Home » Berita » Wah, Ternyata Tenaga Mesin All New Nissan Livina dan Xpander Sama

Wah, Ternyata Tenaga Mesin All New Nissan Livina dan Xpander Sama

All New Nissan Livina
All New Nissan Livina (Foto: Santo/Carmudi)

JakartaNissan Motor Indonesia (NMI) Agen Pemegang Merek (APM) mobil Nissan di Indonesia baru saja menghadirkan All New Livina. Kemunculan mobil keluarga itu merupakan hasil kerja sekaligus memanfaatkan aliansi Nissan dan Mitsubishi.

Maka tidak heran bila tampang All New Livina sangat mirip sekali dengan Mitsubishi Xpander. Tak hanya rupa, mesin serta tenaga yang diperoleh kedua mobil keluarga itu pun sama.

Usut punya usut ternyata mesin yang digunakan oleh Mitsubishi Xpander diproduksi oleh NMI. Yutaka Sanada selaku Regional Senior Vice President and Head of Nissan in Asia and Oceania mengatakan bahwa ini solusi terbaik. Ini untuk menghindari tambahan investasi yang bakal dikeluarkan oleh Mitsubishi.

“Tentu ini adalah win-win solution, mencoba memproduksi mesin ini di pabrik Nissan  untuk Xpander, produk utama mereka (Mitsubishi). Kami bisa membuat generasi baru produk ini (All New Livina) secara bersama. Ini tidak akan terjadi bila mesin tidak diproduksi secara lokal,” kata Sanada, di sela peluncuran All New Nissan Livina, di Jakarta.

Kode mesin All New Nissan Livina
Kode mesin All New Nissan Livina (Foto: Santo/Carmudi)

Mesin Sama dengan Xpander

Untuk diketahui All New Nissan Livina menggunakan mesin dengan kode 4A91 begitu juga dengan Mitsubishi Xpander. Mesin ini tergolong baru dan merupakan hasil pengembangan dari mesin berkode 4A9.

Kapasitas mesin 1.499 cc dengan kemampuan mengeluarkan tenaga maksimal 102 hp pada 6.000 rpm serta torsi puncak  141 Nm pada 4.000 rpm. Mesin ini dihubungkan ke transmisi manual lima percepatan atau otomatis empat percepatan.

Livina telah diakui sejak 2007 akan pengalaman berkendara yang nyaman dan berkesan, disempurnakan dengan sentuhan premium di bagian interiornya. Nissan memastikan hal ini menjadi ciri khas yang terus diterapkan dalam pembuatan All New Livina.

Mesin All New Nissan Livina
Mesin All New Nissan Livina (Foto: Santo/Carmudi)

All New Livina menggabungkan karakter desain Nissan yang unik dan kenyamanan. Nissan Intelligent Mobility membuat pengalaman berkendara  menjadi aman, lancar dan percaya diri. Dari segi dimensi, All New Livina memiliki panjang 4.510 milimeter, lebar 1.750, tinggi 1.695 dan panjang jarak sumbu roda (wheelbase) 2.775 mm.

Nissan menawarkan All New Livina dalam lima varian, di antaranya Livina E MT dibanderol Rp198,8 juta, EL MT Rp223 juta, EL AT Rp233 juta, VE AT Rp249,9 juta, dan varian tertingi dijual VL AT Rp261,9 juta. (dol)

MINI Clubman dan MINI Countryman
Previous post
Daftar Harga MINI 2019, Tak Lagi Kecil Kini Desainnya Semakin Mewah
varian baru mitsubishi xpander
Next post
Gara-Gara Mitsubishi Xpander dan Wuling Cortez, Mobil Keluarga Kembali Bangkit