Berita

Wuling Almaz Hybrid Diperlihatkan ke Publik, Pakai Mesin 2.0L

Jakarta – Mobil konsep Wuling Almaz Hybrid diperlihatkan ke publik di Jakarta. Mesin bensin yang disematkan ke Wuling Almaz Hybrid Concept beda dari model konvensional yang dijual saat ini.

Wuling Motors turut berpartisipasi dalam meramaikan pameran khusus kendaraan listrik bertajuk Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2022. Pameran yang diselenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) ini berlangsung hingga 30 September 2022 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat.

Di pameran tersebut, Wuling membawa dua model kendaraan elektrifikasi, yaitu Wuling Air ev dan Wuling Almaz Hybrid Concept. Disediakan pula dua unit Air ev varian Long Range bagi pengunjung yang ingin merasakan langsung sensasi berkendara mobil listrik mungil ini.

Pengunjung IEMS 2022 dapat mencoba Wuling Air ev (Foto: Wuling)

“Kami membawa dua inovasi berkendara ramah lingkungan, yaitu kendaraan listrik dan hybrid. Pada inovasi kendaraan listrik, Wuling menghadirkan Air ev yang berdimensi compact dan futuristik. Kami pun tidak berhenti untuk berinovasi bagi masyarakat Indonesia dan hari ini kami membawa serta teknologi hybrid dalam bentuk Almaz Hybrid Concept yang secara khusus kami tampilkan di sini,” ungkap Dian Asmahani selaku Brand & Marketing Director Wuling Motors dalam keterangan resmi, Kamis (29/9/2022).

Seperti diketahui, Wuling Air EV sudah dipasarkan di Indonesia setelah resmi meluncur bulan lalu dalam Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 di Tangerang. Sementara mobil konsep Wuling Almaz Hybrid sendiri baru kali ini dipamerkan dan diperlihatkan ke publik di gelaran IEMS 2022.

Terkait Almaz Hybrid Concept, Wuling tak membeberkan spesifikasi lengkapnya. Jenama asal China tersebut hanya menyebut bila mobil ini mengusung mesin pembakaran dalam dan motor listrik bertenaga baterai.

Selain itu Almaz Hybrid Concept diklaim mempunyai performa tinggi yang bisa memberikan pengalaman berkendara lebih menyenangkan.

Diambil dari Basis Wuling Almaz RS dan Mesin Lebih Besar

Secara umum tampilan Almaz Hybrid Concept sama seperti Almaz RS. Hal ini diperkuat dengan adanya emblem RS di gril. Tetapi, pada Almaz Hybrid Concept, emblem RS tidak berwarna merah melainkan biru yang seolah-olah ingin menunjukkan bahwa mobil tersebut ramah lingkungan.

Wuling Almaz Hybrid

Wuling Almaz Hybrid Concept di IEMS 2022 (Foto: Wuling)

Bergeser sedikit ke bawah, ada list yang juga berkelir biru, sedangkan pada Almaz RS warnanya merah. Cover lampu LED Projector Almaz Hybrid Concept juga mendapat sentuhan warna biru.

Bagian kaki-kaki tersemat pelek 18 inci atau satu inci lebih besar dari Almaz RS.

Sementara bagian belakang desainnya tidak mengalami perubahan sama sekali, hanya saja ada tambahan emblem hybrid dengan latar berwarna biru di sebelah kiri bodi mobil.

Bicara soal dapur pacu, ini yang menarik karena mesinnya berkapasitas 2.0 liter, lebih besar dari Almaz yang ada saat ini. Sayangnya tidak disebutkan seberapa besar tenaga yang dikeluarkan.

Selain mesin konvensional, Almaz Hybrid Concept juga telah dibekali dengan Intelligent Electronic Control System, Dedicated Hybrid Transmission, P1+P3 Electric Motor and generator, serta baterai lithium.

Belum ada kabar dari Wuling apakah nantinya Almaz Hybrid Concept akan masuk jalur produksi atau hanya menjadi mobil konsep selamanya.

Kita tunggu saja informasi resmi berikutnya dari Wuling.

Penulis: Santo Sirait

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts