak-kotak, dan lampu belakang berbentuk vertikal. Menariknya jendela samping mobil menampilkan kaca kecil yang bisa dibuka.

Kendaraan listrik satu ini akan menjadi bagian dari model bisnis terbaru Toyota demi mempromosikan BEV yang lebih luas lagi. Ini juga akan mencakup pemakaian baterai, pembuatan baterai, penjualan hingga daur ulangnya. Perusahaan asal Jepang ini juga berencana mengembangkan layanan perangkat untuk kendaraan listrik, seperti stasiun pengisian daya dan asuransi.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Dua Mobil Konsep Masa Depan Mitsubishi Tampil di Tokyo Motor Show 2019

Previous post
Bersama Yaris, Honda Jazz Generasi Terbaru Juga Meluncur Akhir Bulan Ini
Next post
Komitmen DFSK Mendukung Program Kendaraan Listrik di Indonesia