Home » Berita » VW Tiguan Hadir di GIIAS 2017 Dilimpahi Fitur Premium

VW Tiguan Hadir di GIIAS 2017 Dilimpahi Fitur Premium

Laporan Langsung GIIAS 2017

Tangerang – Hari pertama pameran otomotif nasional GIIAS (Gaikindo IndonesiaInternational Auto Show) 2017 digelar, salah satu pabrikan premium dari Jerman,Volkswagen, terlihat tidak bermain-main dalam mempersiapkan SUV unggulannya.

Bagaimana tidak, VW Tiguan yang baru saja meluncur resmi (10/8) bertaburkan fitur premium! Dan ya, PT Garuda Mataram Motor (GMM) agen pemegang merek VW di Tanah Air bertaruh banyak pada Golf versi SUV ini. Dengan menjejalkan setiap fitur yang dianggapnya masuk akal.

Limpahan Fitur Eksterior

Mulai dari luar terlebih dahulu, Tiguan anyar ini sudah menerapkan sistemlampu full LED. DRL (Daytime Running Lights) terintegrasi di bagian bawah head lights dan dapat berganti menjadi lampu sein yang juga LED.

Ketika diaktifkan, kemudian low beam dan high beam sama-sama sudah LED berproyektor yang kedapatan fitur Dynamic Light Assist.

Bahkan, lampu kabut juga sudah LED yang bisa jadi static cornering light ketika menyalakan lampu sein atau memutar setir dibawah 40 km/jam. Lampu belakang pun sudah LED, baik lampu kecil maupun remnya dan ada tambahan lampu kabut di lampu sebelah kanan.

Lihat ada kamera di bawah kedua spion, juga di gril radiator depan? Yes, itu karena Tiguan generasi kedua ini sudah mengadopsi Area View alias pandangan 360 derajat di sekitar mobil.

Lebih keren lagi, fitur Park Assist juga sudah tersedia sehingga mobil bisa parkir otomatis di posisi paralel maupun seri. Yang dilengkapioleh 12 sensor parkir di sekujur bodi mobil.

Limpahan Fitur Interior

Masuk ke dalam juga sudah full keyless, sehingga kunci tinggal masuk kantong. Lalu raih bagian dalam pintu untuk membuka kunci atau tekan alur kecil di handeluntuk kembali menguncinya.

Ketika kunci terbuka, spion juga akan otomatis membuka berkat fitur auto folding mirror. Otomatis, ada tombol Start/Stop Engine juga yang terletak di konsol tengah. Juga terdapat rem parkir elektrik dan Auto Hold.

Kemudian seperti mayoritas Audi kekinian, sistem pendingin kabin juga sudah memakai model 3Zone Climate Control. Artinya, suhu kabin di depan kiri, kanan dan belakang bisa dibuat berbeda. Setiap penumpang kedapatan jendela auto up/down dengan satu sentuhan.

VW Tiguan
Dasbor baru VW Tiguan (Carmudi Indonesia – Sano)

Kemudian selain setir tilt telescopic, pengemudi mendapat privelage lebih berupa jok elektrik 8 arah plus lumbar 4 arah dan bahkan, tiga memory seats!

Masih ada lagi lampu otomatis, wiper otomatis, spion tengah electrochromatic, paddle shift, cruise control. Hingga head unit berlayar sentuh 8 inciyang sudah kompatibel Apple CarPlay, Android Auto dan Mirrorlink.

Tersedia juga satu power outlet untuk penumpang belakang dan di bagasi, power outlet AC 230V. Berbicara bagasi, kini pintunya bisa dibuka secara elektrik via gestur tendangan ke bawah yang disebut Easy Open.

VW Tiguan
Kursi belakang VW Tiguan (Carmudi Indonesia – Sano)

Ada pula fitur auto closing yang  otomatis akan menutup pintu bagasi, 20 detik setelah tombolnya ditekan. Memang bila dibandingkan versi global, masih banyak fitur yang tidak ditemui.

Seperti perangkat keselamatan aktif misalnya Lane Assist, High Beam Assist, FrontAssist dengan Predictive Pedestrian Protection. Serta City Emergency Braking danAdaptive Cruise Control.

Begitu juga panoramic sunroof barunya atau Active InfoDisplay yang berupa instrument cluster 12,3 inci digital.Tak masalah, sepertinya VW tahu hal-hal tersebut tidak akan optimal dipakaidi Indonesia.

Bagamana menurut anda? Worth it kah kalau anda membayarkan harga Rp590 juta off the road atau sekitar Rp 650 jutaan on the road untuk Tiguan anyar ini?

(Penulis : Fransiscus Rosano)

VW Caravelle
Previous post
Intip VW Caravelle yang Dipakai Wapres Jusuf Kalla Kunjungi GIIAS 2017
Nissan GT-R
Next post
Sadis! Nissan 'Godzilla' Berlabur Emas Mejeng di GIIAS 2017