BeritaMobilReviews

VIDEO First Drive Honda Civic Turbo Hatchback, Masterpiece di Generasi Sepuluh

Jakarta – Civic. Dari namanya saja pasti sudah terbayang karena memang nama Civic cukup popular di Indonesia, utamanya saat era 90-an, dimana banyak mobil-mobil hatchback legendaris, salah satunya adalah, Civic.

Namun kali ini berbeda, sejak kejayaan Honda Civic Estilo, sudah lebih dari dua dekade, sampai akhirnya Honda menghadirkan hasil evolusi terkini dari Civic Hatchback. Menariknya, generasi terbaru ini sudah dibekali turbo.

Seperti apa impresinya? Carmudi Indonesia berkesampatan mengujinya langsung. Meskipun lahan pengujian sebenarnya sangat-sangat terbatas, namun cukup untuk mengetahui gambaran awal dari hacthback ikonik dari Honda ini.

Desain Honda Civic Hatchback Turbo

Rasanya, wajar kalau Honda berani menyebut Honda Civic Hatchback Turbo merupakan sebuah mobil yang seksi, terutama dari tampilan luarnya. Sedikit lebih agresif dari versi sedan, dengan desain bumper beringasnya.

Honda Civic Turbo Hacthback

Honda Civic Turbo Hacthback

Sayang, aliran udara pada bumper hanya sebatas aksen, namun untuk mendongkrak tampilan, terbilang berhasil. Apalagi Honda jelas meminimalisir penggunaan aksen krom pada versi hacthback dari Civic turbo ini.

Bagian belakang sebenarnya jadi area paling mencolok, karena disitu ada dua spoiler sekaligus yang mengapit jendela belakang yang super landai. Selain secara tampilan memberikan ciri khas, kita tentu juga berharap spoiler ganda tersebut berpengaruh pada aerodinamis mobil ini.

Peleknya berdiameter 17 inci dengan desain two-tone. Terlihat elegan meski bisa dibilang tidak sebanding dengan karakter yang aura yang ingin ditonjoklan Civic Hacthback, yakni sport.

Nuansa di dalam kabin juga terkesan sporty dengan nuansa monocrom yang didominasi warna hitam. Sedikit aksen dan warna titanium menghiasi beberapa bagian panel.

Jok, setir, tuas transmisi sampai trim sudah berlabur kulit. Hanya saja, masih ada beberapa bagian di kabin yang masih agak terlihat murahan. Namun secara umum, kabin Honda Civic hacthback turbo benar-benar bisa menwakili tiga hal, kemewahan, kecanggihan, juga sport.

 

Handling Lincah Honda Civic Turbo Hacthback

Masuk ke dalam kabinnya, posisi duduk memang rendah. Namun, tidak sampaimenghalangi visibilitas ke depan. Juga kebelakang visibilitasnya cukup baik, meski kaca belakang terlalu landai dan tertutup oleh spoiler.

Honda Civic Turbo Hacthback

Honda Civic Turbo Hacthback

Pengaturan kursi secara elektrik, serta setir yang bisa dimaju mundur-naik turun, membuat kemudahan mendapat posisi duduk yang ideal. Suara mesin sama sekali tidak terdengar di dalam kabin, menandakan peredaman yang cukup baik.

Kesan pertama ketika mobil mulai melaju adalah redaman suspensinya yang khas. Rasanya, pada generasi ke sepuluh ini terasa lebih empuk, tidak seperti Civic generasi sebelumnya. Namun, ketika diajak bermanuver gejala bodi roll hampir tidak terasa.

Setir juga bekerja cukup baik. Honda mengatakan ada penyesuaian pada sistem steeringnya, sehingga diharapkan respon dan tingkat presisinya sangat baik, terutama saat harus memberikan feedback pada pengemudi.

Juga dengan bodi yang lebih pendek dari sedan, membuat manuver Honda Civic hacthback turbo sedikit lebih lincah dari sedan, dengan stabilitas yang menyerupai, karena katanya Honda menempatkan center gravity serendah mungkin.

Secara umum, handling Honda Civic hatchback turbo ini lumayan lincah untuk di perkotaan. Apalagi diimbangi dengan tenaga mesin yang responsif. Tidak ada kesulitan sama sekali untuk mengendalikannya di tengah padatnya lalu lintas.

 

Performa Honda Civic Turbo Hacthback

Nah, sektor mesin juga jadi bagian paling bikin penasaran. Mengandalkan mesin yang sama dengan sedan dan Honda CR-V turbo, hanya dengan kapasitas 1.5 liter VTEC, tenaga yang dihasilkan berkat sokongan turbo mencapai 173 PS dan torsinya 220 Nm.

Honda Civic Turbo Hacthback

Honda Civic Turbo Hacthback

Diatas kertas tentu cukup puas dengan angka tersebut. Dan benar saja, untuk mengajak mobil berlari dari diam hanya perlu sedikit ‘colekan’ ujung jari kaki pada permukaan pedal gas, dan mobil pun meluncur.

Namun, meski anda membejek pedal gas secara spontan, karakter akselarasinya tetap menawarkan kelembutan. Tapi bukan berarti enggak bisa agresif dan pecicilan ya. Silakan pindahkan tuas transmisi ke posisi S dan mainkan padleshift nya, dijamin mobil ini akan menawarkan sensasi yang sedikit liar.

Kami secara umum menyukai bagaimana turbo bekerja pada mesinnya. Dipadu dengan transmisi CVT 7 percepatan, yang ternyata sangat baik menyalurkan tenaga mesin tersebut. Responsif tapi lembut, dan minim turbo lag.

Kesimpulan Setelah Mencoba Honda Civic Hacthback Turbo

Kalau mau menyimpulkan, Honda sepertinya sudah berhasil memadukan karakter mobil sport rasa harian atau sebaliknya, mobil harian rasa sport. Tetap mewah, bertenaga, namun praktis untuk digunakan harian karena sokongan fitur dan teknologinya.

Hadirnya Honda Civic hacthback turbo juga seolah menawarkan anti dahaga ketika banyak para penggemar mobil yang menanti-nanti mobil hatchback yang seksi, berkelas, benar ada performanya, namun bisa lebih dijangkau banyak orang, tidak seperti mobil eropa.

Jadi, kalau sekedar dibandingkan dengan Golf GTI misalnya, mungkin masih banyak y

Honda Civic Turbo Hacthback

Honda Civic Turbo Hacthback

ang pada akhirnya akan memilih Honda Civic hacthback turbo sebagai andalannya. Selain lebih familiar, juga kemudahan ketika harus melakukan tuning maupun modifikasi.

Lalu bagaimana dengan anda? Ketika Honda CR-Z kemahalan, dan Honda Jazz dianggap biasa saja, maka Civic hacthback turbo ini benar-benar jadi pilihan yang menggoda buat para pecintanya.

Kalau mau lebih jelas mendapat gambarannya secara visual, silakan kunjungi channel Youtube Carmudi Indonesia untuk menonton ulasan First Drive Honda Civic Turbo Hacthback!

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts