BeritaMobilSumber informasi

Ukuran Terbesar di Kelasnya, Kabin Isuzu Traga Ternyata Sempit

Jakarta – Setelah meluncurkan Isuzu Traga pada 23 April lalu, PT Isuzu Astra Motor Indonesia hari ini 9 Mei 2018 menggelar sesi test drive bersama dengan awak media. Dalam aktivitas ini, Isuzu mempersilakan kepada media termasuk Carmudi untuk mengeksploitasi segala aspek dari mobil pick-up itu.

“Pada hari ini, kami memberikan kesempatan kepada 20 media nasional yang ada di Indonesia untuk mencoba Isuzu Traga pertama kalinya. Dengan media test drive ini, kami berharap awak media dapat merasakan mesin legendaris Isuzu 4JA1-L berkapasitas 2.500 cc Diesel Direct Injection yang jadi andalan Isuzu Panther,” ujar Ernando Demily President Director PT Isuzu Astra Motor Indonesia, Rabu (9/5).

Isuzu Traga memiliki GVW atau kapasitas angkut 2.950 kg. Soal kenyamanan, pickup yang menjadi rival Mitsubishi L300 ini memiliki design kabin yang modern dengan fasilitas yang cukup memadai.

Nah, Carmudi berkesempatan menguji Traga sebagai pengemudi maupun penumpang. Kesempatan ini kami gunakan untuk mengetahui sejauh mana kenyamanan kabin suatu mobil angkutan barang.

Hal pertama yang kami soroti dari sosok Traga ini pastinya soal bentuk kabin yang besar dan tinggi. Dengan kabin yang tinggi membuat jarak pandang luas.

Isuzu Traga

Kabin isuzu Traga tanpa penumpang. Foto/Isuzu.

Namun demikian, ini malah sedikit merepotkan keluar masuk kabin yang perlu sedikit memanjat. Ibaratnya, masuk ke kabin Traga mirip seperti masuk kabin truk engkel tapi lebih rendah sedikit.

Terlihat besar dari luar, ternyata kabin Traga tidak cukup lega. Ruang kaki terasa langsung penuh ketika dimuati dua tas ransel. Sebab, ukuran dashboard begitu besar dan memakan banyak ruang dan ini membuat kaki tidak bisa bergerak dengan leluasa.

Bila dikomparasi, masih terasa lebih lega Toyota Hiace tua yang di bagian penumpang bisa selonjoran karena dashboard yang minimalis dan naik turun kabin tidak perlu memanjat. Besarnya dashboard di bagian penumpang ini disebabkan karena adanya fuse box yang menyatu glove box.

Isuzu Traga

Kabin Isuzu Traga terasa sempit setelah di isi penumpang. Foto/Carmudi.

Kabin Isuzu Traga Sempit

Lantas, bagaimana bila mengangkut dua penumpang? Kami rasa penumpang bakal sedikit sesak terutama yang duduk di tengah.

Lutut penumpang tengah bakal sedikit mentok dengan dashboard tengah. Tidak hanya itu, paha kiri terpaksa ditekuk karena terdapat tuas transmisi.

Fitur kenyaman di kabin pickup ini dilengkapi dengan blower, system audio dan digital analog cluster. Fitur ini terbilang cukup untuk mobil angkutan barang sehari-hari.(dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts