Home » Mobil » Volkswagen e-BULLI, Kombi yang ‘Disetrum’ dan Resmi Dijual

Volkswagen e-BULLI, Kombi yang ‘Disetrum’ dan Resmi Dijual

Volkswagen e-BULLI
Atap diberikan model ragtop yang dapat dibuka secara lebar

JermanVolkswagen (VW) tak henti-hentinya menyuarakan tentang mobil listrik. Kali ini, VW memperkenalkan sebuah mobil modifikasi Volkswagen e-BULLI. Mobil yang diambil dari basis VW Kombi T1 klasik ini diubah menjadi mobil listrik.

Mobil yang dikenal memiliki banyak kaca di bagian samping ini kini dibekali mesin listrik 45 kWh. Motor listrik yang menempel di tubuhnya diambil dari mobil listrik VW e-UP!. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga 85 hp dengan torsi maksimum 212 Nm. Sungguh jauh melebihi kapasitas mesin aslinya.

Volkswagen e-BULLI
Mesin listrik Volkswagen e-BULLI

Sumber tenaga asli dari mobil ini memakai mesin 1.500 cc. Bahkan kecepatan dari VW e-BULLI ini juga jauh meningkat. Jika menggunakan mesin biasa hanya mampu melesat hingga 100 km per jam. Tetapi dengan mesin listrik ini, VW Kombi ini bisa melesat hingga kecepatan 137 km per jam.

Mesin listrik ini juga dipadukan dengan lubang pengisian fast charging DC 50 kW. Pihak VW mengklaim jika pengisian dari 0-80% hanya butuh waktu 40 menit.

Volkswagen e-BULLI
Lubang pengisian terletak di belakang di balik plat nomor

Baterai Dipasang di Bawah Dek

Untuk pemasangannya, VW menanamkan mesin listrik ini di bawah dek. Sasis dibuat ulang agar baterai listrik mampu disimpan dengan baik. Sementara itu, kaki-kaki dibuat ulang menggunakan model multi-link baru dengan as roda yang dapat disesuaikan. Sebagai pengamanan, rem cakram pun dipasangkan agar mobil mampu mengerem secara maksimal.

Volkswagen e-BULLI
Tuas transmisi memakai model otomatis

Di bagian setir, rack pinion baru menggantikan model lama agar setir tidak terasa berat dipelintir. Secara tampilan, mobil ini sekilas memang tidak terlihat sebagai mobil listrik. Tampilan klasiknya benar-benar dipertahankan seperti dengan aslinya. Namun jika melihat tuas transmisi, barulah kita akan melihat sebuah transmisi otomatis dengan tuas model modern.

Volkswagen e-BULLI
Bagian interior memakai paduan putih dan oranye

Bagian spidometer, konsol tengah, dan lantai dibuat menyerupai aslinya. Sebagai hiburan, pihak VW sudah menyembunyikan beberapa speaker agar tak membosankan saat berkendara. Rencananya mobil ini akan dijual resmi melalui kemitraan Volkswagen eClassic. Untuk harganya sendiri, mobil ini akan dijual sekitar 58 ribu Poundsterling atau setara dengan Rp1,1 miliar.

Kendati ini adalah mobil modifikasi, nantinya suku cadang juga akan disiapkan di beberapa diler. Sayangnya, belum jelas Volkswagen e-BULLI ini akan resmi dijual kapan.

Volkswagen e-BULLI
Tampilan luar Volkswagen e-BULLI

Wah, oke juga nih mobil untuk dikoleksi, ya.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga:

Pabrik VW Ikut-Ikutan Tutup Gara-Gara Virus Corona

Previous post
Peniadaan Sistem Ganjil-Genap Diperpanjang Hingga Bulan Depan
Next post
Penyebab Kerusakan Mobil, Waspadai Lubang di Jalan Pasca Musim Hujan