HomeBeritaWajib Tahu, Kendaraan Elektrifikasi Toyota Sudah Ada di Indonesia Sejak 2009

Wajib Tahu, Kendaraan Elektrifikasi Toyota Sudah Ada di Indonesia Sejak 2009

Mobil Hybrid Toyota
Prius adalah kendaraan elektrifikasi Toyota pertama di Indonesia yang hadir pada 2009. (Foto: Toyota)

Jakarta – Bagi Toyota, kendaraan elektrifikasi bukanlah hal baru. Jauh sebelum ramainya perbincangan soal mobil listrik, PT Toyota Astra Motor (TAM) sudah memasarkan kendaraan elektrifikasi di Indonesia pada 2009 lewat Prius hybrid.

Kendati kala itu penjualannya belum sebagus mobil bermesin konvensional, tetapi misi utama Toyota adalah untuk memperkenalkan teknologi hybrid ke masyarakat.

Tidak berhenti sampai di Prius hybird. Satu tahun kemudian, tepatnya 2010, TAM yang juga merupakan distributor untuk kendaraan merek Lexus di Indonesia meniagakan Lexus LS Hybrid Electric Vehicle (HEV).

Sampai saat ini, tidak kurang delapan model kendaraan elektrifikasi sudah dipasarkan TAM di Indonesia baik sedan, MPV, maupun SUV.

Dari tahun ke tahun penerimaan kendaraan ramah lingkungan itu semakin baik. Hingga Oktober 2020, total penjualan kendaraan elektrifikasi TAM sudah melebihi angka 3.300 unit.

Dalam rangka terus memenuhi mobilitas masyarakat sekaligus mengembangkan pasar kendaraan elektrifikasi di Indonesia, TAM melakukan dua pendekatan.

Pertama, pihaknya akan terus meningkatkan pemahaman masyarakat terkait teknologi elektrifikasi. Kedua menyiapkan teknologinya untuk membantu mobilitas masyarakat.

Prius
Cutting model Toyota Prius dipajang di GIIAS 2017 (Foto : Carmudi Indonesia/CW)

“Pendekatan yang sudah kami lakukan lebih dari 10 tahun yang lalu ini kami lakukan agar teknologi elektrifikasi makin populer, dikenal, dan diterima oleh masyarakat Indonesia. Dengan begitu, masyarakat juga turut berkontribusi dalam membangun lingkungan hidup yang sehat dengan mengurangi emisi CO2,” kata Marketing Director PT TAM, Anton Jimmi Suwandy.

Pada 2020, TAM melakukan banyak hal untuk memenuhi mobilitas melalui elektrifikasi. Di awal tahun, TAM menghadirkan teknologi Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV) lewat Toyota Prius PHEV. Mobil ini hanya menyasar pembeli borongan atau fleet.

Pada tahun ini pula, TAM menambah pilihan model mobil berteknologi hybrid dengan menghadirkan Corolla Cross HEV.

TAM Akan Memperluas Kendaraan Elektrifikasi

TAM segera memperluas pasar kendaraan elektrifikasi di Tanah Air dengan menyiapkan jajaran kendaraan Battery Electric Vehicle (BEV). Mobil yang sepenuhnya menggunakan sumber energi listrik sebagai tenaga penggerak.

“Toyota sudah mulai elektrifikasi sejak tahun 1990-an di global, tidak hanya karena kami melihat adanya kebutuhan untuk melestarikan lingkungan, tapi juga kami berkomitmen untuk menghadirkan pilihan mobilitas yang lengkap. Oleh karena itu, kami terus melengkapi pilihan kendaraan elektrifikasi baik dari HEV, PHEV, Battery Electric Vehicle (BEV), dan Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV),” ungkap President Director PT TAM, Susumu Matsuda.

Sebagai perusahaan mobilitas, TAM berkomitmen untuk selalu berupaya dalam menyesuaikan kebutuhan pelanggan yang sangat luas dan juga tren yang berkembang.

Toyota sudah meKendaraan Elektrifikasi Toyota
Pengecasan baterai mobil Toyota Prius PHEV (Foto: Santo/Carmudi)

Toyota telah menjadi pionir dan market leader kendaraan elektrifikasi di dunia otomotif global. Terhitung sejak meluncurkan Prius sebagai mobil elektrifikasi pertama yang dipasarkan di dunia, Toyota telah meluncurkan lebih dari 40 model kendaraan elektrifikasi. Total penjualannya lebih dari 15 juta unit.

“Sejalan dengan keinginan positif pemerintah Indonesia untuk mengakselerasi kendaraan elektrifikasi dan juga infrastuktur, Toyota juga melangkah lebih maju lagi. Di mana Toyota akan menghadirkan teknologi elektrifikasi yang lengkap. Sehingga masyarakat bisa memilih kendaraan elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan mobilitas masing – masing,” tutup Vice President Director PT TAM Henry Tanoto.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: 4 Alasan Mengapa Toyota Pasarkan Prius PHEV untuk Pembeli Borongan

Previous post
Daftar Harga Servis Motor Honda di AHASS, Mulai dari Rp45 Ribu
Suzuki Nex Crossover
Next post
Suzuki Nex Crossover Meluncur di Indonesia, Harga Rp17 Jutaan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *