Home » Berita » Tren Sepeda Motor Bergaya Retro Akan Bertahan Lama

Tren Sepeda Motor Bergaya Retro Akan Bertahan Lama

Kawasaki W175 SE Biru, warnanya bikin makin klasik (Foto: KMI)

Jakarta – Beberapa tahun belakangan ini tren sepeda motor bergaya retro tengah naik daun dan mendunia. Indonesia ikut terjangkit tren tersebut, hal itu dibuktikan adanya sejumlah produsen roda dua yang mencoba peruntungan dengan meluncurkan sepeda motor bergaya retro.

Adapun merek-merek sepeda motor bergaya retro yang sudah beredar di dalam negeri seperti Honda Scoopy, Honda Super Cub C125 yang baru saja diluncurkan oleh Astra Honda Motor, lalu Yamaha Fino, Kawasaki W175, Viar Vintech, Kawasaki W800, Kawasaki W250, dan masih banyak lagi.

Kedatangan sepeda motor bergaya retro di Tanah Air ternyata disambut positif oleh para bikers. Penerimaan yang luar biasa terhadap sepeda motor bergaya retro sangat memungkinkan bila trennya akan bertahan lama. Menurut Michael Chandra Tanadhi, Head of Sales & Promotion Department PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) diperkirakan sepeda motor bergaya retro bertahan paling lama hingga 10 tahun kedepan.

“Bagi Research and Development (R&D) Kawasaki Heavy Industries, kami di Jepang itu melihat bahwa di dunia ini tren retro ini akan bertahan cukup lama sekira 10 tahun,” tutur Michael belum lama ini di Jakarta.

Saat ini KMI memasarkan empat model sepeda motor bergaya retro yaitu Kawasaki W175, Kawasaki W250, Kawasaki W800, dan Kawasaki Z900RS Cafe. Keempat model tersebut mendapat sambutan yang sangat baik dari masyarakat di Indonesia. Di antara ketiganya, Kawasaki W175 paling banyak peminatnya sekaligus masuk dalam tiga besar penjualan sepeda motor Kawasaki secara nasional.

“Untuk penjualan terbesar masih dipegang oleh Kawasaki KLX Series, kemudian nomor dua ditempati oleh Kawasaki W175, sedangkan diposisi nomor 3 ada Ninja series,” terang Michael.

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap sepeda motor bergaya retro, tentunya ada keinginan Kawasaki untuk kembali mendatangkan model baru. Tapi mengenai waktu peluncurannya, Michael belum mau berkomentar banyak. “Masih rahasia”, jawabnya singkat.

Harga Sepeda Motor Kawasaki Bergaya Retro Mulai dari Rp29 Jutaan

KMI mendatangkan empat sepeda motor bergaya retro dalam waktu yang berbeda. Berhubung Kawasaki merupakan merek premium maka jangan kaget bila harga keempat sepeda motor tersebut sangat mahal, bahkan ada yang banderolnya sama seperti satu mobil. Di mulai dari yang paling rendah terlebih dulu yaitu Kawasaki W175 dibanderol Rp29,8 juta untuk varian standar dan Rp31.1 juta varian special edition (SE).

Sebagai model terlaris, rupanya KMI sudah tidak sabar untuk mendatangkan versi penyegarannya. Belum lama ini KMI memperkenalkan beberapa pilihan warna dan striping baru untuk Kawasaki W175. Warna ini dipersiapkan untuk unit produksi 2019 mendatang.

Baca juga: Warna Baru Kawasaki W175 Makin Berkesan Motor ‘Tua’

Warna baru yang dihadirkan adalah storm cloud blue, atau biru muda. Kesan jadul pun makin kuat dengan warna tersebut. Opsi lainnya yaitu hadirnya livery dengan desain ala motor lawas yang sederhana. Nantinya Kawasaki W175 model 2019 dibanderol sekira Rp30 jutaan.

“Kami memperkenalkan warna baru, yaitu biru yang identik dengan nuansa klasik. Warna tadi membuat semakin kuatnya image retro yang melekat pada Kawasaki W175,” kata Michael.

Dapur pacu masih mengandalkan mesin berkubikasi 177 cc yang memproduksi tenaga sebesar 13 PS / 7,500 rpm dan torsi 13.2 Nm / 6,000 rpm. W175 ini memiliki tangki sebesar 13,5 liter.

Kawasaki W250 terbagi dalam dua pilihan yaitu varian standar dibanderol Rp71,7 juta, sedangkan varian SE Rp73,2 juta. Keduanya dibekali mesin tipe pendingin udara, 4 tak tunggal dengan volume silinder 250 cc. Mesin ini diklaim mampu mengeluarkan tenaga sekuat 18 PS pada 7,500 rpm dan torsi puncak 18 N.m pada 5,500 rpm.

Kawasaki Z900RS Cafe (Foto: KMI)

Varian Paling Tinggi

Kawasaki W800 adalah hasil dari pencapaian akan keindahan dan citarasa akan sepeda motor vintage. Menawarkan keindahan otentik dari komponen-komponen yang dibuat secara mendetail hingga bagian yang terkecil.

Dibekali mesin 773 cc tenaga yang dihasilkan mencapai 48 PS / 6,500 rpm dan torsi maksimal 60.0 N.m/ 2,500 rpm. Sama seperti saudaranya, model satu ini juga ditawarkan dalam dua pilihan dengan harga termurah sekira Rp250 juta, dan varian tertinggi dibanderol Rp251 juta.

Terakhir ada Kawasaki Z900RS Cafe. Sepeda motor ini diciptakan sebagai penghormatan kepada sang legendaris Z1, Z900RS. Sumber penggeraknya berasal dari mesin berkapasitas 948 cc bertenaga 109 PS pada 8,500 rpm dengan torsi 95.0 Nm pada 6.500 rpm. Kawasaki Z900RS Cafe dijual di Indonesia dengan harga Rp288 juta.(dol)

captiva mirip wuling suv
Previous post
Jangan Kaget, Di Negara Ini Chevrolet Captiva Mirip Wuling SUV
Honda Vario
Next post
Laris di Pasaran, Komunitas Pengguna Honda Vario Makin Bertambah