HomeBeritaWaspadai Titik-Titik Kemacetan Saat Cuti Bersama Besok

Waspadai Titik-Titik Kemacetan Saat Cuti Bersama Besok

tol cikampek punya titik titik kemacetan
Tol Cikampek punya titik-titik kemacetan yang cukup banyak (Foto: NTMC Polri)

Jakarta – Pemerintah menetapkan cuti bersama menyambut hari besar Maulid Nabi Muhammad SAW. Memasuki libur panjang, Polda Metro Jaya memprediksi adanya titik-titik kemacetan di jalan tol menuju keluar Jakarta.

Warga Ibu Kota yang merencanakan liburan keluar kota patut mewaspadai antrean panjang kendaraan.

“Titik rawan kemacetan mungkin nanti ada di Cawang, terus Km 10 yang kenaikan elevated (Tol Jakarta-Cikampek). Kemudian Cikarang Barat, termasuk juga di Cikarang Utama untuk wilayah Polda Metro ya,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, sebagaimana dikutip dari laman resmi NTMC Polri.

Dirlantas memperkirakan puncak arus mudik libur panjang terjadi pada Selasa (27/10/2020) malam hingga Rabu (28/10/2020) pagi. Sedangkan arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu (1/11/2020).

Polda Metro Jaya juga mengantisipasi kemacetan di rest area Jalan Tol Jakarta-Cikampek.

“Masyarakat perlu mewaspadai kepadatan di rest area Km 19. Kemudian, justru arus baliknya yang kita perkirakan cukup padat. Ada pertemuan dari arah Bandung dan dari arah di Km 62, kemudian juga di rest area dan juga sebagainya, tentu akan kita perkuat di sana,” jelas Sambodo.

Dirlantas akan menyiapkan 749 personel yang nantinya akan berasal dari jajaran Ditlantas Polda Metro Jaya serta Satlantas yang ada di polres.

Terkait pengamanan libur panjang yang akan bertepatan dengan dimulainya Operasi Zebra 2020, Sambodo mengaku pihaknya telah siap terhadap dua kegiatan tersebut. Menurutnya, tidak ada razia Operasi Zebra saat pengamanan di jalan tol.

“Operasi Zebra kita enggak ada razia, kita sifatnya hunting di mana titik-titik yang menjadi kerawanan pelanggaran di situ yang kita laksanakan. Lalu titiknya berbeda (pengamanan libur panjang dan penindakan Operasi Zebra),” tambahnya.

Skenario Dirlantas Mengurai Titik-Titik Kemacetan Saat Libur Panjang

titik titik kemacetan kala mudik
Mengendarai mobil manual saat mudik

Dirlantas menyebut akan menyiapkan 15 pos pengamanan di sejumlah titik-titik rawan kemacetan. Selain itu, Dirlantas menyiapkan skenario penanganan arus lalu lintas untuk mengurai titik kemacetan saat libur panjang.

“Kami sudah menyiapkan skenario contraflow maupun one way. Tentu saja ini akan dikoordinasikan dengan pihak Korlantas karena sangat terhubung dengan Polda Jabar untuk pengamanan di jalan tolnya. Kami persiapan juga skenario-skenario misalnya apabila penutupan elevated dan sebagainya tapi ini sifatnya situasional,” tandasnya.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca juga: Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas, Operasional Mobil Barang Dibatasi

modifikasi toyota kijang super 1991 risman jacob
Previous post
Modifikasi Toyota Kijang Super 1991, Memori Mobil Mendiang Nenek
Next post
Ini Kisaran Harga BMW R18 Classic yang Bakal Meluncur di Indonesia