Berita Mobil Sumber informasi

Volvo Varian Bus Fokus pada Kebutuhan Transportasi di Indonesia

Jakarta – Volvo Group, membuka peluang untuk fokus pada transportasi di Indonesia melalui penambahan unitnya. Volvo kini membuka peluang untung bersaing dengan Transportasi lainnya.

Volvo Bus pertama kali hadir di Indonesia, sebagai pendukung kunjungan kenegaraan. Yaitu Raja Carl XVI Gustaf dan Ratu Silvia dari Swedia ke Indonesia pada 22-24 Mei yang lalu.

Volvo bus yang digunakan dalam mendukung kunjungan kenegeraan ini adalah Volvo 8400 (B8R). Bis ini dilengkapi dengan mesin 8 liter yang di produksi oleh Volvo Group.

Telah diketahui bahwa Volvo bus pernah masuk ke Indonesia untuk ikut serta meramaikan dunia transportasi di tanah air. Namun hal tersebut tidak berjalan dengan keinginan yang diharapkan. Pengusaha bus banyak beranggapan bahwa susahnya sparepart yang dibutuhkan.

Padahal untuk tenaga dan kenyamanan Volvo bus ini sangatlah nyaman, mampu menyaingi bus – bus buatan Eropa lainnya. Adapun bus Volvo yang pernah masuk ke Indonesia, dengan serie type antara lain : B7R, B11R, B12M.

Kini Volvo mencoba kembali meramaikan Transportasi di Indonesia dengan mengenalkan Volvo 8400 (B8R). Dengan anggapan bahwa dapat bersaing dengan kompetitornya yang berhasil meramaikan dunia transportasi di Indonesia.

“Untuk sementara, bis Volvo ini merupakan upaya perkenalan kami kepada masyarakat akan adanya varian baru Volvo di Indonesia. Kami sangat bangga dapat ikut berpartisipasi dalam memeriahkan transportasi di Indonesia dengan menambahkan bus Volvo,” Ujar Eka Lovyan, Chief Operational Officer PT. Indotruck Utama.

Kini hadir dengan varian type mesin Volvo D7A

Volvo 8400 (B8R) menggunakan Mesin Volvo D7A, dilengkapi dengan transmisi otomatis 6-speed integrated retarder dan optimised rear axle ratio. Mampu menghasilkan tenaga 8.000cc 330hp/1200 Nm Euro 5 atau Euro 3.

Rem dan sistem stabilitas Volvo EBS, ABS, Brake Blending, Hill Start Aid, Brake Assist, ESP, integrated hydraulic retarder. Ini untuk mengoptimalkan penghematan tenaga, yang sangat berguna untuk memenuhi kebutuhan bis keliling kota.

Selain itu bis ini juga dilengkapi oleh: akslerasi instan, air conoditioning, dan tingkat kemampuan yang tinggi. Penggunaan rem cakram yang kuat pada semua roda, dan sistem suspensi udara bus yang benar – benar memberikan kenyamanan.

Pintu-pintu dilengkapi dengan tepi yang sensitif untuk mencegah cedera penumpang selama naik dan turun dari bus. Bus ini dilengkapi dengan fitur berlutut bersamaan dengan pengangkatan dan penurunan pneumatik yang memungkinkan badan bis diturunkan.

Bus Volvo telah proaktif dalam hal penggabungan fitur keselamatan. Perusahaan telah mematuhi kode badan bus international.

“Di Indonesia, fokus transportasi komersil merupakan sesuatu yang sangat penting peranannya. Didukung proyek infrastruktur pemerintah yang mulai berfungsi tahun ini. Ini meyakinkan kami untuk membuka peluang bagi bis Volvo dikembangkan di Indonesia.” Ujar Jurn Terpstra, Marketing Director Volvo Group Indonesia. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts