BeritaSumber informasi

Tren Mudik Menggunakan Mobil Rental Meningkat

Jakarta – Ada beragam alternatif alat transportasi digunakan mudik ke kampung halaman saat lebaran tiba. Mulai dari motor, mobil, pesawat, kereta api, bus, dan lainnya.

Tapi bagi pemudik yang tidak mau repot atau kendaraan yang dimilikinya tidak cocok untuk perjalanan jauh, ada satu solusi yang bisa membantu. Yaitu dengan menggunakan jasa penyewaan mobil atau lebih dikenal dengan mobil rental.

Saat ini ada beragam layanan jasa penyewaan kendaraan baik itu yang mengatasnamakan perusahaan maupun pribadi, seperti salah satunya Trac-Astra Rent a Car. Biasanya di momen lebaran seperti sekarang ini penyewaan mobil mengalami peningkatan.

Pihaknya memprediksi tahun ini akan ada peningkatan minimal 30 persen jika dibandingkan dengan rata–rata permintaan di bulan lainnya.

“Tren mobil rental untuk mudik harusnya dari tahun ke tahun trennya meningkat apalagi kalau bicara lebaran. Banyak penduduk di Jakarta kalau misalnya lebaran harus mudik,” ujar Chief Operating Officer Trac Agus Riyadi, disela acara buka puasa bersama di Jakarta.

Jenis mobil yang banyak diminati konsumen di masa menjelang lebaran adalah jenis Multi Purpose Vehicle (MPV) bertranmisi manual. Karena dinilai lebih hemat bahan bakar untuk perjalanan jauh.

Menurut Agus memilih mobil rental merupakan solusi praktis untuk mudik sekaligus libur lebaran. Pelanggan juga tidak akan dibatasi soal soal jarak tempuh perjalanan.

“Awalnya kalau naik mobil sendiri perlu dipikirkan kilometer tinggi. Kalau sewa bisa pilih pakai kendaraan seven seater seperti Avanza, Xenia, dan Innova. Apalagi kita ini menawarkan kendaranaan keluaran muda,” papar Agus.

Mayoritas pelanggan yang melakukan penyewaan kendaraan rata-rata berasal di kota-kota besar seperti Jakarta, dan Surabaya. Hal ini mengingat kebanyakan pemudik memiliki kampung halaman jauh dari kota besar.

“Yang pasti kota besar terutama kota Jakarta dan Surabaya mayoritas orang Indonesia mudik ke wilayah Jawa dan lainnya. Bukan berarti Yogyakarta dan Semarang tidak ada yang menyewa mobil. Biasanya pemudik menggunakan angkutan lain seperti kereta ketika sampai di stasiun tujuan baru menyewa kendaraan,” tutur Agus.

Promo Lebaran dari Mobil Rental

Memanfaatkan momen lebaran yang sebentar lagi akan tiba, Trac-Astra Rent a Car menyuguhkan promo menarik untuk pelanggan berupa potongan harga sewa kendaraan.

“Jadi tahun ini kami menawarkan program ‘Ayo mudik’. Kami punya paket di mana diskonnya mencapai 25 sampai 30 persen. Tapi, ada syaratnya penyewaan kendaraan harus dilakukan sebelum tanggal 31 Mei. Lewat dari tanggal tersebut harga akan kembali normal,” papar dia.

Selain itu, ditawarkan juga Paket Wisata Trac yang menyediakan mobil lengkap dengan pengemudi yang sudah familiar dengan lokasi tujuan wisata.

“Untuk momen liburan dan lebaran, Trac juga menawarkan untuk paket wisata dimana akan dilayani menggunakan paket wisata oleh pengemudi berpengalaman dari penduduk lokal. Mereka mengetahui objek wisata dan kuliner di sana. Saat menggunakan jasa layanan kami tinggal sebut atau bisa tanya ke pengemudi lokasi kuliner dan wisata yang menarik,” pungkas Agus.(dol)

 

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts