Berita

Volkswagen Umumkan Tanggal Peluncuran Tiguan Allspace Facelift

WolfsburgVolkswagen telah mengumumkan tanggal peluncuran Tiguan Allspace Facelift pada bulan ini. Model terbaru dari Tiguan Allspace ini akan menerima sejumlah penyegaran dan penambahan fitur terkini yang membuatnya semakin berkelas.

Diberitakan Paultan, Kamis (6/5/2021), pabrikan yang bermarkas di Jerman itu berencana meluncurkan Tiguan Allspace Facelift pada 12 Mei. Keran penjualannya akan dimulai beberapa minggu setelah resmi diuncurkan.

Tiguan Allspace Facelift

Teaser Volkswagen Tiguan Allspace Facelift (Foto: Paultan)

Tiguan Allspace Facelift akan mendapat beberapa perubahan pada sektor eksterior dan mendapatkan fitur canggih terbaru. Selain itu ada juga penambahan layanan dan fungsi berbasis online berkat sistem Modular Infotainment Matrix (MIB3) terbaru.

Belum ada bocoran mengenai spesifikasi lengkapnya, namun bisa diperkirakan SUV mewah itu punya gril besar, lampu depan LED dengan DRL, pintu belakang direvisi dengan lampu yang didesain ulang.

Sedangkan kabin, diharapkan masih menggunakan dasbor serupa seperti model sebelumnya. Kemungkinan besar head unit Allspace Facelift ditawarkan dengan ukuran lebih besar.

Fitur baru lain yang bisa saja tersemat di Tiguan Allspace terbaru adalah Travel Assist, yang memungkinkan untuk mengemudi semi-otonom dalam kisaran kecepatan dari nol hingga 210 km/jam.

Seperti model sebelumnya, Tiguan Allspace terbaru menawarkan jarak sumbu roda 2.791 mm. Ini memungkinkan untuk menempatkan bangku baris ketiga dan memiliki ruang bagasi luas hingga 1.920 liter.

Tiguan Allspace facelift

VW Tiguan Allspace diproduksi di Indonesia. (Foto: Carmudi/Santo

Volkswagen Tiguan dibangun di dua lokasi berbeda, di China lokasi produksinya berada di Shanghai dengan nama Tiguan L. Sementara itu, model untuk Amerika dan Eropa dibuat di Puebla, Meksiko.

Volkswagen Tiguan Allspace Sudah Dirakit di Indonesia

Volkswagen Tiguan Allspace rsemi meluncur di Indonesia pada pertengahan 2019. Beberapa bulan setelah peluncurannya, PT Garuda Mataram Motor (GMM), Agen Pemegang Merek (APM) mobil Audi dan Volkswagen memutuskan untuk merakitnya di dalam negeri.

Meski sudah diproduksi di dalam negeri, Tiguan Allspace belum menggunakan komponen lokal. Tiguan Allspace rakitan lokal dibawa dalam bentuk terurai atau Medium Knocked Down (MKD), dari Meksiko.

“Jadi semua ini (komponen) dibawa dari Meksiko. Dan terus terang kalau dibilang MKD itu sudah terurai, jadi sebelum CKD, tapi semua terurai. Kalau bilang lokalnya sementara kami lagi negosiasi dengan mereka (Volkswagen AG) kira-kira (komponen) mana yang bisa di lokalisasi,” ungkap Jonas Chendana selaku Chief Operating Officer PT GMM, Oktober 2019.

Tampilan belakang VW tiguan Allspace. Foto/Carmudi.

Walaupun diproduksi lokal, tapi secara kualitas tetap dipertahankan seperti mobil Volkswagen lain yang didatangkan dalam bentuk utuh atau Completely Build Up (CBU) dari negara lain.

“Seribu persen kualitasnya sama kaya model VW keluaran pabrik dari India maupun Jerman. Itu sudah standar tak bisa ditolak,” tegas Jonas.

Baca Juga:

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts