Home » Berita » Urus BPKB Lewat Online Lebih Cepat Tanpa Pungutan Liar

Urus BPKB Lewat Online Lebih Cepat Tanpa Pungutan Liar

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Mengikuti perkembangan teknologi, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sedikit-demi sedikit mulai mengalihkan beberapa pelayanannya kepada masyarakat lewat jalur online.

Seperti dilakukan oleh Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya yang belum lama meluncurkan layanan online pengurusan Buku Pemilikan Kendaraan Bermotor ( BPKB). Lebih  dikenal juga dengan program e-BPKB.

Layanan berbasis online ini untuk agar masyarakat supaya lebih mudah dalam merubah dan memgganti kepemilikikan BPKB.

“Ini untuk meningkatkan palayanan kepada masyarakat, mengurangi sentuhan antara petugas dan masyarakat. Menghindari pungutan liar serta antiran panjang,” ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra saat dihubungi Carmudi.

Dengan adanya penerapan sistem BPKB online ini lanjut Halim tidak hanya mempermudah tapi juga mempercepat pengurusan. Sebelumnya pembuatan BPKB dilakukan secara manual dan masyarakat harus menunggu lama untuk mendapatkan BPKB.

“Kemarin (sebelumnya) pakai bawa kertas lalu isi data. Sekarang datang ke Polda diganti dengan ID Card kemudian mengisi formulir melalui komputer. Jadinya Bisa cepat sehari bisa 2 menit jadi kalau sebelumnya bisa berhari-hari,” terang Halim.

Fitur-Fitur Dalam Kepengurusan BPKB

Dalam pengurusan BPKB menggunakan sistem online terdapat belasan fitur. Masing-masing mempunyai fungsi dan tujuan yang berbeda-beda. Fitur tersebut adalah e-queue, e-form, e-receipt signature, e-IKM, e-survey, e-informasi, e-archive, e-blokir, e-cross check BPKB, e-complain, dan e-id ranmor.

1. E-queue merupakan nomor antrian berupa ID Card yang sudah dilengkapi dengan chip Radio Frequency Identification (RFID).

2. E-form adalah formulir yang wajib di isi oleh pemohon BPKB.

3. E-receipt signature adalah tanda terima BPKB elektronik. Selain itu pemohon juga akan diminta untuk memberikan tanda tangan secara digital supaya mempermudah penyajian data.

4. E-IKM atau singkatan dari indeks kepuasan masyarakat. Fitur ini memiliki fungsi sebagai survei kepuasan masyarakat terhadap layanan BKPB. Setiap pemohon yang mengisi formulir ini akan di foto.

5. E-survey, mirip seperti IKM namun fitur satu ini lebih kepada kepuasan masyarakat terhadap kinerja kelompok kerja pelayanan BPKB dalam menggunakan perangkat pintar.

6. E-informasi berfungsi sebagai sarana informasi kepada masyarakat yang menjelaskan mengenai palayanan BPKB online. Fitur ini berbentuk audio visual.

7. E-archive berfungsi untuk menyalin dokumen dari manual menjadi digital.

8. E-blokir merupakan tindakan Kepolisian untuk menandai data kendaraan yang dalam proses permohonan blokir secara online yang dilaporkan oleh perusahaan pembiayaan. Pihak kepolisian akan melakukan verifikasi berkas permohonan blokir setelah itu diserahkan ke pemohon.

9. E-cross check BPKB, fitur ini mengajak pemohon untuk mengecek ulang BPKB yang sudah diterbitkan lewat bpkb.net.

10. E-complain merupakan sarana untuk menampung keluhan atau komplain dara masyarakat terhadap layanan BPKB online.

11. E-id ranmor adalah penyajian data BPKB yang dapat diakses lewat smartphone yang sebelumnya sudah diregistrasi.

BPKB online sudah bisa diakses melalui situs http://bpkb.net.

 

Velg motor
Previous post
Cara Gampang Ngecat Sendiri Velg Racing Sepeda Motor
Mitsubishi
Next post
Perluas Jaringan Mitsubishi Buka Diler Baru Kendaraan Penumpang di Pulogadung