Home » Berita » Truk Listrik Mitsubishi Fuso E-Canter Bakal Menampakkan Diri, Kapan?

Truk Listrik Mitsubishi Fuso E-Canter Bakal Menampakkan Diri, Kapan?

Mitsubishi Fuso E-Canter akan hadir di GIICOMVEC 2020. (Foto: Mitsubishi)

Jakarta – Tren kendaraan listrik tengah naik daun terutama di Indonesia. Menyikapi hal tersebut, PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB), distributor resmi kendaraan niaga Mitsubishi Fuso berencana membawa truk listrik, E-Canter. Sebelumnya KTB pernah memamerkannya pada 2017 silam, tapi masih sebatas ptototipe (konsep) belum diproduksi massal.

Truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter akan dipamerkan di pameran kendaraan komersial GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2020 pada awal Maret mendatang.

“Kami coba tes pasar juga bagaimana respons orang Indonesia (terhadap truk listrik, E-Canter),” kata ungkap Dony Hermawan, Head of PR & CSR Department KTB, di Jakarta, Selasa (28/1/2020).

KTB baru sekadar memamerkannya saja, belum ada rencana untuk memasarkan truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter. Menurut Dony ada banyak hal yang perlu dikaji secara mendalam sebelum resmi menjualnya ke konsumen di dalam negeri.

“Ya, kalau kita lihat pasar di Indonesia kalau untuk truk listrik secara kebutuhan orang masih ragu ya. Sebenarnya secara produk Mitsubishi Fuso sendiri sudah siap, kami tinggal mendatangkannya saja,” tambah Dony.

Selain itu, lanjut dia, infrastruktur untuk kendaraan listrik khususnya truk belum memadai, seperti stasiun pengisian daya baterai.

Dijadikan Pilot Project

Sebelum dipasarkan, Mitsubishi Fuso E-Canter akan dijalankan sebagai sebuah pilot project. (Foto: Mitsubishi)

Bukan tidak mungkin Mitsubishi Fuso E-Canter dijual di Indonesia, apalagi saat ini pemerintah tengah menggalakkan percepatan pengembangan mobil listrik. kemungkinan sebelum resmi memasarkannya, KTB terlebih dahulu akan menjalankan sebuah pilot project.

“Pasti mungkin, kalau teknologi kan berkembang dengan cepat, seperti mobil penumpang sudah berkembang. Mobil penumpang bertenaga listrik sudah diterima dengan baik, nanti mungkin kami coba dengan melakukan pilot project di kota-kota tertentu,” timpal Sudaryanto, Deputy Group Head of Fuso Branding PT KTB pada kesempatan yang sama.

Menurut Sudaryanto kemungkinan besar truk listrik baru bisa beroperasi di Indonesia sekira lima tahun lagi.

“Di mana orang sudah mulai aware. Karena pemerintah juga sudah gencar mensosialisaikan kendaraan listrik,” tuturnya.

Untuk diketahui, truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter menghadirkan kenyamanan di kabin. Truk ini dilengkapi dengan tempat duduk yang ergonomis, punya layar besar berukuran 12 inci di dasbor, dan tombol start tanpa kunci.

Seperti kendaraan listrik pada umumnya, truk listrik Mitsubishi Fuso E-Canter tidak mengeluarkan suara dan bebas emisi. Kendaraan ini tersedia dalam pilihan flatbed dan van body.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ramaikan GIICOMVEC, Mitsubishi Fuso Bawa Produk baru

Previous post
Begini Panduan Modifikasi Motor Sport 250 CC yang Aman
Next post
Carfix Cirebon Bengkel Perawatan Mobil Tak Rusak Garansi Resmi