Home » Berita » Wabah Virus Corona Semakin Luas, GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

Wabah Virus Corona Semakin Luas, GIIAS Surabaya 2020 Ditunda

Booth mobil Toyota dari Auto2000 di GIIAS Surabaya 2019 (Foto: Auto2000)

Jakarta – Pemerintah Indonesia telah menetapkan virus corona (COVID-19) sebagai bencana nasional non alam. Mengacu dari penetapan tersebut, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) memutuskan untuk menunda GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) Surabaya 2020. Sedianya pameran otomotif itu akan berlangsung pada 20-29 Maret 2020 di Grand City Convex, Surabaya, Jawa Timur.

Terkait hal tersebut, GAIKINDO mengeluarkan pernyataan resmi bahwa penundaaan GIIAS Surabaya 2020 menimbang beberapa kondisi:

  1. Status Covid-19 yang telah menjadi pandemi global, dan perkembangannya yang semakin meluas di Tanah Air.
  2. Telah dikeluarkannya keputusan pemerintah, bahwa pandemi Covid-19 adalah bencana non alam.
  3. Sesuai dengan arahan kementerian-kementerian terkait yang telah melarang untuk mengadakan perjalanan keluar kota dan menghadiri acara yang melibatkan banyak orang.
  4. Telah dikeluarkannya kebijakan pemerintah Jawa Timur yang meliburkan seluruh kegiatan sekolah.
  5. Mengingat bahwa GIIAS Surabaya 2020 direncanakan akan berlangsung hingga akhir bulan ini, yang belum dapat diprediksi perkembangan status Covid-19.

“Maka selaku penyelenggara pameran, GAIKINDO dengan berat hati mengambil langkah dan keputusan untuk menunda penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020. Penyelenggaraan pameran GIIAS Surabaya 2020 akan kami tunda hingga pemberitahuan lebih lanjut. Keputusan ini diambil, berdasarkan pertimbangan matang GAIKINDO sebagai bentuk upaya dan langkah konkret untuk mencegah meluasnya penularan COVID-19, yang merupakan bagian dari force majeure nasional. Saat ini, GAIKINDO berkomitmen untuk memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para peserta pameran, pengunjung pameran, serta masyarakat umum,” demikian petikan pernyataan GAIKINDO yang diterima Carmudi, Senin (16/3/2020).

Memutuskan untuk menunda GIIAS Surabaya 2020 karena wabah virus corona bukan perkara mudah. Namun ini adalah langkah terbaik yang diambil oleh GAIKINDO demi melindungi semua pihak.

Surabaya Jadi Pembuka GIIAS 2020

Tahun ini GAIKINDO akan mengadakan GIIAS di empat kota yang berbeda. Puncak terbesar dari pameran GIIAS 2020 berada di Tangerang Selatan. Seharusnya, GIIAS 2020 dibuka di kota Surabaya namun karena wabah virus corona, pameran otomotif tahunan itu terpaksa ditunda. Sayangnya pihak penyelenggara belum menyebutkan secara resmi jadwal pengganti.

Perhelatan GIIAS tahun ini diklaim lebih lengkap, baru, dan interaktif. Dengan demikian, diharapkan bisa memberikan pengalaman berkunjung yang lebih maksimal. Mulai dari peluncuran produk baru dan konsep, dan kemunculan beberapa merek baru di industri otomotif. Selain itu pihak penyelenggara juga sudah menyiapkan program interaktif sepanjang pameran berlangsung.

Mengusung tema “Future Now”, GIIAS 2020 akan menghadirkan masa depan melalui berbagai inovasi otomotif terbaru. Salah satu inovasi masa depan dari dunia otomotif yang akan menjadi sorotan pada tahun ini adalah teknologi keamanan kendaraan.

Berikut jadwal lengkap GIIAS 2020 The Series:

  • GIIAS Surabaya : 20-29 Maret 2020, Grand City Convex, Surabaya
  • GIIAS Jakarta : 7-17 Agustus 2020, ICE – BSD City
  • GIIAS Makassar : 21-25 Oktober 2020, Celebes Convention Center, Makassar
  • GIIAS Medan : 25-29 November 2020, Santika Premiere Hotel & Convention.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Siaga Virus Corona, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman

Previous post
Siaga Virus Corona, Pertamina Pastikan Pasokan BBM Aman
Bengkel Honda
Next post
Layanan Bengkel Motor Honda Beroperasi Normal Saat Pandemik Virus Corona