Home » Berita » Viar Rilis New Q1 di GIIAS 2019, Harga Masih Dirahasiakan

Viar Rilis New Q1 di GIIAS 2019, Harga Masih Dirahasiakan

“Kita pre-launching Viar New Q1 saja di GIIAS 2019, untuk harga resminya nanti akan kita umumkan sekitar bulan September”

New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019 (Foto: Carmudi/Rizen)

Tangerang Selatan – Para produsen otomotif berlomba-lomba untuk menghadirkan kendaraan listrik di ajang pameran GIIAS 2019 termasuk Viar yang merilis sepeda motor terbarunya, Jumat (19/7/2019) kemarin. Sepeda motor yang dirilis ini merupakan sepeda motor listrik pembaharuan dari Q1 yang sudah ada sebelumnya.

Viar menyebut generasi ke dua ini dengan nama New Q1. Layaknya sebuah generasi baru, New Q1 ini ditawarkan dengan beberapa ubahan.

“Kalau ditanya ubahannya apa saja, banyak sebenarnya. Mulai dari tampilannya berbeda, kapasitas baterainya berbeda, dan ada beberapa perbedaan yang bisa dilihat oleh calon konsumen Viar New Q1 ini,” tutur Frengky Osmond, Marketing Communication PT Triangle Motorindo kepada Carmudi.

Ketika dikonfirmasi apa alasan mereka memperkenalkan sepeda motor listrik, Viar mengaku ingin membiasakan masyarakat. Selain itu, motor listrik diklaim mampu mengurangi polusi udara.

“Kenapa kita ibaratnya berani mengeluarkan motor listrik, karena kita ingin mengurangi polusi udara. Seperti kita tahu, polusi udara saat ini menjadi salah satu masalah. Selain itu, masyarakat juga agar terbiasa dengan kendaraan listrik,” sambung Frengky.

Target Pasar Viar New Q1

New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
Motor listrik baru besutan Viar ini menyasar target keluarga dengan gaya hidup mobilitas tinggi. (Foto: Carmudi/Rizen)

Viar Yucuanto Susetyo, Marketing Director Kencana Laju Mandiri juga mengatakan mengenai target pasar sepeda motor listrik teranyar mereka ini. Ia menyampaikan bahwa target pasar New Q1 adalah keluarga yang punya gaya hidup dengan mobilitas tinggi.

“Target kita (Viar) adalah keluarga dengan gaya hidup dengan mobilitas yang tinggi. Terutama untuk perjalanan pendek dan sedang. Sepeda motor listrik ini juga bisa digunakan di jalan raya karena memiliki STNK,” tambah Yucuanto.

Sepeda motor listrik New Q1 ini dibekali dengan dua buah baterai Lithium Ion. Masing-masing baterainya menggunakan kapasitas 60 volt dengan 23 ampere. Kedua baterai ini juga didukung dengan teknologi Viar Battery Management System (BMS). Pihak Viar mengklaim jika motor ini mampu menempuh jarak 120 km atau dua kali lebih jauh dibanding Q1 generasi pertama.

“Teknologi BMS ini akan memantau tegangan, arus listrik dan suhu baterai. Sehingga bisa memberikan tingkat perlindungan keamanan baterai,” sambung Frengky.

Untuk penggeraknya sendiri, New Q1 memakai motor Brushless-Hub buatan Bosch. Motor ini mampu mengeluarkan tenaga hingga 800 watt. Soal performanya, sepeda motor ini mampu melesat hingga 60 km/jam. Tidak hanya mengandalkan performa lajunya saja, sepeda motor buatan Semarang, Jawa Tengah ini hadir dengan beberapa fitur.

Salah satunya adalah fitur mode berkendara Standard dan Sport. Kedua fitur ini bisa diaktifkan pada saat kendaraan berhenti atau sedang berjalan. Fitur lain yang tak kalah penting adalah Emergency Throttle Position. Fitur ini merupakan fitur yang mampu mengunci tuas gas. Selain itu, ada juga fitur parkir yang mampu menahan motor selama 5 detik.

New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
New Viar Q1 punya kemampuan jarak tempuh dua kali lebih jauh dibandingkan generasi sebelumnya. (Foto: Carmudi/Rizen)

Viar Q1 Generasi Pertama Laku 3.000 Unit

Menanggapi model generasi sebelumnya, Viar mengaku sudah menjual Q1 sebanyak 3.000 unit. Seluruh unit diakuinya sudah dipesan oleh masyarakat se-Indonesia.

“Kalau yang Q1 lama itu sudah terjual sekitar 3.000 unit seluruh Indonesia. Rata-rata pembelinya di kota-kota besar di Indonesia seperti Bandung, Medan, Surabaya dan kota besar lainnya,” tambah Frengky.

New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
Baterai New Viar Q1. (Foto: Carmudi/Rizen)

Sayangnya, peluncuran New Q1 ini belum ditandai dengan harga resmi. Viar masih belum mengumumkan harga jual.

“Kita disini pre-launching saja di GIIAS 2019. Untuk harga resminya nanti akan kita umumkan sekitar bulan September. Yang pasti harganya tidak akan berbeda jauh dengan yang sebelumnya, yang sebelumnya itu ada di harga Rp18 jutaan,” ujarnya.

New Viar Q1 ini juga dibekali dengan Smart Key. Oleh karena itu, untuk mengambil dan menyalakan kembali motor ini, hanya cukup mendekatkan anak kuncinya saja. Ada juga fitur lampu LED, layar digital dan soket pengisian gawai (gadget). Selain itu, perangkat keamanan juga tersemat pada motor listrik berukuran mungil ini. Di motor ini terdapat fitur alarm yang dapat bekerja jika roda belakang berputar lebih dari satu putaran. Jika dipaksakan, maka sirine akan berbunyi dan semua sistem kelistrikan akan mati total. (dms)

  • Frame: Baja
  • Suspensi Depan: Teleskopik
  • Suspensi Belakang: Double Swing Shock Absorber
  • Ukuran Ban Depan: 90/90-10 (Tubeless)
  • Ukuran Ban Belakang: 90/90-10 (Tubeless)

  • Charger Input: 220 Volt
  • Charger Power: 50 Hz
New Viar Q1 pre-launching di GIIAS 2019
Desain muka New Viar Q1. (Foto: Carmudi/Rizen)
Bosch turut hadir di GIIAS, mencoba kenalkan teknologi keselamatan.
Previous post
Bosch Pamerkan Teknologi Electric Vehicle di GIIAS 2019
Mazda2
Next post
Kredit Mazda2 2019, Cicilan Mulai Rp 5 Jutaan