Home » Berita » VW Akhirnya Suntik Mati’ Beetle Setelah Tiga Generasi

VW Akhirnya Suntik Mati’ Beetle Setelah Tiga Generasi

beetle
VW Beetle (Foto: Paultan)

Jenewa – Pada 2017 Volkswagen (VW) menggelar rapat umum tahunan VW Group yang berlangsung di Jerman. Dalam rapat tersebut turut dibahas mengenai perkembangan penjualan beberapa model VW termasuk Scirocco dan Beetle.

Berdasarkan data penjualan yang dimiliki oleh perusahaan, kedua model ikonik tersebut terus mengalami penurunan penjualan. Melihat angka penjualan yang terus menurun, beredar rumor bahwa VW akan segera menyuntik mati satu dari kedua model tersebut.

Ternyata rumor mengenai suntik mati dari VW itu bukan sekedar isapan jempol. VW melalui kepala Research and Development (R&D) Frank Welsch dalam sebuah acara di Geneva Auto Show 2018 mengungkapkan, VW tidak mempunyai rencana untuk memproduksinya lagi.

VW Beetle atau dikenal juga dengan VW Kodok di Indonesia sudah memiliki tiga generasi, masing-masing hadir dengan jarak waktu yang beragam dan berjauhan.

Sebagaimana diberitakan Autoindustriya, Frank beralasan dua atau tiga generasi saja sudah cukup karena tidak mudah bagi VW untuk mengeluarkan model yang serba baru.

Pada titik ini, peran Beetle bisa menjadi sangat berlebihan mengingat VW T-Roc convertible segera hadir yang pada dasarnya akan mengisi peran Beetle dalam jajaran VW. Kemungkinan VW T-Roc convertible akan debut sekitar 2020.

Generasi pertama VW Beetle meluncur pada 1938, kemudian generasi kedua muncul pada 1998. VW kembali menyegarkan mobil pada 2011 sekaligus menjadikannya sebagai generasi ketiga.

VW Beetle adalah model tertua dalam jajaran VW. Menariknya VW tetap mempertahankan bentuk uniknya selama bertahun-tahun dan tetap memantapkan diri sebagai kendaraan ikonik dalam jajaran kendaraan VW.

VW Beetle Tidak Akan Diganti Dengan Listrik

Era kendaraan listrik tidak lama lagi datang, beberapa produsen telah melakukan pengembangan bahkan sudah ada yang sudah berani memasarkan mobil listrik garapannya. Sebut saja salah satunya VW.

Ada beberapa mobil listrik yang telah disiapkan VW dan bakal diluncurkan dalam waktu tidak lama lagi. Namun sayangnya dari beberapa mobil yang bakal diluncurkan, satu model ikoniknya yaitu Beetle tidak akan dipasangi motor listrik.

Frank mengatakan di masa mendatang tidak akan ada VW Beetle listrik untuk menandingi MINI Electric. Produsen mobil terbesar di Eropa telah mengonfirmasi bahwa hanya satu model ikoniknya saja yang akan dihidupkan kembali dan menjadi mobil listrik yaitu VW Kombi. Konsep dari mobil tersebut sudah diperkenalkan beberapa waktu lalu dengan nama ID Buzz.

beetle
VW ID BUZZ (Foto: Auto Express)

Versi produksi dari ID Buzz akan dibangun menggunakan platform listrik baru VW Group. Mobil jenis microbus bertenaga baterai ini rencannya akan dipasarkan pada 2021.

“Dengan platform MEB, Anda bisa melihat ID Buzz seperti kendaraan asli dengan bentuk aslinya dan roda kemudi terpasang seperti asli. Anda tidak bisa melakukan itu dengan mesin di depan. Bentuk yang Anda lihat pada konsep itu realistis,” kata Frank.

Ditambahkannya, banyak orang yang tidak sabar menunggu kehadirannya, bahkan mereka selalu bertanya kapan ID Buzz masuk jalur produksi.

“Orang-orang bertanya kapan produksi dimulai, jadi kami memutuskan untuk memproduksinya. Lebih baik memilikinya daripada memiliki lima generasi Beetle baru. Kami memiliki banyak konsep microbus ini tapi semua bermuka depan,” tambahnya.

Jadi, jika Carmudian menginginkan VW Beetle, inilah kesempatan terakhir Anda untuk mendapatkannya sebelum VW menghentikan pemasarannya. (dna)

Diler Mitsubishi
Previous post
Peminat Mitsubishi Xpander di Banyuwangi Mulai Banjir
Next post
Seperempat Abad Ducati Monster, Penolong Ducati Dari Kebangkrutan