Modifikasi

Trik Modifikasi Honda Scoopy Biar Enggak Norak

modifikasi honda scoopy

All new Scoopy resmi meluncur dengan berbagai macam fitur baru. (Foto: dok.AHM)

Jakarta – Sebenarnya modifikasi Honda Scoopy enggak terlalu perlu dilakukan karena skuter matik (skutik) satu ini sudah punya tampilan yang lumayan keren dan gaul, kok.

Tapi yang namanya pecinta otomotif tentu bakalan gatel kalau belum melakukan modifikasi yang tidak selalu membahas mengenai hal ekstrem.

Kendati model standarnya sudah sangat menarik dan unik, modifikasi Honda Scoopy butuh beberapa trik. 

Kalau tidak mengandalkan trik, modifikasi Honda Scoopy yang kamu lakukan bisa jadi keliatan norak. Kalau sudah norak, bukannya keren tapi motor kamu bisa di-bully. 

Biar enggak salah langkah, nih lihat dulu beberapa hal yang mesti kamu ketahui sebelum melakukan modifikasi pada Honda Scoopy.

Bodi Sudah Keren

Bodi Honda Scoopy ini sudah keren, misal dari pilihan warnanya saja yang ditawarkan dalam 8 pilihan warna; Fashion Blue, Fashion Cream, Sporty Black, Sporty Red, Prestige Black, Prestige White, Stylish Brownl, dan Stylish Red. 

modifikasi honda scoopy

All new Scoopy

Pilihan warna yang banyak tersebut didukung 4 varian; Fashion, Sporty, Prestige, dan Stylish.

Varian Fashion cirinya adalah livery dengan inisial S di bagian bodi samping. Selain itu, pelek yang digunakan memakai warna hitam. 

Lalu untuk varian Sporty punya tulisan Scoop di bagian bodi samping dan sayap depan. Sedangkan varian Prestige tidak memiliki corak livery di bagian bodi. Sebagai gantinya jok dan pijakan kaki di dek depan dibuat menjadi warna coklat. 

Oh iya, warna pelek yang dipakai pada varian Prestige memakai warna bronze. Jadi motornya jadi keliatan makin keren mirip motor yang sudah dimodifikasi. 

Terakhir ada varian Stylish. Varian ini mirip dengan Prestige, bedanya di bagian bodi terdapat livery garis di bagian bodi samping dan di ujung sayap depan. 

Warna pelek dari varian Stylish memakai warna silver. 

Ukuran Pelek

Biasanya para pemakai skutik sering mengganti pelek aftermarket yang ukurannya lebar. Honda Scoopy ini bagusnya sudah punya pelek yang mumpuni. Jadi enggak perlu lagi ganti pelek aftermarket.

Pelek yang dipakai motor ini punya diameter 12 inci dengan lebar 2.15 di depan dan 2.50 di belakang. Ban yang dipakai di depan ukurannya 100/90 dan di belakang 110/90.

Tips Modifikasi Honda Scoopy

Mengganti Cakram

Salah satu upaya biar modifikasi Honda Scoopy kamu makin keren adalah mengganti cakram. Ban dan pelek Scoopy sudah cukup oke, maka yang bisa kamu lakukan adalah mengganti cakram.

Ganti ukuran cakram dengan diameter yang lebih besar. Hal ini agar tampilan rem di bagian depan terlihat lebih proporsional dengan pelek dan ban.

Kaki-kaki Yamaha Aerox

Kaki-kaki Yamaha Aerox

Karena pelek dan ban bawaan Scoopy sudah terlihat gambot. Maka cakramnya bisa diganti dengan ukuran yang lebih besar. 

Selain cakram, bisa juga mengganti kaliper dengan ukuran yang lebih besar yang juga bisa menambah performa pengereman jadi lebih yahud. 

Mengganti Spion

Spion bawaan pabrik banyak dinilai punya desain yang kurang keren. Buat anak muda mengganti spion ini jadi salah satu hal wajib. 

Biasanya mereka mengganti spion dengan konsep modifikasi mereka. Ada yang memakai model bar end di ujung setang, atau model lancip dan mengecil. 

motor konsep honda project g

Project G Desainnya Mengadopsi Style Honda Scoopy (Foto: Carmudi)

Biasanya sih mereka mengganti spion ini biar terlihat lebih gaya. Selain itu memudahkan saat sedang menyelip di antara kemacetan biar enggak nyenggol mobil.

Menambah Windshield

Sebagai skutik bergaya retro modern, Honda Scoopy juga pantes dibuat makin retro lagi. Misalnya dengan menambah aksesori berupa windshield. 

Pemasangan windshield di bagian depan ini bisa menambah gaya retro. Walupun secara tampilan modern, memasang windshield juga punya hal positif seperti menahan terpaan angin secara langsung ke arah badan.

Jadi, pengendara bisa mengurangi risiko masuk angin, nih. 

Mengganti Pelek dan Ban

Walaupun udah dibekali dengan pelek dan ban ukuran besar, tapi ada aja orang yang enggak suka dengan hal ini. Sebagian orang kerap mengganti pelek dan ban dengan model jari-jari karena desain pelek bawaan pabrik bagi sebagian orang dinilai pasaran. 

Pilihan modifikasi warna velg motor.

Pilihan modifikasi warna velg motor.

Mereka mau mencoba mengganti pelek dan ban sesuai dengan konsep yang diinginkan. Atau yang paling gampang buat mengubah tampilan motor adalah mengganti warna pelek.

Enggak percaya? Coba aja sendiri deh!

Menambah Indikator Speedometer

Menambah aksesori indikator yang tidak ada di speedometer juga bisa ngebuat motor jadi makin keren. Misalnya menambahkan aksesori berupa indikator voltase kelistrikan, indikator bensin tambahan, atau mengganti stiker LCD speedometer bawaan. 

Honda Scoopy sebenarnya punya indikator paduan antara digital dan analog. Nah, biar makin keren ada juga nih yang ngebuat semua tampilannya jadi serba digital. 

Memodifikasi Jok Honda Scoopy

Modifikasi Honda Scoopy lainnya adalah mengganti jok bawaan Scoopy yang dinilai enggak enak didudukin. 

Modifikasi jok Honda PCX dan Honda ADV 150

Modifikasi jok Honda PCX dan Honda ADV 150

Biasanya ada yang membentuk jadi semi cafe racer, dibuat ala sofa sampai jok custom.

Mengubah tampilan jok juga bisa ngebuat motor kamu jadi makin keren. 

Mengganti Setang

Salah satu kelebihan dari Honda Scoopy buat yang doyan modifikasi adalah letak lampu utamanya terpisah dari setang. Lampu utama Scoopy ditanam di bodi di atas sepatbor. 

Otomatis setangnya bisa diganti sesuka hati. Buat yang mengambil tema racing, penggunaan setang tekuk bisa menambah aura balap jadi makin kental. 

Mr Classic Stang

Stang motor bentuknya juga unik-unik.Foto/Carmudi Indonesia/Ben

Di pasaran sudah banyak komponen aftermarket untuk berbagai model setang. Buat yang enggak mau ribet, kamu bisa memasang adapter setang buat dipasang di Scoopy. 

Tujuannya sih biar gampang kalau mau mengganti setang dengan model apapun karena adapter ini cukup plug and play dan pemasangannya juga gampang.

Knalpot

Aksesori lain yang wajib diganti buat penggila otomotif adalah knalpot. Modifikasi paling gampang, paling sering dilakukan ya mengganti knalpot. 

Tampilan motor juga bisa langsung berubah walau hanya mengganti knalpot. Tapi sebelum mengganti pastikan suaranya tidak terlalu berisik sesuai ketentuan yang ditentukan oleh pihak Kepolisian. 

Knalpot yang terlalu berisik bisa-bisa ditilang pas lagi riding karena ada batas desibel yang untuk penggunaan knalpot di jalan raya. 

Nah, dari cara di atas mana nih yang jadi prioritas kamu buat modifikasi Honda Scoopy ini? Mau yang ribet sampai yang gampang semuanya bisa dilakukan. 

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: All New Honda Scoopy Tambah Fitur Tapi Masih Pakai Mesin 110cc

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika dikendarai. It's not about the miles per gallon, but it's about the smiles per gallon

Related Posts