Sepeda motor

Ungkap Harga RX King Bekas, Rp 10 Jutaan Cuma Motor Bahan

Yamaha RX King Master

Harga Yamaha RX King Semakin Mahal. (Foto: Istimewa)

Jakarta – Bikers era 90-an dan 2000-an awal tentu sudah tidak asing dengan sosok Yamaha RX King. Ya, motor sport bermesin 2-tak ini terkenal akan kecepatannya yang fantastis saat itu. Kini, RX King menjadi motor legenda dan harga bekasnya terus meroket.

RX King memang motor fenomenal, karena dahulu juga sempat jadi andalan pelaku kejahatan. Bahkan, motor ini sampai dijuluki sebagai motor jambret karena sering digunakan penjahat saat menjambret atau merampok saat melarikan diri. Dengan desain yang sederhana, RX King bisa bertahan hingga hampir dua dekade selama diproduksi.

Tidak begitu mengherankan apabila motor garapan Yamaha ini semakin mahal, karena menjadi buruan kalangan penghobi. Begitu tingginya permintaan RX King, harga bekasnya gaib alias tidak bisa diprediksi secara pasti pasarannya. Sebagian bengkel pun mulai tergoda bermain restorasi RX King karena nilainya yang menguntungkan.

Tak melulu soal kecepatan, banyak penghobi yang ingin meminang Yamaha RX King karena kenangan yang mereka simpan. Motor ini adalah idola semua kalangan saat itu. Namun karena harganya masih mahal, sebagian penghobi baru keturutan membeli ‘Si Raja’ sekarang setelah mereka mapan.

Bukan cuma itu, Yamaha RX King juga dikenal dengan perawatan yang mudah untuk ukuran motor 2-tak. Mesinnya pun tangguh bertenaga, sehingga motor ini masih digunakan sebagai angkutan pertanian masyarakat di desa.

Bagi kalian yang berniat memiliki RX King, tentunya butuh modal yang tidak sedikit. Sebab, harga pasaran untuk RX King terus merangkak naik begitu juga untuk suku cadangnya. Untuk membeli RX King dalam kondisi mulus, setidaknya siapkan uang Rp 20 juta.

Harga Yamaha RX King Terus Meroket

Perawatan Yamaha RX-King di Rumah (Foto Rumah Sleman)

Sempat disinggung di atas, harga RX King kini sudah semakin mahal karena menjadi motor hobi. Tingginya peminat membuat sang raja biasa dijual hingga puluhan atau bahkan ratusan juta rupiah. Bengkel kawakan yang terbiasa menangani motor 2-tak pun ikut tergoda untuk ikut main RX King.

Jangan kalian bayangkan harga bekas RX King masih belasan juta rupiah. Karena dengan uang segitu kita hanya bisa mendapat unit ‘setengah matang’. Bahkan, bila kita melihat iklan di marketplace RX King dijual sekitar Rp 10 jutaan itu hanyalah bahan.

“Kalau yang di iklan-iklan itu dijual Rp 10 juta barangnya jelek. Biasanya cuma jadi bahan doang karena butuh surat-suratnya yang lengkap. Kondisi cakep itu paling murah sekarang pasarannya Rp 20 jutaan,” ucap Muhammad Haris, Pemilik Bengkel Aris Jaya Motor saat dihubungi Carmudi.

Pemilik bengkel yang telah menangani motor 2-tak sejak 1995 ini menyebut bila kondisi RX King dengan harga Rp 10 juta ke bawah itu sudah pretelan. Maksudnya, kondisi motor tidak utuh dan asal bisa jalan. Pembeli butuh merestorasi kembali bila ingin mendapatkan penampilan RX King yang standar.

Brosur Yamaha RX-King (Foto: RX-King Nusantara)

“Membangun RX King sekarang juga sudah tidak murah karena harga part dan aksesorisnya sudah naik parah. Kita kalau diminta bangun RX King harus nyari ke rekanan toko sparepart lawas yang pemiliknya sudah sepuh, supaya dapat harga standar,” ungkap pria dengan sapaan Aris ini.

Menurutnya, membeli RX King baik dulu atau sekarang punya prestise tersendiri. Sekalipun motor besutan Yamaha ini bodinya ramping, para penunggangnya terlihat gagah seperti ketika menunggangi motor sport seperti Kawasaki Ninja.

Harga Restorasi Yamaha RX King Lebih Bersahabat

RX King restorasi kian diburu. (foto: Istimewa)

Kalangan penghobi motor terbagi dalam beberapa kalangan, ada yang sekedar hobi mengumpulkan motor dan ada juga yang hobi membangun motor impian. Nah, Aris menyebut bila untuk menikmati RX King ini sebenarnya lebih asik dengan cara restorasi. Dengan merestorasi, kita bisa membangun rasa sayang kepada motor yang kita punyai.

“Anak-anak (konsumen tetap) yang main di sini biasanya lebih banyak yang bangun RX King. Kita bisa tahu sendiri harga part yang dibeli dan dimana toko yang murah. Kadang, saya malah dapat aksesorisnya dari tukang rongsok atau loakan yang kondisinya masih bagus,” jelas Aris.

Agar tidak terlalu menyulitkan saat restorasi, Aris menyarankan bila saat berburu RX King ini cari yang ‘setengah matang’. Maksudnya, unit yang akan dibeli tidak banyak yang dipreteli. Lagipula, harga unit yang ‘setengah matang’ ini juga cukup murah daripada cuma ambil bahan.

“Kalau bahan setengah jadi sekitar Rp 13 jutaan. Dengan harga segitu, kita melengkapi yang kurangnya tidak banyak. Total uang untuk beli motor sama restorasi, mungkin habisnya sekitar Rp 16-17 juta sudah rapi semua,” bebernya.

Dari estimasi tersebut, Aris menggambarkan bila pedagang RX King untuk versi restorasi minimal ambil untung sekitar Rp 3 jutaan. Namun, ia mengungkap bila kebanyakan pedagang setidaknya mengambil keuntungan Rp 5 juta khusus untuk RX King.

“Pedagang dulu juga ada yang bangun RX King di sini, dia waktu jualnya ambil untung sudah Rp 5 jutaan. Jadi kalau mau main RX King, lebih asyik kalau membangunnya atau restorasi,” tambahnya.

Varian Harga RX King Termahal

Yamaha RX King SE terjual Rp 150 juta (foto: Iwan Banaran)

Yamaha RX King Cobra, atau RX King generasi pertama menjadi model yang cukup diincar, harganya pun juga mahal. Bagi para pecinta sepeda motor 2 tak, motor ini sedang dianggap ‘dewa’ bagi semua sepeda motor.

Sebutan Cobra ini disinyalir karena desain striping tangki RX King yang berbentuk hexagonal. Susunan hexagonal ini menyerupai sisik ular sehingga membuatnya dijuluki sebagai Cobra.

Bicara soal harga mahal, beberapa waktu yang lalu viral Yamaha RX King SE terjual seharga Rp 150 juta. Harga fantastis tersebut hanya untuk menebus sebuah motor dengan kondisi new old stock alias motor baru stok lama keluaran 2003.

Beda antara edisi Special Edition (SE) dengan yang biasa yaitu aksen gold pada ring headlamp, list speedometer, termasuk striping emas. Karena ini barang NOS, maka semua partnya dalam kondisi rakitan pabrik, bukan restorasi.

Yamaha RX King 150 Juta (Foto: Bonsaibiker)

Beberapa sumber menyebutkan jika tingginya harga RX King generasi pertama maupun suku cadangnya ini diakibatkan oleh negara produksi. Mesin RX King saat itu masih dibuat sepenuhnya di Jepang, otomatis memiliki harga yang jauh lebih mahal.

Mesin dengan kode Y1 dan Y2 ini masih digarap oleh Yamaha Jepang. Menurut pandangan orang kita, mesin buatan Jepang ini dianggap paling bandel dan tidak mudah rusak.

Blok mesin ini punya harga yang cukup gelap, alias sesuka penjual memberikan harga. Blok mesin Y1 atau Y2 jika dijual bahkan bisa mencapai Rp20 jutaan.

Perawatan RX King Tergolong Mudah

Tabung Oli Samping RX-King (Foto: Pratamaking)

Yamaha RX-King termasuk motor 2-tak dengan perawatan mudah. Pemilik tidak perlu khawatir soal perawatan Yamaha RX-King seperti suku cadang. Di sentra sparepart dan aksesoris masih banyak tersedia baik yang asli ataupun aftermarket.

Motor bermesin 2-tak sangat mengandalkan oli samping untuk membantu sistem pembakaran. Maka dari itu, pastikan volume oli samping di reservoir RX King dalam keadaan terisi.

Bila perlu, selalu isi penuh dan jangan sampai dibiarkan nyaris kosong. Posisi reservoir oli samping RX King berada dalam boks di bawah jok sebelah kiri.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts