Home » Berita » Wow, Mobil Listrik Pertama Mazda Usung Konsep Pintu “Bunuh Diri”

Wow, Mobil Listrik Pertama Mazda Usung Konsep Pintu “Bunuh Diri”

Wow, Mobil Listrik Pertama Mazda Usung Konsep Pintu “Bunuh Diri” (Foto: Paultan)

Tokyo – Tak mau kalah dari produsen otomoif lain, Mazda akhirnya resmi meluncurkan mobil listrik pertama yang telah siap diproduksi massal. Perkenalan mobil listrik pertama Mazda yang diberi nama MX-30 dilakukan kemarin bersamaan dengan pembukaan Tokyo Motor Show (TMS) 2019, Rabu (23/10/2019). Kehadiran Mazda MX-30 menjadi model ketiga di jajaran keluarga Mazda dengan generasi terbaru yang saat ini mencakup Mazda 3 dan CX-30 terbaru.

Lantas seberapa menariknya mobil listrik pertama Mazda ini. Berikut uraian singkatnya mulai dari eksterior, interior, hingga dapur pacu MX-30:

1. Pintu ‘Bunuh Diri’

Memberikan kesan unik dan beda dari mobil listrik pada umumnnya, Mazda MX-30 mengadopsi konsep pintu yang unik yaitu suicide door atau dikenal juga dengan pintu bunuh diri. Untuk mengusung konsep pintu bunuh diri ini, Mazda memasangkan pilar B di tengah sebagai ‘sandaran’ pintu depan dan belakang. Pintu depan dapat dibuka ke arah depan sedangkan pintu kedua ke arah belakang. Keuntungan mobil mengadopsi suicide door yaitu memudahkan penumpang maupun pengemudi masuk atau keluar kabin mobil.

Konsep pintu serupa juga pernah diaplikasikan oleh Mazda ke mobil sport RX-8.

Mobil Listrik Pertama Mazda Usung Konsep Pintu “Bunuh Diri” (Foto: Pailtan)

2. Dimensi

Dari segi dimensinya, Mazda MX-30 punya ukuram hampir sama seperti CX-30 yakni berukuran panjang 4.395 mm, lebar 1.795 mm, tinggi 1.570 mm, dan jarak sumbu roda 2.655 mm.

Mazda MX-30 (Foto: Paultan)

3. e-SkyActiv

Mazda menyebut rangkaian tenaga (powertrain) mobil listriknya sebagai e-SkyActiv. Mazda MX-30 dibekali motor listrik yang dapat menggerakkan roda depan dengan tenaga 141 hp dan torsi puncak 264 Nm. Mobil lini juga mendapatkan G-Vectoring Control system atau e-GVC Plus yang sudah disempurnakan.

Dengan baterai berkapasitas 35,5 kW, Mazda MX-30 diklaim mampu berjalan hingga sejauh 209 kilometer.

4. Desain Eksterior Mazda MX-30

Mazda masih mempertahankan bahasa desain KODO di MX-30 yang mulai terlihat dari depan mobil. Lampu depan tampak menjorok ke dalam. Lebih jauh ke bawah, tampilan apron menggunakan palang vertikal dan lampu kabut ‘sipit’ di sudut.

Melihat bagian belakang kendaraan, terdapat lampu melingkar yang mengingatkan kita pada CX-30. Berhubung Mazda MX-30 mobil listrik murni maka tidak ada ujung knalpot yang ‘nongol’ di bagian bawah belakang mobil.

Mazda MX-30 (Foto: Paultan)

5. Interior

Interior Mazda MX-30 dilengkapi konsol tengah mengambang dan ujung tuas transmisi begitu gemuk. Selain itu kabin Mazda MX-30 juga dilengkapi dengan head unit layar sentuh tujuh inci, terletak di bawah kisi-kisi AC. Fitur lain instrumen digital instrument cluster dan lingkar kemudi seperti model Mazda sekarang. Demikian seperti dilansir dari Paultan.

Interior Mazda MX-30 (Foto: Paultan)

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mazda CX-8 di Indonesia Akan Diluncurkan Bulan Depan

Previous post
Ayo, Manfaatkan Kesempatan Beli Mobil DFSK dengan DP Ringan
Next post
Honda Jazz Generasi Terbaru Dijual Mulai Tahun Depan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *