Berita

Usung Konsep Pintu “Bunuh Diri”, Mazda MX-30 Raih Desain Terbaik

Mazda MX-30

Mazda MX-30 100Th Anniversary Edition (Foto: Mazda)

Tokyo – Mazda Sumringah, pasalnya jelang tutup 2020, satu dari sekian banyak produk unggulannya yaitu MX-30 berhasil dinobatkan sebagai mobil dengan desain terbaik. Gelar tersebut diperolehnya dalam ajang penghargaan Japan Car of the Year 2020-2021 belum lama ini.

Mazda MX-30 sendiri dibangun dengan bahasa desain Kodo-Soul of Motion, yang kemudian dipadukan dengan konsep pintu bunuh diri atau dikenal juga suicide door.

Tampilan eksterior dari mobil asal Jepang itu tampak sederhana, namun terlihat begitu indah dan memberikan kesan kokoh.

Konsep pintu bunuh diri sengaja dihadirkan untuk memberikan nuansa unik sekaligus mempermudah penumpang masuk ke kabin.

Interiornya tampak begitu mewah dengan konsol apung dan bahan unik yang dirancang untuk memberikan nuansa lembut dan nyaman.

“Sungguh suatu kehormatan Mazda MX-30 menerima penghargaan ini sebagai tanda penghargaan tinggi atas desainnya. Saya sangat berterima kasih kepada semua yang telah menunjukkan dukungan terhadap model ini,” ungkap Ikuo Maeda, Managing Executive Officer in charge of Design and Brand Style dalam keterangan resminya, Senin (14/12/2020).

Mazda MX-30

Mazda MX-30 meraih gelar mobil dengan desain terbaik di Jepang (Foto: Paultan)

“Pada 2010, kami mulai menerapkan desain Kodo dengan filosofi desain ‘Breathing Life Into Cars’. Kami berusaha untuk mengembangkan desain Kodo yang lebih matang. Kami dapat mewujudkannya melalui MX-30. Ke depan, kami akan terus bangga menjadi merek Jepang dan tetap berkomitmen untuk lebih meningkatkan desain Mazda.” sambung Ikuo Maeda.

Kapan Mazda MX-30 Masuk Indonesia?

MX-30 merupakan mobil listrik pertama keluaran Mazda dan diperkenalkan di Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Saat ini mobil rendah emisi itu sudah dipasarkan di beberapa negara.

Lantas apakah Mazda MX-30 akan masuk Indonesia.

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) belum bisa memastikan MX-30 dipasarkan atau tidak di Indonesia.

“Memang Mazda MX-30 pertama kali di-display di Tokyo Motor Show. Waktu kami lihat itu, kami juga memperkirakan akan segera dipasarkan, tapi kita juga lagi nunggu prinsipal di Jepang bagaimana alokasi ke negara-negara lain setelah MX-30 itu pertama kali diperkenalkan di Jepang. Jadi sementara saya belum bisa jawab kapannya atau bagaimana masuk CX-30, kami lagi menunggu juga arahan dari Mazda Jepang,” ungkap Roy di Jakarta, November 2019.

 Mazda MX-30

Interior Mazda MX-30 (Foto: Paultan)

Kendati demikian, dirinya sangat berharap MX-30 bisa diperlihatkan ke masyarakat Indonesia.

MX-30 dibekali motor listrik yang dapat menggerakkan roda depan dengan tenaga 141 hp dan torsi puncak 264 Nm. Mobil lini juga mendapatkan G-Vectoring Control system atau e-GVC Plus yang sudah disempurnakan.

Dengan baterai berkapasitas 35,5 kW, Mazda MX-30 diklaim mampu berjalan hingga sejauh 209 kilometer.

Ada juga versi mild-hybrid yang dibekali mesin bensin 2.0 litre Skyactiv-G. Mesin ini dikombinasikan dengan mild-hybrid drive system.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:Jangan Lewatkan Program Penjualan Mazda Akhir Tahun

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts