HomeBeritaUjicoba Suzuki Ertiga Transmisi 6 Percepatan Tertangkap Kamera

Ujicoba Suzuki Ertiga Transmisi 6 Percepatan Tertangkap Kamera

ujicoba suzuki ertiga
Ujicoba Suzuki Ertiga tertangkap kamera (Foto: Motoroctane)

Jakarta – Indonesia bisa dikatakan sangat beruntung karena dipilih Suzuki sebagai negara pertama yang meluncurkan produk terbarunya, All New Ertiga.

Moncernya pasar mobil di segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) menjadi alasan Suzuki memilih Indonesia sebagai tempat berlabuhnya All New Ertiga. Setelah Indonesia, kemungkinan besar dalam waktu dekat model yang sama juga akan mulai dipasarkan di India.

Munculnya sejumlah gambar hasil bidikan kamera di internet yang memperlihatkan ujicoba Suzuki Ertiga di jalan raya, menguatkan dugaan bahwa kedatangannya hanya tinggal beberapa bulan lagi di India.

All New Suzuki Ertiga yang sedang uji jalan tertutup stiker berwarna hitam, sehingga cukup sulit untuk menerkanya jika hanya dilihat secara sekilas.

Baru-baru ini Motoroctane mendapat foto eksklusif yang memperlihatkan All New Suzuki Ertiga sedang berhenti di pinggir jalan raya.

Ada yang menarik dari salah satu foto ujicoba Suzuki Ertiga yang memperlihatkan interior bagian depan, tepatnya di bagian tuas transmisi mobil. Dari foto tersebut terkuak bahwa Suzuki tengah melakukan pengujian All New Ertiga dengan transmisi manual enam percepatan.

ujicoba suzuki ertiga
Tuas transmisi 6 percepatan pada foto ujicoba Suzuki Ertiga (Foto: Motoroctane)

Disebutkan pula bahwa transmisi manual enam percepatan itu akan dihubungkan ke mesin bensin dan diesel 1.5 liter terbaru yang akan menjadi dapur pacu All New Ertiga.

Dari foto itu pula terungkap All New Ertiga tidak memiliki fitur cruise control. Tetapi menariknya, layar head unit sudah mengadopsi fitur layar sentuh dan berdiameter cukup besar. Bila diperhatikan, desain dashboard All New Ertiga sama seperti yang terlihat di Suzuki Swift.

Generasi Terbaru Ertiga Berubah Total

Penampilan Ertiga jauh berbeda bila dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Mulai dari eksterior, interior, mesin, hingga platform.

All New Ertiga merupakan mobil keluarga yang dibangun menggunakan platform terbaru yaitu Heartect. Platform tersebut membuat Ertiga terbaru lebih ringan, lebar dan panjang. Ertiga terbaru tampil lebih premium berkat sejumlah fitur anyar yang melekat baik di eksterior maupun interior.

Pada sektor eksterior, Suzuki memasangkan lampu depan proyektor dengan LED sebagai lampu senja. Lampu belakang juga menggunakan LED, velg berdiameter 16 inci dan sistem pengereman ABS & EBD.

Masuk ke sisi kabin, interior All New Suzuki Ertiga mengadopsi desain AC baru, aksen kayu dan kabin didominasi oleh warna beige sehingga membuat mobil terkesan mewah.

Sistem layar sentuh berukuran besar terpasang di tengah dashboard. Selain itu ada juga tombol push start dan stop, keyless entry, Apple CarPlay dan Android Auto serta banyak lagi fitur yang akan terungkap saat peluncuran resminya nanti.

ujicoba suzuki ertiga
All New Suzuki Ertiga menginjak generasi ke-2 yang meluncur di IIMS 2018 lalu (Foto: Carmudi)

Interior All New Ertiga juga lebih luas dan berkualitas dibanding generasi terdahulu. Material-material yang digunakan lebih premium dan yang tidak kalah menariknya, sekarang sudah ada cupholder yang bisa berfungsi sebagai alat pendingin.

Dalam hal performa, All New Ertiga disinyalir akan dibekali mesin bensin 1.5 liter terbaru yang menghasilkan tenaga sekira 100 bhp. Mesin bensin akan dikawinkan ke transmisi manual lima kecepatan atau AMT.

Akan ada pilihan bahan bakar CNG (Compressed Natural Gas) atau gas juga pada mesin ini, tetapi ditawarkan hanya dengan transmisi manual saja.

Mesin diesel 1.3 liter juga akan ditawarkan dengan tenaga sekuat 90 bhp. Tenaga akan dikirim ke roda lewat transmisi manual lima kecepatan manual atau AMT. (dna)

Previous post
Jelang Lebaran, Waspada Modus Penipuan Iklan Jual Mobil Bekas
Next post
Ganti Oli Mesin dan Gardan Ketika Tarikan Sudah Dirasa Tidak Enak