Home » Tips dan Trik » Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda motor

Hal yang perlu diperhatikan ketika membeli sepeda motor

Membeli sepeda motor akan membutuhkan banyak pertimbangan dan persiapan. Baik ketika membeli sepeda motor baru atau bekas, melakukan test drive (jika diizinkan) akan sangat berguna karena akan memberikan Anda masukkan mengenai motor yang ingin Anda beli, misalnya kenyamanan ketika menikung, suara yang dihasilkan atau akselerasi awalnya.

Namun, sebelum menyalakan mesin, ada beberapa hal yang bisa Anda cek hanya dengan melihat fisik motor tersebut. Hal ini berguna untuk menakar berapa harga yang layak untuk motor bekas, sehingga Anda bisa tahu bagaimana kondisi pemakaian motor tersebut oleh pemilik sebelumnya.

 

Cek kondisi frame

Old Norton_shnalla-rom
© shnalla-rom/Flickr

Kondisi frame dapat menggambarkan kondisi keseluruhan motor, bahkan jika terdapat sedikit kerusakan pada frame, dapat dikatakan motor tersebut dalam kondisi tidak baik dan dapat membahayakan kedepannya. Jika frame sudah dicat kembali, Anda perlu pastikan sebabnya apakah pernah terjadi kecelakaan.

 

Cek kondisi rantai

Chain_SoulRider.222
© SoulRider.222/Flickr

Perhatikan rantai secara seksama jika ada kerusakan atau karat, maju mundur kan motor untuk melihat bagaimana krantai bekerja.

 

Perhatikan ban

tyres (2)
© tyres/Flickr

Ban pada sepeda motor bekas memiliki tanda bekas pemakaian, namun tanda tersebut harus seimbang dan tidak berat sebelah. Coba lihat kondisi ban secara keseluruhan dengan memaju mundurkan motor, memastikan kondisi ban layak.

 

Cek kondisi cairan

barron
© barron/Flickr

Ketika mengecek motor baru atau bekas, pastiikan melihat kondisi oli, minyak rem dan radiator jika ada. Jika kondisinya sudah hampir habis, mungkin perawatan yang dilakukan tidak terlalu baik, karena biasanya part yang seharusnya rutin dicek.

 

Cek kelistrikan motor

electronics_ lassi.kurkijarvi
© lassi.kurkijarvi/Flickr

Mungkin tidak terlalu penting, namun hal ini tetap bisa menguras dompet Anda jika harus mengganti aki, lampu atau klakson.

Jika Anda tidak terlalu berpengalaman mengendarai motor atau membeli motor, bawalah teman Anda yang lebih mengerti untuk membantu Anda menentukan pilihan. Juga lebih baik mengecek motor pada siang hari, dimana lebih mudah melihat lebih detail part-part tertentu pada motor.

Karena pembelian sepeda motor akan cukup menguras tabungan Anda, tidak ada salahnya jika mengumpulkan informasi sebelum membeli. Jika Anda punya cukup banyak informasi, Anda bisa menghindari harga motor yang tidak masuk akal. Dan tentu saja, jangan tergesa-gesa melakukan pembelian ini, berpikir matang sebelum memutuskan agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Previous post
MAX-R Pecahkan Rekor Mobil Konsep Terpanjang
Next post
Konversi Bensin ke Gas Masih Banyak Kendala