Berita

Toyota Urban Cruiser Hyryder Hadir Sebagai Opsi Mobil Hybrid Murah

India — Wujud Toyota Urban Cruiser Hyryder telah resmi diungkap ke hadapan publik India, Jumat (1/7/2022) lalu. Salah satu sorotannya terdapat pada sumber tenaga hybrid yang digunakan.

Toyota Urban Cruiser Hyryder (1)

Wujud Toyota Urban Cruiser Hyryder telah resmi diungkap ke hadapan publik India, Jumat (1/7/2022) lalu. (Foto: Toyota)

Sejauh ini belum ada informasi resmi mengenai harga Toyota Urban Cruiser Hyryder sebab pabrikan baru akan benar-benar menjualnya pada Agustus 2022 mendatang.

Namun, sejumlah media otomotif India memprediksi Toyota Urban Cruiser Hyryder akan dijual pada rentang harga Rp190—303 jutaan.

Jika prediksi tersebut benar maka mobil ini akan menjadi salah satu pilihan kendaraan hybrid murah di sana.

Untuk diketahui, pabrikan menghadirkan Toyota Urban Cruiser dengan dua pilihan mesin hybrid, yakni mild hybrid dan strong hybrid.

Untuk opsi mild hybrid mengandalkan mesin 1.500 cc K15C milik Suzuki yang dipasangkan dengan Integrated Starter Generator (ISG). Toyota menyebut sistem mild hybrid ini dengan istilah Neo Drive.

Adapun tenaga tertingginya adalah 103 hp dan torsi puncak 137 Nm. Sementara itu untuk transmisinya konsumen bisa memilih antara 5 percepatan manual atau 6 percepatan otomatis torque converter.

Jarak Tempuh 25 km dengan Mode “Electric Only”

Sementara itu, untuk model strong hybrid mengedepankan mesin 1.500 cc TNGA Atkinson Cycle dengan output 93,2 hp dan 122 Nm ditambah motor listrik bertenaga 80 hp dan torsi 141 Nm.

Toyota Urban Cruiser Hyryder

Tak kalah menarik, mobil ini diketahui juga akan dilengkapi sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) selain pilihan Front Wheel Drive (FWD). (Foto: Toyota)

Selain hadir sebagai opsi yang lebih bertenaga, model ini juga menawarkan efisiensi. Pabrikan membekalinya dengan baterai lithium ion 117,6 V yang menjanjikan jarak tempuh hingga 25 km dalam mode “electric only”.

Terkait konsumsi bahan bakarnya, mobil ini dikabarkan memiliki perbandingan 24—25 km per liter. Angka itu disebut-sebut sebagai yang terbaik di kelasnya.

Tak kalah menarik, mobil ini diketahui juga akan dilengkapi sistem penggerak All Wheel Drive (AWD) selain pilihan Front Wheel Drive (FWD). Hal ini menjadikannya sebagai pionir di kelasnya.

Kendati demikian, Toyota Hyryder belum diketahui apakah akan masuk pasar Indonesia atau tidak seiring wacana pabrikan asal Jepang tersebut menghadirkan mobil hybrid rakitan lokal di Tanah Air.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prasty[email protected]

Related Posts

/