Home » Berita » Diduga Ada Iklan Terselubung, Video Demo Keselamatan Garuda Indonesia di-Bully

Diduga Ada Iklan Terselubung, Video Demo Keselamatan Garuda Indonesia di-Bully

Mobil Mini di video demo keselamatan Garuda Indonesia (Foto: Youtube Garuda Indonesia)

Jakarta – Mungkin bagi Anda yang pernah keluar kota naik pesawat Garuda Indonesia pernah menyaksikan video keselamatan sebelum lepas landas. Dalam video berdurasi kurang dari lima menit itu tampak instruksi keselamatan yang dibalut cantik dengan budaya dan keindahan alam Indonesia.

Di pertengahan video juga terdapat mobil Mini Cooper Countryman, sepeda motor BMW R 1200 GS, dan Renault Twizy. Kemunculan ketiga kendaraan di dalam video keselamatan tersebut memang tampak aneh. Pasalnya, ketiga kendaraan bermotor itu tidak ada hubungannya dengan keselamatan pesawat.

Penampakan Mini Cooper Countryman, sepeda motor BMW R 1200 GS, dan Renault Twizy di video yang baru dirilis Juli 2019 itu pun jadi pertanyaan. Salah satunya Roy Suryo, mantan Menteri Pemuda dan Olahraga yang juga pelanggan maskapai pelat merah itu. Dirinya menduga ada iklan terselubung di dalam video keselamatan Garuda Indonesia.

Sepeda Motor BMW R 1200 GS di video demo keselamatan Garuda Indonesia (Foto: Youtube Garuda Indonesia)

“Dari total video berdurasi 4 menit 30 detik tersebut terasa ada yang janggal. Meski secara obyektif saya mengapresiasi kreatifitas untuk menampilkan beberapa destinasi wisata di Indonesia. Yaitu Gunung Bromo, Jatiluwih, Tana Toraja, Sumba, dan Raja Ampat namun sangat terasa ada ‘iklan terselubung’.  Ada dua mobil dan satu sepeda motor di dalamnya,” kata pria yang sempat dijuluki sebagai seorang pakar telematika itu dalam keterangan resminya.

Roy menjelaskan penampakan mobil Mini Cooper Countryman S dimulai pada detik 42, sesudah itu tampil juga sepeda motor BMW R 1200 GS, kemudian disusul Renault Twizy. Kemunculan Mini Cooper Countryman S terutama saat memperagakan pemasangan sabuk pengaman di kabin mobil. Adegan tersebut dinilai Roy terlalu dipaksakan.

“Mobil Mini Cooper yang digunakan sebagai peraga sabuk pengaman? Terasa sebenarnya agak dipaksakan,” sambung Roy.

Adegan pasang sabuk pengaman di video demo keselamatan Garuda Indonesia (Foto: Youtube Garuda Indonesia)

Dirinya berasumsi ada deal-deal tertentu antara pihak Garuda Indonesia dengan Mini, BMW, dan Renault.

“Adegan-adegan berikutnya sebenarnya tidak ada hubungannya sama sekali dengan Flight Safety Demo. Belakangan kita mengetahui semua bahwa ‘di balik iklan terselubung’ ini ada keterkaitannya dengan salah satu dari 22 penumpang pesawat Airbus A330-900 Neo yang ‘bermasalah’ kemarin,” tutur Roy.

Adapun salah satu orang penumpang pesawat yang dimaksud Roy adalah Joe Surya.

Joe Surya Group Chairman & President Nusantara Group

Nama Joe Surya sudah tidak asing lagi di industri otomotif. Dikutip dari halaman resmi Nusantara Group, dirinya menjabat sebagai Group Chairman & President Nusantara Group. Dilansir dari berbagai sumber, Nusantara Group sendiri merupakan salah satu pemain otomotif terbesar di Indonesia.

Total, lebih dari dari 55 diler mobil resmi dari ragam merek seperti BMW, Mitsubishi, dan Mazda berada di bawah payung Nusantara Group. Ada juga dari merek sepeda motor mewah Harley Davidson.

Penampakan Renault Twizy di video demo keselamatan Garuda Indonesia (Foto: Youtube Garuda Indonesia)

Tak puas hanya memiliki Nusantara Group, Joe Surya mendirikan perusahaan baru yang masih bagian dari Nusantara Group bernama Nusantara Maxindo Group. Perusahaan tersebut memiliki hak menjual beberapa merek otomotif seperti BMW Motorrad, Mini, dan Renault di Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Diduga Selundupkan Harley Davidson, Dirut Garuda Ari Ashkara Hanya Punya Tiga Mobil

Previous post
Resmi Diluncurkan, Simak Penjelasan Tentang e-Drive
PT Smart Mulia Abadi dirikan diler baru Vespa dan Piaggio di Surabaya
Next post
Datang ke Diler Vespa di Surabaya Ini Gratis Servis Sampai Tahun Baru