BeritaEventProdukSumber informasi

Tunggu Regulasi Turun, Mobil Listrik Baojun E100 Akan Dipasarkan di Indonesia

Tangerang – Banyak yang penasaran saat mendekat di booth Wuling Motors di pameran GIIAS 2018 untuk melihat si mungil Baojun E100. Ya, ini adalah mobil listrik dari Wuling, bila melihat desainnya mirip dengan Smart ForTwo, mobil dengan kapasitas dua penumpang milik Mercedes Benz.

Mobil Baojun E100 bukanlah mobil konsep, namun mobil ini sudah dijual dan sayannya masih terbatas hanya di negara Cina saja. Ini artinya, Wuling sudah siap mengikuti tren pasar dunia soal kendaran listrik. Sebagai informasi di Cina sendiri sudah terjual sekitar 11.000 unit dalam kurun lima bulan (Januari-Mei 2018).

Vice President of Vehicle, Sales, Service and Marketing (VSSM) Wuling Motors, Cindy Cai sempat mengatakan pihaknya sudah siap untuk kendaraan listrik. Jadi bila di Indonesia sudah mempunyai regulasi terkait kendaraan listrik, bukan tak mungkin untuk Baojun E100 akan di boyong.

“Kami mempunyai produknya dan sudah kami pasarkan di Cina, bila di Indonesia mempunyai kepastian regulasi tentan mobil listrik, kami sudah siap,” ujarnya.

Perfoma Wuling BaojunE100

Mobil listrik Baojun E100 mempunyai desain mungil dengan panjang 2.488 mm, lebar 1.506 mm dan tinggi 1.670 mm. Tak perlu diragukan, mobil ini dibekali dengan motor tunggal mampu mengeluarkan tenaga 39 tk dan torsi 110 Nm. Mampu melaju hingga 100 kpj, hasil dari baterai lithium-ion sayannya kapasitasnya belum dipublikasikan.

Namun begitu baterai lithium-ion itu bisa diisi ulang dalam waktu 7,5 jam, dan sanggup melaju tanpa emisi sampai 155 km. Sedangkan untuk fitur keamanannya bisa dibilang cukup lengkap dengan adanya electronic brakeforce distribution (EBD), dan rem ABS.

Sedangkan kenyamanan mobil ini didukung oleh suspensi independen di depan dan belakang single-arm. BoajunE100 juga sudah dilengkapi electric power steering, pedestrian alert, electronic parking brake, parking sensor, dan ISOFIX. Bicara masalah harga, E100 di negara asalnya dijual 35.800 yuan atau setara dengan Rp 71,5 jutaan.(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts