BeritaKomersial

Toyota Yaris ECOVan, Ketika Hatchback Idola Anak Muda Berubah Jadi Mobil Barang

Jakarta – Sejauh ini publik di berbagai negara mengenal Toyota Yaris sebagai mobil penumpang jenis hatchback yang stylish dan digemari anak muda. Tapi di Eropa, mobil ini baru saja meluncur dalam wujud kendaraan komersial alias mobil barang dengan nama Yaris ECOVan.

Perubahan paling besar tentunya terdapat pada ruang kabin. Toyota Yaris ECOVan tidak memiliki bangku penumpang belakang. Sebagai gantinya, lantai menjadi rata dari panel kayu dengan finishing karet.

Toyota Yaris ECOVan 01

(Foto: Motor1)

Dikutip dari Motor1, Selasa (3/8/2021), kabin belakang tersebut memiliki volume 720 liter atau bobot maksimum mencapai 430 Kg. Angka tersebut jauh lebih besar dibanding kapasitas bagasi versi standarnya yang hanya mampu mengangkut 286 Kg.

Seperti mobil komersial ringan pada umumnya, terdapat semacam partisi yang memisahkan ruang kemudi dan bagasi belakang.

Sementara pada sisi eksterior, Toyota Yaris ECOVan tak memiliki perbedaan dengan versi standar yang diluncurkan pada tahun lalu. Tapi di samping itu Toyota juga menawarkan cover vinyl untuk kaca belakang bagi perusahaan yang ingin membuat mobil ini menjadi blind van.

Toyota Yaris ECOVan 02

(Foto: Motor1)

Spesifikasi mesinnya diisi jantung pacu hybrid yang menggabungkan mesin 1.500 cc 3-silinder dengan sebuah motor listrik dan baterai yang sebenarnya tergolong kecil. Total tenaga yang bisa dihasilkan mencapai 116 Hp dengan torsi tertinggi 141 Nm.

Mesin tersebut menjanjikan tingkat konsumsi bahan bakar 4,3 liter per 100 Km yang artinya sama dengan 23,2 Km/l.

Memenuhi Tugas Pengantaran “Last Mile”

Kehadiran mobil ini melengkapi jajaran produk Toyota Professional di Eropa. Posisinya diplot sebagai solusi mobil komersial ringan untuk kawasan urban.

Cocok untuk menjalankan tugas pengantaran barang tahap “last mile” atau fase akhir sebelum benar-benar sampai ke tangan konsumen.

Toyota Yaris ECOVan 03

(Foto: Motor1)

Toyota Yaris ECOVan tersedia dalam dua varian, yakni Business Plus dan Active Tech. Terdapat beberapa perbedaan kelengkapan pada kedua varian tersebut.

Tapi secara keseluruhan keduanya sudah dilengkapi dengan Toyota Safety Sense, climate control, rain sensor, pelek aluminium 15 inci, auto high beam, dan pusat hiburan 7 inci yang sudah mendukung Apple CarPlay dan Android Auto.

Sementara ini pemasarannya terpusat di Spanyol, tapi kemungkinan besar Toyota juga akan memperkenalkannya di negara Eropa lainnya.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada[email protected]

Related Posts