Berita

Uji Tabrak Honda WR-V di Negara Ini Hasilnya Mengkhawatirkan, Cuma Satu Bintang

Brasil — Latin NCAP baru-baru ini dikabarkan melakukan uji tabrak terhadap crossover Honda WR-V dengan hasil hanya mendapatkan satu bintang.

Model yang dites adalah Honda WR-V buatan Brasil. Fitur keselamatan yang dimilikinya antara lain dua unit kantung udara dan sistem Electronic Stability Control (ESC).

Hasil Uji Tabrak Honda WR-V

Latin NCAP baru-baru ini dikabarkan melakukan uji tabrak terhadap Honda WR-V. Hasilnya mobil crossover tersebut hanya mendapatkan satu bintang. (Foto: Latin NCAP Youtube)

Tes yang dilakukan tak jauh berbeda dengan uji tabrak New Car Assessment Programme (NCAP) pada umumnya.

Meliputi uji tabrak bagian depan kendaraan, bagian samping, perlindungan pejalan kaki, hingga terkait kerja ESC.

Dirangkum dari Hindustan Times, Selasa (27/9/2022), Honda WR-V buatan Brasil mendapatkan skor 41,03 persen untuk perlindungan penumpang dewasa, 40,66 persen untuk perlindungan penumpang anak-anak, 58,82 persen untuk perlindungan pejalan kaki dan pengguna jalan yang rentan, serta 48,84 persen untuk fitur bantuan keselamatan.

Mirisnya lagi Latin NCAP memberi catatan bahwa seatbelt yang dimiliki mobil ini tak memenuhi standar aturan United Nations (UN) ataupun Federal Motor Vehicle Safety Standards (FMVSS).

Kemudian absennya opsi untuk mematikan kantung udara penumpang juga menjadi faktor kunci mobil ini mendapatkan nilai rendah pada aspek perlindungan penumpang anak-anak.

Honda WR-V buatan Brasil disebut hanya mendapatkan nilai bagus pada dua aspek, yaitu perlindungan pasif bagi pejalan kaki dan performa ESC.

Honda Diminta Lebih Adil Soal Aspek Keselamatan

Dalam rekomendasinya Latin NCAP meminta Honda untuk mengembangkan lagi mobil ini.

Latin NCAP meminta agar Honda WR-V yang dijual Amerika Latin memiliki standar keselamatan yang sama dengan model-model di negara lain.

Hasil Uji Tabrak Honda WR-V di Brasil

(Foto: Latin NCAP Youtube)

“Kami layak mendapatkan keselamatan yang sama seperti yang Honda tawarkan di Jepang dan Eropa,” kata salah satu petinggi Latin NCAP.

Sementara itu portal otomotif India lainnya, Rushlane, menyoroti adanya perbedaan rancangan yang begitu signifikan antara Honda WR-V dan Honda Jazz.

Sebagai informasi, di India Honda WR-V dibuat dengan basis Honda Jazz.

Dalam uji tabrak serupa yang dilakukan Global NCAP di bawah kampanye Safer Cars for India, Honda Jazz mendapatkan hasil tergolong baik dengan raihan empat bintang.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts