Volkswagen Polo GTI Facelift Terungkap, Mesinnya Lebih Bertenaga
Wolfsburg – Volkswagen Polo GTI facelift mulai menampakkan diri setelah tampil dalam bentuk sketsa sekira satu bulan lalu. Hot hatch mungil ini mendapatkan sejumlah pembaruan mulai dari bagian eksterior, interior, hingga mesin yang kini lebih bertenaga dari model sebelumnya.
Eksterior
Pada bagian eksterior, Volkswagen Polo GTI facelift punya lampu depan dengan desain baru, gril lebih ramping, dan lampu belakang berbentuk huruf L terbalik, mirip seperti yang terdapat di Mk8 Golf.
Selanjutnya, lampu depan sudah menggunakan matrix LED, bersanding dengan lampu senja berbentuk L.
Mempercantik bagian depan mobil, Volkswagen juga menyematkan lampu strip dibawah gril, sehingga memberikan kesan, lampu senja di kanan dan kiri menyatu.
Tak cuma itu saja, demi memperkuat nuansa sporty, pabrikan asal Jerman itu turut memasangkan gril depan model sarang lebah, diffuser belakang sewarna bodi, dan knalpot kembar.
Interior
Masuk ke bagian interior, Volkswagen mengganti head unit Polo GTI facelift menjadi lebih besar, berukuran 9,2 inci. Sistem hiburan ini dibangun menggunakan MIB3 modular baru yang memiliki fitur eSIM untuk dapat terintegrasi ke internet.
Selain itu, memungkinkan pengemudi menjalankan sistem We Connect dan We Connect Plus, fungsi kontrol suara yang lebih canggih, akses ke layanan streaming, dan sebagainya. Ada juga konektivitas nirkabel Apple CarPlay dan Android Auto.
Perubahan lainnya, meliputi lingkar kemudi model datar dengan logo Volkswagen terbaru di tengahnya, tuas transmisi baru, dan aksen merah di beberapa bagian untuk memperkuat nuansa sporty di kabin.
Polo GTI terbaru juga memiliki fungsi mengemudi semi-otonom IQ.Drive Travel Assist, cruise control adaptif dan lane centring assist sebagai standar.
Mesin
Diberitakan Paultan, Kamis (1/7/2021), ubahan yang paling menarik pada Volkswagen Polo GTI facelift ini ada di bagian mesin.
Perusahaan menyematkan mesin 2.0 liter TSI turbocharged empat silinder sama seperti model terdahulu. Kendati mesin tidak berubah, tetapi tenaga yang dihasilkan melonjak 6 hp menjadi 204 hp dan torsi 320 Nm.
Dibantu transmisi dual-clutch DSG yang telah diperbarui, kini akselerasinya dari posisi diam sampai 100 km/jam hanya sekira 6,5 detik.
Baca Juga:
- Catat, Volkswagen Ingin Berhenti Jual Mobil Bermesin Konvensional
- Kalahkan Volkswagen, Toyota Jadi Merek Mobil Terlaris di Dunia 2020
Penulis: Santo Sirait