Home » Mobil » Tren Baru Mobil Bekas untuk Mudik, Honda Jazz Kini Jadi Favorit

Tren Baru Mobil Bekas untuk Mudik, Honda Jazz Kini Jadi Favorit

Honda Jazz 2015
Honda Jazz RS menjadi mobil bekas favorit untuk mudik warga Solo. (Foto: HPM)

Jakarta – Bagi sebagian orang, mudik ke kampung halaman tidak melulu memakai mobil jenis MPV. Seiring kian terjangkaunya harga mobil bekas, pilihan mobil untuk mudik jadi kian beragam.

Di tengah pandemik virus Corona seperti sekarang ini, pemerintah mengimbau masyarakat agar tidak bepergian jauh, seperti mudik ke kampung halaman. Namun, hal tersebut tidak menyurutkan niat sebagian orang untuk mudik merayakan hari raya.

Kampung halaman yang jaraknya relatif dekat, misalnya tidak lebih dari 100 kilometer, mereka bisa berangkat kapan saja. Tidak melulu bersama keluarga besar, sebagian orang mungkin hanya membawa keluarga inti saja. Alhasil, mobil jenis city car cukup bila digunakan untuk ke kampung halaman.

Pergeseran tren ini sudah terjadi sejak tahun lalu, dimana jumlah pembeli mobil jenis city car atau hatchback kian meningkat. Terlebih, adanya tol Trans Jawa membuat perjalanan antar kota kian singkat waktu tempuhnya. Bepergian antara kota pun kian efisien dan mudah.

Bicara soal pilihan mobil bekas untuk mudik Lebaran, masyarakat tidak lagi terpaku pada satu model seperti dulu-dulu. Di pasar mobil bekas, Avanza tidak lagi favorit utama karena MPV lain menawarkan fitur tak kalah lengkap dengan harga yang terjangkau. Bila bosan dengan MPV, masih ada opsi dari segmen SUV yang harga serta kemampuannya tak kalah kece.

Kembali lagi, beda kota tentunya beda juga selera dalam memilih mobil bekas. Berdasarkan penuturan pedagang mobil bekas rekanan Carmudi, karakter pembeli mobil bekas di Solo dan kota Yogyakarta cukup berbeda sekalipun kedua kota besar tersebut jaraknya ‘bersebelahan’.

Honda Jazz, Pilihan Baru Mobil Bekas untuk Mudik

Jajaran Mobil Terlaris Honda
All New Honda Jazz. (Foto/Istimewa)

Siapa bilang hatchback cuma bisa buat gaya-gayaan dipakai dalam kota? Sekalipun ukurannya kompak, Honda Jazz jadi pilihan menarik warga Solo untuk dipakai merayakan hari raya Idul Fitri. Hatchback terlaris Honda ini tahun lalu penjualannya cukup laris di pasar mobil bekas.

Kalau di Solo sih beragam, tidak melulu tentang mobil niaga tapi city car pun tetep rame. Untuk lebaran tahun kemarin di saya cenderung Jazz RS 2008-2013 yang lebih banyak laku,” ungkap Decca dari dealer D’Cars saat dihubungi Carmudi.

Ia menjelaskan bila peminat Honda Jazz meningkat karena skema kredit yang ringan untuk pembeli. Uang muka yang diminta cukup terjangkau untuk konsumen yang ingin membeli Honda Jazz bekas. Pembeli pun tergiur untuk membeli hatchback terlaris Honda itu secara kredit.

Untuk tahun kemarin karena DP untuk kreditnya masuk budget konsumen. Kebetulan, belinya secara kredit semua untuk tahun kemarin,” jelas Decca.

Namun demikian, ia menyebut bila permintaan untuk mobil MPV juga tetap tinggi di kota asal Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Selera masyarakat Solo masih tetap mainstream, dimana Toyota Avanza tetap yang menjadi favorit. Sementara itu, permintaan untuk mobil jenis SUV cenderung stagnan.

Toyota Avanza dan Veloz (Foto: Toyota)

“Kalau untuk akhir-akhir ini yang paling laris sih Avanza tahun 2014 ke atas. Biasa aja untuk yang SUV, lebih ke MPV untuk akhir-akhir ini,” jelasnya.

Honda Jazz Punya Kabin Luas

Dengan harga yang relatif terjangkau, Honda Jazz menjadi alternatif favorit kaum urban yang tidak hanya mencari kendaraan untuk sehari-hari. Performa yang cukup bertenaga ala Jazz menyuguhkan sedikit sensasi lincah ala mobil sport saat dipacu di jalan bebas hambatan. Selain itu, konsumsi bahan bakarnya juga tergolong hemat apalagi bila digunakan untuk perjalanan luar kota.

Auto AC
Tidak ada tombol fisikal, cukup tekan kaca dengan teks menyala ini untuk mengatur AC-nya (Carmudi Indonesia/Sano)

Honda menyuguhkan suatu solusi kebutuhan kaum urban melalui Honda Jazz. Performa bertenaga berpadu pada karakter setir yang ringan membuat hatchback ini mampu bermanuver lincah di segala situasi, baik kepadatan lalu lintas atau saat dipacu di jalan tol.

Sebagai city car, Honda Jazz memiliki akomodasi yang luas meski ruang kabinnya kecil. Ini karena posisi tangki bensin yang berada di dek kursi depan sehingga membuat bagian kursi belakang lebih lapang. Jazz memenuhi segala persyaratan yang dibutuhkan pada mobil perkotaan modern dengan menggabungkan performa mumpuni, lincah, irit, namun tetap fungsional dari sisi utilitas penyimpanan.

Honda Jazz termasuk city car komplit yang cukup nyaman untuk perjalanan jarak dekat atau menengah karena adanya system audio dengan fitur lengkap. Dengan begini, penumpang atau pengemudi tidak merasakan bosan selama di jalan.

Meskipun hanya terdiri dari 2 baris kursi, utilitas Honda Jazz cukup fleksibel. Kursi belakang bisa dilipat dengan rendah sehingga memaksimalkan volume kargo saat butuh membawa banyak barang. Soal penyimpanan barang bukan menjadi masalah bagi Jazz karena si perancang memang mempersiapkan mobil ini untuk kebutuhan masyarakat perkotaan.

Honda Mobilio Bekas Naik Daun Sebagai Mobil Mudik Warga Jogja

New Honda Mobilio RS tipe CVT punya fitur paling lengkap (Foto: Carmudi)

Dari sekian banyak jenis mobil bekas yang ada di pasaran, segmen MPV tetap jadi yang terlaris di kalangan masyarakat. MPV selama ini terbukti handal untuk kendaraan keluarga karena kapasitasnya yang besar. Kini, selera masyarakat dalam memilih MPV pun kian beragam karena banyaknya model yang ditawarkan.

Berbeda dengan Solo, masyarakat di Yogyakarta masih memfavoritkan MPV untuk mobil mereka saat mudik Lebaran. Melihat tren penjualan di tahun lalu, Honda Mobilio penjualannya meningkat signifikan daripada MPV sejenis. Tidak cuma MPV, penjualan SUV di kota pelajar ini juga mulai meningkat.

“Di Jogja tetap favoritnya itu pertama MPV, kedua SUV, ketiga city car. MPV untuk Mobilio naiknya ya lumayan. Untuk SUV, terlarisnya itu Rush dan Terios,” jelas Andy dari dealer Gogo Mobilindo saat dihubungi Carmudi.

All new Toyota Rush (Foto: Carmudi)

Soal selera MPV, masyarakat Jogja ini cenderung lebih beragam dari berbagai merek. Andy menyebut bila di sana selain Avanza dan Xpander, Ertiga dan Grand Livina juga cukup banyak peminatnya. Adapun untuk segmen SUV, BR-V peminatnya masih cukup besar di Ibukota provinsi yang dipimpin oleh seorang Sultan tersebut.

Selebihnya, masyarakat di Yogyakarta memiliki selera mobil yang cenderung mainstream untuk segmen SUV. Penjualan mobil SUV bekas dari merek terkenal untuk bulan puasa tahun lalu masih tinggi.

“Untuk model SUV, Honda CR-V, Mitsubishi Pajero dan Toyota Fortuner masih jadi favorit,” sebutnya.

Honda Mobilio Punya Rancangan Kabin Lega

Head Unit baru pada Honda Mobilio RS berukuran 8 inci. (Foto/Istimewa)

Honda Mobilio dihadirkan untuk menyasar kalangan keluarga kecil dan kelas menengah, yang membutuhkan kendaraan ekonomis dan memiliki performa yang mantap. Honda Mobilio berkonsep mobil keluarga yang mampu menampung hingga 7 penumpang. Area kabin terbilang cukup lapang, baik di baris kedua dan ketiga, selain itu bagasinya juga sangat luas.

Tampilan luar Honda Mobilio kini terlihat tak kalah menarik dibandingkan para kompetitornya, dan mengesankan tampilan mobil yang sporti. Tak hanya itu saja, jaraknya ke tanah yang lebih pendek dibandingkan para pesaing, membuat mobilio tak terlalu limbung ketika dipacu dengan kecepatan tinggi.

Pengembangan yang dilakukan Honda pada Mobilio membuat mobil ini semakin membaik, khususnya di bagian interiornya. Jika sebelumnya banyak yang mengeluhkan kalau area kabin tak senyap, kini hal tersebut sudah berhasil diatasi.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Previous post
Minor Change, Harga Suzuki Ignis Terbaru Naik Rp5 Juta
Next post
Dampak PSBB di Jakarta, Diler dan Bengkel Resmi Daihatsu Tutup Sementara