Berita

Versi Facelift dari Suzuki Swift Sudah Meluncur, Harga Mulai Rp260 Juta

Suzuki Swift facelift

Suzuki Swift facelift 2021 (Foto: Paultan)

Bangkok – Suzuki Swift facelift telah tiba di Thailand dengan sejumlah penyegaran baik di bagian eksterior maupun interiornya. Versi facelift datang hanya dalam dua pilihan tipe, yaitu GL dan GLX. Sedangkan tipe lain seperti GA dan GLX-Navi kini sudah tidak lagi disediakan oleh Suzuki.

Dari sisi eksterior, Suzuki Swift facelift mendapat perubahan kecil. Perubahan sangat jelas terlihat pada bagian depan, di mana grilnya telah dipermanis oleh sentuhan krom. Sedangkan bagian mobil lainnya seperti lampu depan dan belakang masih sama seperti model terdahulu.

Interior Swift facelift juga tidak mengalami perubahan besar. Tata letak dasbor masih sama seperti sebelumnya. Fitur standar pada Swift tipe GL masih dapat ditemukan di sini, seperti lingkar kemudi tiga palang yang bisa disesuaikan lewat fitur tilt steering, keyless entry and start, AC otomatis, trim interior berwarna putih, dan sebagainya.

Suzuki Swift facelift

Dasbor Suzuki Swift terbaru (Foto: Paultan)

Sedangkan tipe turunan dari GL yakni varian GL sport mendapatkan pelek 15 inci, lampu depan halogen, dan lampu belakang LED. Fitur lainnya termasuk airbag, ABS, EBD, ESP, hill hold control, traction control, dan idling stop system.

Pindah ke Swift facelift tipe GLX, kini telah dibekali lingkar kemudi berbalut kulit dengan pengaturan teleskopik. Kemudian ada juga kaca spion dengan lampu, pelek 16 inci, lampu depan LED, dan lampu kabut depan.

Baca Juga:

Interiornya diberi aksen perak di beberapa titik, head unit layar sentuh delapan inci, empat airbag, dan kamera pandang belakang.

Varian tertinggi dari Swift ini juga mendapat rem cakram pada roda belakang, tidak seperti tipe GL yang masing mengandalkan tromol di roda depan dan belakang. Demikian seperti dilansir dari Paultan, Kamis (4/2/2021).

Lingkar kemudi Swift dengan pengaturan tilt dan teleskopik (Foto: Paultan)

Mesin dan Harga

Bicara soal performa, Suzuki masih mengandalkan mesin K12M Dualjet yang sudah memenuhi persyaratan mobil ramah lingkungan. Mesin ini menghasilkan tenaga 83 hp pada 6.000 rpm dan torsi puncak 108 Nm pada 4.400 rpm. Tenaga disalurkan ke roda depan melalui transmisi otomatis jenis CVT.

Harga Suzuki Swift facelift dibanderol mulai dari 557.000 baht atau sekira Rp260 jutaan untuk tipe GL, sedangkan GLX seharga 629.000 baht atau Rp294 jutaan.

 Suzuki Swift facelift

Interior Suzuki Swift facelift (Foto: Paultan)

Suzuki menyediakan enam pilihan warna bodi, di antaranya Speedy Blue Metallic, Ablaze Red Pearl, Pure White Pearl, Star Silver Metallic, Mineral Grey Metallic, dan Super Black Pearl.

Suzuki Swift Tak Dijual Lagi di Indonesia

Kendati Suzuki Swift punya banyak pengemar di beberapa negara, namun sayang PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku Agen Pemegang Merek mobil Suzuki justru memilih untuk berhenti menjualnya.

Suzuki Swift facelift 2021 (Foto: Paultan)

Mobil hatchback tersebut pertama kali hadir di Indonesia pada 2007 silam. Sehubungan dengan tren penjualan kendaraan di segmen tersebut kurang cermelang, maka PT SIS memutuskan untuk berhenti menjual Swift terhitung mulai 2017.

 

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]carasia.com

Related Posts