Wow, Daihatsu di Indonesia Kini Produksi Mobil Mazda untuk Jepang
Jakarta – Daihatsu dalam hal ini PT Astra Daihatsu Motor tidak cuma memasarkan kendaraan tapi juga memproduksinya untuk pasar domestik dan ekspor. Baru-baru ini, beredar foto sosok Mazda Bongo untuk pasar Jepang sedang diangkut oleh car carrier berplat Jakarta. Sosok Mazda Bongo tersebut ternyata adalah hasil produksi Daihatsu di Indonesia.
Saat dikonfirmasi soal kebenaran hal tersebut, Amelia Tjandra selaku Marketing Director PT ADM membenarkan fakta tersebut. Ia mengakui bila memang ada kerja sama antara Daihatsu dan Mazda untuk pasar Jepang. Pihak ADM pun ditunjuk sebagai produsen dari Mazda Bongo.
“Basicnya sama, engine-nya sama dengan GranMax yang 1,5 liter. Tapi di Jepang punya standar keselamatan yang berbeda dengan yang ada di Indonesia. Jadi khusus untuk ekspor ke Jepang, spesifikasinya mengikuti negara tujuan,” ungkap Amelia saat sesi digital press conference.
Lebih lanjut, Amelia menjelaskan bila GranMax ini dijual dalam tiga brand sekaligus di negara tersebut. GranMax dijual juga oleh Toyota dan Daihatsu, selain tentunya oleh Daihatsu sendiri.
“Produk Indonesia yang masuk ke negara Jepang itu basisnya adalah GranMax, dijual Toyota brand (TownAce, LiteAce), Daihatsu brand, kemudian juga Mazda. Kita sebagai orang Indonesia semestinya bangga, karena mbahnya kualitas itu Jepang. Kalau sampai sebuah negara bisa mengekspor ke Jepang, itu adalah pencapaian bagi negara tersebut,” bebernya.
Daihatsu Kini Produksi Mazda Bongo
Amelia bahkan mengungkapkan bila awalnya pihak dealer Daihatsu di Jepang meragukan soal kualitas produk asal Indonesia. Mereka bahkan ingin membuktikan langsung dengan datang ke pabrik Daihatsu di Indonesia.
“Waktu mau ekspor GranMax ke Jepang, dealer-dealer di Jepang itu nggak percaya. Menurut mereka, masa produksinya dari Indonesia. Mereka pun datang ke Indonesia demi melihat langsung proses produksi di pabrik Daihatsu sama seperti di Jepang,” ucap Amelia
Terkait dengan spesifikasi antara versi domestik (Daihatsu GranMax) dan versi ekspor (Mazda Bongo), Anjar Rosjadi selaku Marketing Planning Division Head PT ADM menyebut bila perbedaannya hanyalah pada sisi kelengkapan fitur keselamatannya saja.
“Itu adalah kerja sama antara brand Daihatsu dan Mazda tapi di Jepang. Kalau Mazda di Jepang tentu secara spesifikasi agak berbeda dengan GranMax yang ada di Indonesia. Fitur keselamatan tentunya menjadi hal yang utama yg harus dibenamkan Mazda,” tambah Anjar.
Penulis: Yongki
Editor: Lesmana