Home » Berita » Volkswagen Tak Prioritaskan Indonesia untuk Pamer Mobil Listrik

Volkswagen Tak Prioritaskan Indonesia untuk Pamer Mobil Listrik

Mobil Konsep VW
Tiga mobil konsep VW gunakan ban produk. Foto/ VW.

Jakarta – Volkswagen (VW) Indonesia tampaknya tertinggal satu langkah dibanding brand mobil mewah lain asal Eropa. Mercedes Benz misalnya, pabrikan mobil dari Jerman itu sudah memasarkan mobil listrik ke Indonesia yaitu E 300 e plug-in hybrid. Sementara VW jangankan meluncurkan , memperkenalkan mobil listrik saja ke publik Tanah Air belum pernah dilakukan.

Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor (GMM) mengatakan bahwa pihaknya pernah mengajukan permohonan kepada prinsipal supaya Indonesia juga masuk dalam daftar negara yang mendapat kesempatan untuk memamerkan mobil listrik VW. Namun belum ada sinyal positif.

“Kami ada sempat bicara dengan prinsipal, cuma ini masih tahap belum terlau matang, karena untuk mesin combustion engine dan kami juga baru buka pabriknya jadi masih jauh. Secara merek kami sudah siap, saat ini VW ada e-Golf, dan ID Buzz, cuma di kita-nya (Indonesia) masih belum siap,” ungkap Jonas di Jakarta.

Jonas menambahkan, berbagai cara telah dilakukan demi membawa mobil listrik VW ke Indonesia. Akan tetapi alasan prinsipal belum mau memamerkan mobil listrik ke Indonesia karena secara regulasi dan infrastruktur pendukung dinilai belum siap.

“Kalau bisa tahun depan kami bawa (mobil listrik) dan diijinkan. Karena mereka bikin daftar negara-negara mana yang jadi prioritas utama untuk mombil listrik. Dan kebetulan Indonesia waktu itu dianggap infrastruktur dan regulasinya belum ada. Jadi kami enggak masuk. Tapi kami sudah mengajukan dan mereka akan manaruh nama kita (Indonesia) ke daftar,” terang Jonas.

Belum Ada Target Khusus

Niat untuk mendatangkan mobil Listrik VW ke Indonesia memang sudah ada sejak lama. Namun kapan waktu dan pastinya kembali lagi ke prinsipal. Bahkan pihaknya tidak mau menentukan target kapan harus membawa mobil listrik VW ke Indonesia.

“Detailnya belum tahu. Niat ada cuma masih dalam tahap pembicaraan,” pungkas Jonas.

Mobil VW Lawas Akan Menggunakan Tenaga Listrik

Beredar rumor VW akan menghidupkan kembali Beetle yang sudah sempat di suntik mati beberapa waktu lalu. Tapi Beetle yang akan diluncurkan menggunakan tenaga listrik. VW juga berencana membangkitkan satu lagi produk legendarisnya yaitu Kombi Camper. Rencana tersebut pernah diutarakan oleh anggota dewan perusahaan Heinz, Jakob Neusser, pada 2015 silam.

VW Beetle (Foto: Paultan)

Sama seperti Beetle, nantinya mobil keluarga itu akan menggunakan motor listrik sebagai sumber penggeraknya. Versi konsep dari VW Kombi Camper sudah diperkenalkan tahun lalu di ajang Detroit Motor Show dengan nama I.D. Buzz. VW mengaplikasikan gaya retro khas Kombi pada bahasa desainnya dengan platform MEB yang sama.

Setidaknya ada dua motor listrik yang akan dibenamkan pada roda mobil. Bila kedua motor listrik itu bekerja secara bersamaan maka tenaga yang dihasilkan sebesar 374 ps dengan sistem penggerak empat roda (4-Wheel Drive).

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Vespa GTS 300 Supertech, punya banderol harga setara LCGC.
Previous post
Uang Muka Vespa GTS 300 Super Tech Seharga Kredit DP Mobil Baru, Pilih Mana?
Next post
Begini Jadinya Kalau Pemohon Smart SIM Pakai Baju atau Jilbab Biru