Home » Berita » Virus Corona Bikin Formula E Ditangguhkan 2 Bulan

Virus Corona Bikin Formula E Ditangguhkan 2 Bulan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melihat mobil listrik Formula E (Foto: Instagram)

Jakarta – Melihat penyebaran virus crona semakin masif, akhirnya jadwal Formula E musim 2019/2020 ditangguhkan sementara selama dua bulan. Tindakan ini terpaksa diambil sebagai bentuk antisipasi penyebaran virus penyakit Covid-19, sekaligus mengikuti imbauan dari Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO).

Keputusan pihak penyelenggara Formula E merupakan tindakan yang paling bertanggung jawab. Mengingat balapan jet darat bertenaga listrik itu diadakan di pusat kota.

Formula E menerapkan sistem bendera dalam menggambarkan apakah balapan tetap digelar atau sebaliknya tidak sama sekali. Setidaknya ada tiga bendera dengan tiga warna berbeda yang diterapkan. Bendera warna merah artinya tidak ada perlombaan, bendera kuning menunjukkan masih ada peluang untuk digelar balapan. Terakhir bendera warna hijau, memiliki arti balapan Formula E tetap digelar sesuai jadwal.

Pihak penyelenggara Formula E memberikan keputusan bahwa Maret dan April diberi simbol bendera warna merah. Sedangkan warna kuning di Juni dan Juli mendapatkan bendera warna hijau. Sebagai hasil penangguhan, maka perlombaan balap mobil tanpa emisi itu tidak akan diadakan di Sanya (Cina), Roma (Italia), Paris (Prancis), dan Jakarta (Indonesia). Alasannya karena kegiatan tersebut berlangsung pada Maret hingga awal Juni.

Sementara putaran keenam balapan Formula E di Berlin (Jerman) tetap berjalan dan akan diadakan pada 21 Juni. Kemudian diikuti dengan New York ePrix (Amerika Serikat) pada 11 Juli. Putaran kedelapan dan sembilan akan berjalan di London (Inggris) pada 25 dan 26 Juli.

“Saat ini adalah waktu untuk mengambil tindakan, inilah mengapa kami memutuskan untuk menghentikan sementara Formula E musim ini. Balapan memang penting, namun kesehatan dan keselamatan staf, fans dan keluarga jauh lebih penting,” ujar CEO Formula E, Alejandro Agag dilansir dari situs resmi Formula E.

Formula E bukan merupakan satu-satunya ajang balap yang ditunda penyelenggaraannya akibat virus corona. Hal serupa juga dilakukan oleh pihak penyelenggara yang mengadakan balapan sepeda motor MotoGP dan dan balap mobil Formula 1.

Gubenur DKI Jakarta Memutuskan Menunda Formula E

Sejak awal Maret 2020 wabah virus corona mulai masuk Indonesia. Virus baru yang menyerang sistem pernapasan ini semakin hari semakin merebak ke beberapa wilayah. Oleh karena itu Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan langsung mengambil tindakan tegas dengan menunda kegiatan balap Formula E di Jakarta.

Instruksi penundaan perhelatan Formula E disampaikan Anies melalui surat resmi yang ditujukan kepada Organizing Committee Jakarta E-Prix. Namun isi surat tersebut hanya menyebutkan penundaan tanpa memberitahukan jadwal pengganti.

“Mencermati perkembangan Covid-19 di berbagai belahan dunia khususnya di Jakarta, maka penyelenggaraan Formula E yang semula dijadwalkan pada Juni 2020 agar ditunda pelaksanaannya,” demikian petikan isi surat tersebut.

Ajang balap jet darat listrik ini sedianya berlangsung di Jakarta pada 6 Juni 2020.

 

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Baca Juga:

Brio Masih Jadi Mobil Honda Paling Laris

Previous post
Kini Servis Mobil BMW Bisa Dilakukan Langsung di Rumah
Next post
Mobile Service BMW Astra Didukung Bengkel Berjalan Canggih