Berita Sumber informasi

Tren Mobil Bekas Avanza Cenderung Meredup, Kini Jenis SUV Mulai Dilirik

Jakarta – Biasanya di bulan Ramadan jadi momen dalam peningkatan pasar mobil bekas (mobkas), pasalnya banyak masyarakat yang mencari mobil untuk digunakan pulang kampung alias mudik. Ya, mudik adalah rutinitas atau kebiasaan masyarakat Indonesia dalam merayakan Lebaran bersama keluarga.

Mobil yang paling banyak diburu adalah mobil keluarga atau Low-MPV seperti Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia yang paling laris. Namun belakangan kepopuleran mobil sejuata umat ini mulai kurang dilirik karena muncul nya beberapa pesaing baru.

Seperti diberitakan sebelumnya, kalau selama tiga bulan belakangan ini, penjualan Mitsubishi Xpander berturut-turut mengungguli penjualan Avanza sekaligus jadi mobil paling laris di Tanah Air.

Bahkan tragisnya, tak hanya di pasar mobil baru saja Avanza banyak kehilangan peminat tapi juga di pasar mobil bekas. Ini diungkapkan Herjanto Kosasih selaku Manajer Senior WTC Mangga Dua yang menjadi salah satu pusat penjualan mobil bekas.

“Pada wilayah perkotaan seperti Jakarta peminat mobil bekas Avanza dan Xenia mulai beralih. Mereka lebih cenderung pilih Calya, Sigra atau Rush, Terios terbaru.

Dia menambahakan berbeda bila di pasar pinggiran kota atau bahkan daerah. Low MPV sejuta umat (Avanza dan Xenia bekas) itu masih dilirik banyak orang dan menjadi best seller.

“Mobil ini (Avanza-Xenia) orang kota mana mau, namun kalau di pinggiran atau di daerah mereka masi banyak yang terima,” pungkasnya.

Mobil SUV Bekas Juga Menjadi Incaran

Jelang musim mudik pasar mobil bekas menjadi alternatif untuk mendapatkan mobil murah. Biasa hanya mobil keluarga atau Low Multi Purpose Vehicle (MPV) yang banyak menjadi incaran, namun belakangan mobil jenis sport utility vehicle (SUV) mulai di buru.

Ditempat yang berbeda, hal ini diungkapkan Halomoan Fischer Lumbantoruan, Presiden Direktur Mobil88 beberapa waktu lalu. Perkembangan pasar mobkas SUV jelang musim mudik alami petumbuhan ini terlihat dari transaksi jual beli.

Meskipun angkanya tak beda jauh dengan tahun lalu tapi alami pertumbuhan 10% hingga 15%. Ini artinya minat pasar, atau segmentasi konsumen di mobil SUV bekas masih menjadi pilhan terkait tren atau fitur yang dibutuhkan pembeli.

“Ya pastinya semua tahu kalau mobil bekas adalah alternatif bagi masyarakat yang ingin punya mobil. Semua juga tahu kalau mobil bekas lebih murah dibandingkan dengan mobil baru, itu yang membuat perkembangannya ikut positif,” ujarnya. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts