Home » Berita » Bila Valentino Rossi Gabung Ducati Saat Ini, Dia Bisa Juara Dunia

Bila Valentino Rossi Gabung Ducati Saat Ini, Dia Bisa Juara Dunia

Valentino Rossi Saat Gabung Ducati (Foto: Autoevolution)

Bologna – Ducati melakukan perubahan besar-besaran dalam menyambut balapan musim ini. Merek asal Bologna ini merancang ulang Ducati Desmosedici GP yang kian tangguh diantara pabrikan lain. Kondisi ini jauh berbeda ketimbang saat Valentino Rossi masih bergabung di pabrikan tersebut.

Menurut Jorge Lorenzo, Rossi bisa memenangi juara dunia di Ducati apabila didukung motor dengan spesifikasi mumpuni seperti saat ini. The Doctor, julukan Rossi, kesulitan menembus tiga besar selama bergabung di Ducati di musim 2011 dan 2012 lalu.

Pernyataan ini dilontarkan Lorenzo untuk mencairkan suasana yang sempat tegang saat dia masih bergabung bersama Yamaha. Desmosedici yang memberi kemenangan saat GP Catalunya pekan lalu dirasa cocok dengan karakter balap Rossi.

“Saya pikir Ducati yang dikendarai Vale saat itu lebih rumit dan dari luar saya percaya akan hal itu. Bagi saya saat ini, motor Ducati jadi yang paling lengkap yang pernah ada. Vale adalah pengendara yang hebat, jadi mengapa tidak,” katanya sebagaimana dikutip dari Crash.

Pernnyataan yang dilontarkan Lorenzo ini merupakan jawaban atas pertanyaan Rossi apakah dirinya bisa memenangkan balapan di Ducati. Namun demikian, prestasi Lorenzo bisa menjadi jawaban soal kemampuan motor Ducati saat ini.

Valentino Rossi Perlu Mencoba Spesifikasi Baru Ducati Desmosedici

Pebalap kelahiran Urbino ini mengalami masa-masa sulit selama bergabung bersama Ducati. Ia tidak bisa cocok dengan karakter motor yang diberikan. Hanya sedikit pebalap yang mampu menjinakkan tenaga Ducati yang liar.

Keliaran Ducati baru bisa teratasi dalam dua musim terakhir, sekalipun karakter aslinya belum bisa hilang. Kondisi ini bahkan sampai menimbulkan insiden saat sesi latihan dan race.

Ducati sempat mengalami masa-masa sulit jelang GP Catalunya. Motor yang dikendarai Michele Pirro roda depannya terkunci dan membuat test rider itu terlempar saat motor melaju di kecepatan 350 km/jam. Melihat kondisi tersebut, Ducati langsung berbenah dan menyiapkan beberapa ubahan spesifikasi.

Pembaharuan ini mencakup girboks, saluran pembuangan, sasis, hingga lengan ayun. Uji coba komponen baru ini dilakukan oleh Danilo Petrucci dari tim Pramac Racing yang juga disokong motor terbaru oleh Ducati.

“Girboks dan saluran pembuangan membuat motor saat keluar dari tikungan jadi lebih halus. Inilah hal yang saya dan Lorenzo minta selama ini,” ungkap Petrucci.

Ducati Pramac dengan Livery Lamborghini (Foto: Motorsport)

Petrucci menambahkan, tarikan motor saat berakselerasi di tikungan semakin halus. Torsi naik secara perlahan dan tidak meledak-ledak. Dengan demikian, motor lebih jinak dikendalikan saat berbelok.

Kondisi seperti ini mirip dengan karakter motor buatan pabrikan Jepang yang berlaga di MotoGP. Rossi mungkin perlu merasakan karakter Desmosedici dengan spesifikasi terbaru.

“Karena ketika Anda mengerem, torsi (dari girboks) menurun, kemudian Anda membuka throttle dan torsi mulai bergerak naik. Pada poin tersebut lebih halus yang berarti bahwa motor bergerak lebih sedikit di tengah-tengah tikungan,” jelas pebalap kelahiran Italia tersebut. (dna)

Previous post
Yamaha RX-King dan Kawasaki Ninja 150, Motor 2-Tak Legendaris yang Kian Mahal
Xpander
Next post
Gara-Gara Xpander, Mitsubishi Pede Penjualannya Tumbuh di Asia Tenggara