Home » Berita » Volkswagen Group Akan Luncurkan 75 Mobil Listrik dan 60 Hybrid

Volkswagen Group Akan Luncurkan 75 Mobil Listrik dan 60 Hybrid

VW ID.3 (Foto: Paultan)

Berlin – Di tengah perlambatan ekonomi dan semakin ketatnya peraturan emisi, tak menjadi halangan bagi Volkswagen (VW) Group untuk terus berkreasi dan menunjukkan eksistensinya di pasar otomotif. VW Group berkomitmen akan terus maju dan mengeluarkan banyak uang untuk masa depan. Pada rapat dewan pengawas pekan lalu, mereka setuju untuk mengeluarkan investasi besar-besaran senilai 60 miliar euro atau sekira Rp963 triliun. Nantinya dana sebesar itu akan digunakan untuk mengembangkan sekaligus memproduksi mobil hybrid, mobil listrik, dan lainnya selama lima tahun ke depan atau hingga 2024.

“Kami bertekad untuk terus maju dan memfokuskan investasi kami pada mobilitas masa depan,” kata Chairman VW Group Hans Dieter Pötsch.

Tak cuma sekadar mengeluarkan investasi besar saja, VW Group juga berencana untuk meluncurkan setidaknya 75 mobil baru yang semuanya menggunakan listrik, dan 60 mobil hybrid. Bila dikerucutkan kemungkinan ada hampir delapan mobil listrik dan enam mobil berteknologi hybrid yang diluncurkan tiap tahunnya sampai 2029. Mobil-mobil listrik dan hybrid yang akan diluncurkan datang dari berbagai merek yang berada di bawah payung VW Gorup. Sebut saja beberapa di antaranya VW, Audi, Bentley, Bugatti, dan lain-lain.

Strategi ini dilakukan karena pabrikan yang bermarkas di Wolfsburg, Jerman ini ingin menjual sebanyak 26 juta mobil listrik dan enam juta mobil hybrid. Demikian seperti dilansir dari Paultan.

Volkswagen Sudah Memproduksi Mobil Listrik

Salah satu merek mobil di bawah payung Volkswagen Group yang sudah mulai memasuki era mobil listrik adalah VW. Belum lama ini VW memberitahu sudah memproduksi mobil lsitrik pertamanya yaitu ID.3. Mobil perkotaan ini diproduksi di pabrik milik VW di Zwickau, Jerman.

VW menargetkan produksi ID.3 sebanyak 330 ribu unit per tahun. Untuk memproduksi VW ID.3, pabrikan otomotif asal Jerman ini mengeluarkan dana sebanyak 1,2 miliar Euro atau setara dengan RP18,6 triliun.

Mobil Listrik Pertama VW Mulai Masuk Jalur Produksi (Foto: Paultan)

“VW ID.3 akan memberikan kontribusi penting bagi terobosan e-mobility. Ini membuat mobilitas bersih, dapat diakses oleh jutaan orang dan merupakan tonggak sejarah bagi perusahaan kami di jalan menuju netral-iklim pada tahun 2050, ” kata Chief Executive Officer (CEO) Grup Volkswagen Herbert Diess.

VW ID.3 akan diluncurkan di pasar di seluruh Eropa secara bersamaan tahun depan. Data VW mengungkap lebih dari 35.000 pelanggan telah memesan dan ID.3. Sebelumnya, VW ID.3 tampil perdana pada September lalu di Frankfurt Motor Show 2019.

Ada tiga versi yang dipamerkan saat itu mulai dari model dasar, varian Plus dan Max. Semuanya ditenagai oleh motor listrik yang mampu mengeluarkan daya maksimal 201 hp dan torsi 310 Nm. Sumber listriknya berasal dari baterai 58 kWh.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Setelah Tiguan Allspace, Model VW Apa Lagi yang Akan Diproduksi di Indonesia?

Previous post
Carry dan Ertiga Jadi Penyelamat Suzuki di Tengah Lesunya Pasar Otomotif
Pabrik Toyota
Next post
Toyota dan Honda Komitmen Tambah Investasi di Indonesia