Home » Berita » Hasil Uji Tabrak Suzuki Ertiga dan WagonR Buatan India Mengecewakan

Hasil Uji Tabrak Suzuki Ertiga dan WagonR Buatan India Mengecewakan

Uji tabrak Suzuki Ertiga (Foto: Paultan)

Mumbai – Lembaga global yang menguji tingkat keselamatan dan keamanan mobil atau dikenal dengan Global New Car Assessment Program (Global NCAP) kembali merilis hasil uji tabrak mereka. Kali ini ada empat model yang telah menjalani uji tabrak yaitu Suzuki Ertiga, WagonR, Hyundai Santro, dan Datsun RediGO. Dari keempat model tersebut, yang paling familiar di masyarakat Indonesia adalah Ertiga, dan WagonR.

Masing-masing model menjalani proses uji tabrak. Setelah melalui penilaian yang amat ketat akhirnya Global NCAP mendapatkan hasil yang sungguh mengecewakan dan jauh dari kata sempurna. Tidak ada satu pun mobil yang memperoleh tingkat keselamatan tertinggi atau lima bintang. Di antara keempat produk tersebut, Suzuki Ertiga menjadi model yang paling banyak menerima bintang yaitu tiga bintang. Sedangkan saudara dekatnya WagonR hanya dua bintang saja.

“Hasil terbaru dalam tes tabrak bertajuk #SaferCarsforIndia menunjukkan tingkat keselamatan yang beragam, dan mengecewakan. Sebab tidak ada model yang mendapat lima bintang. Suzuki Ertiga hanya meraih tiga bintang yang merupakan gabungan dari dua kategori, perlindungan penumpang dewasa dan anak-anak. Tetapi jelas bagi kami bahwa ada banyak hal dan harus dilakukan untuk meningkatkan perlindungan kepada penumpang,” kata CEO dan Presiden Global NCAP David Ward, seperti dikutip dari Paultan.

Lebih detail mengenai hasil uji tabrak Global NCAP, berikut ini uraian singkatnya khusus untuk Suzuki Ertiga, dan WagonR:

Suzuki Ertiga

Suzuki Ertiga hanya meraih tiga bintang pada kategori perlindungan terhadap penumpang dewasa atau Adult Occupant Protection (AOP). Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak atau Child Occupant Protection (COP), Ertiga juga meraih angka yang sama.

Uji tabrak Suzuki Ertiga (Foto: Paultan)

Meski hasil akhir sungguh mengecewakan, tapi ada beberapa hal yang patut diapresiasi. Di mana Suzuki telah menyematkan sejumlah fitur keselamatan mulai dari sabuk pengaman, hingga dual front airbag sebagai standar. Tidak hanya itu, perlindungan kepala dan leher yang terpasang di jok bekerja dengan baik. Lebih jauh, Ertiga juga dilengkapi dengan dudukan kursi anak ISOFIX dan pengingat penggunaan sabuk pengaman sebagai fitur standar untuk penumpang dan pengemudi di bangku baris pertama.

Suzuki WagonR

Berikutnya adalah Suzuki WagonR yang hanya mendapatkan dua bintang pada dua kategori AOP dan COP. Mobil perkotaan (city car) ini dilengkapi dengan satu airbag di depan bangku pengemudi.

Uji tabrak Suzuki WagonR (Foto: Pultan)Hasil Uji Tabrak Suzuki Ertiga dan WagonR Buatan India Mengecewakan

Hasil tes ini juga menemukan pelindung kepala untuk penumpang dewasa dan pelindung leher dinilai baik untuk pengemudi dan memadai untuk penumpang. Namun Global NCAP memberikan sedikit catatan kepada mobil berkapasitas lima penumpang ini. Pihaknya menilai bahwa WagonR sangat lemah untuk melindungi penumpang anak-anak terutama yang berumur tiga tahun, sebab saat terjadi tabrakan kepala anak bisa membentur jok depan.

Uji tabrak Suzuki WagonR (Foto: Pultan)

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Peluncuran Suzuki Wagon R Listrik Ditunda, Mengapa?

Previous post
Akhirnya Honda Brio “Track Day” Supergiveaway IMX 2019 Jajal Sirkuit Sentul
Daftar harga Mercy boxer pada saat baru di tahun 1990.
Next post
Penasaran Harga Mercy Boxer Saat Baru? Ini Dia Daftarnya