Mobil

Unik, Posisi Aki Toyota GR Yaris Ada di Bagasi, Apa Alasannya?

Jakarta – Posisi aki Toyota GR Yaris tak seperti mobil pada umumnya. Pabrikan memiliki pemikiran khusus untuk menempatkannya di posisi yang kurang lazim.

Posisi Aki Toyota GR Yaris

Toyota GR Yaris (Foto: Carmudi)

Pada beberapa waktu lalu Carmudi mendapat kesempatan berjumpa langsung dan mengendarai Toyota GR Yaris. Carmudian bisa membaca ulasannya dalam laporan berjudul “Memacu Toyota GR Yaris di Lintasan Slalom”.

Mobil tersebut memberikan kesan yang spesial lantaran performanya patut diacungi jempol. Tapi selain itu, Toyota GR Yaris juga memiliki sejumlah keunikan yang mungkin saja membuat sebagian orang heran.

Contohnya, posisi aki Toyota GR Yaris berada di bagasi. Bukan berada di engine bay alias ruang mesin seperti pada mobil umumnya.

Bukan tanpa maksud, pabrikan melakukan hal tersebut agar distribusi bobot mobil lebih seimbang, seperti dijelaskan Dimas Aska, Head of Media Relations PT Toyota Astra Motor (TAM).

Posisi Aki Toyota GR Yaris Ada di Bagasi

Posisi Aki Toyota GR Yaris berada di bagasi. (Foto: Carmudi)

“Salah satu tujuan karena aki itu memiliki bobot yang berat. Maka sampai dipikirkan bagaimana untuk bisa mendapatkan balance yang tepat sehingga benar-benar memberikan performa terbaik sebagai mobil ‘balap’”, jelasnya, Senin (25/10/2021).

Seperti diketahui, Toyota GR Yaris merupakan mobil yang lahir kemudian dijual untuk memenuhi homologasi kejuaraan reli dunia. Sehingga wajar jika setiap aspek mobil ini berorientasi pada performa. Termasuk dalam hal penempatan aki mobil sekalipun.

“Sehingga ditaruh di belakang jadi balance centre of the car-nya juga baik,” ujar Dimas.

Spesifikasi Toyota GR Yaris

Diberitakan sebelumnya, Toyota GR Yaris dibekali mesin G16E-GTS, 3-silinder dengan kapasitas 1.618 cc turbo. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga tertinggi 257,hp dan torsi puncak 360 Nm.

Toyota GR Yaris (4)

(Foto: Carmudi)

Mesin tersebut dipasangkan dengan transmisi manual 6-kecepatan i-MT. Performanya turut ditunjang sistem penggerak 4WD full time GR-Four dengan tiga variasi distribusi torsi.

Toyota GR Yaris dipastikan akan menjadi mobil yang langka di Indonesia. Pasalnya TAM hanya memasarkan mobil ini sebanyak 126 unit dari total jumlah produksi global sebanyak 25.000 unit. TAM memasarkan Toyota GR Yaris dengan harga sekitar Rp850 juta.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts