Home » Berita » Wuling Confero dan Cortez Raih Penjualan Positif Berkat IIMS 2018

Wuling Confero dan Cortez Raih Penjualan Positif Berkat IIMS 2018

Wuling Confero dan Cortez
Wuling Cortez (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Keikutsertaan PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia (Wuling Motors) di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 membawa angin segar bagi perusahaan.

Pasalnya selama 11 hari pameran (19-29 April), pabrikan otomotif yang bermarkas di China menuai hasil pemesanan kendaraan yang terbilang positif. Tidak hanya itu saja, antusias pengunjung pemeran yang melakukan test drive terhadap Wuling Confero dan Cortez sangat tinggi.

Berdasarkan data resmi pemesanan kendaraan yang diterima perusahaan, ada sebanyak 501 mobil sudah dipesan. Angka tersebut merupakan total pemesanan dari dua model yaitu Wuling Confero dan Cortez, masing-masing sebanyak 248 unit dan 253 unit. Sedangkan pengunjung yang melakukan test drive sebanyak 744 orang.

“Kita melihat ini sesuatu pencapaian yang positif termasuk di IIMS, karena di IIMS baru pertama kali kami ikut serta. Tetapi respon dari masyarakat sudah cukup positif dan benar-benar yang transaksi di booth ya 501 unit,” ujar Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors, di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Berkat pencapaian di IIMS 2018, penjualan wholesales (dari pabrik ke dealer) dari kedua produk mengalami pertumbuhan jika ditotal dari Januari sampai April 2018. “Market secara total Confero dari Januari sampai April 2018 sebanyak 2.833 unit. Kalau Cortez 2.383 unit. Itu secara wholesales. Kalau angka retail (dealer ke konsumen) enggak akan jauh berbeda,” papar Dian.

Wuling Confero dan Cortez
Bermanja dengan Wuling Confero S di Bali (Foto: Carmudi)

Dirinya menambahkan dengan positifnya pencapaian di sepanjang empat bulan pertama tahun ini, mengartikan keduanya mendapat respon positif dari masyarakat. Saat ini, lanjut Dian, penjualan terbanyak disumbang oleh konsumen dari Jakarta dan sekitarnya.

“Jabodetabek tinggi permintaannya. Begitu juga Jawa Tengah, Jawa Timur, Jawa Barat dan Sulawesi cukup positif penerimaannya. Kita di Sulawesi ada 4 diler secara market share cukup kompetitif dari brand lain,” papar dia.

Wuling Cortez 1.5 Sudah Ada yang Pesan

Memanfaatkan momen IIMS 2018, Wuling Motors meluncurkan Cortez tipe terbaru dengan mesin yang lebih kecil yaitu Wuling Cortez 1.5. Sebagai pendatang baru, penerimaannya sepanjang IIMS berlangsung cukup baik, meskipun tercatat belum sampai belasan konsumen yang melakukan pemesanan.

“Wuling Cortez 1.5 sudah mendapat respons positif. Di IIMS 2018, sudah ada pemesanan sekira sepuluh unit. Cortez 1.5 baru akan dikirim ke konsumen pada Juni,” terang Dian.

Walaupun bakal dikirim bulan depan, namun saat ini perusahaan belum memproduksi Cortez 1.5 di pabriknya.

“Belum mulai produksi dan kirim ke konsumen, sebab kami masih memprioritaskan produksi yang Cortez 1.8 dan Confero,” pungkas Dian.

Wuling Cortez 1.5 ditawarkan dalam dua tipe, S dan C dengan bahan bakar bensin. Tenaga yang disemburkan mencapai 110 hp di putaran mesin 5.800 rpm dengan torsi maksimal 142 Nm.

wuling confero dan cortez
Wuling Confero dan Cortez Test Drive (Foto: Santo/Carmudi)

Tenaga ini disalurkan melalui transmisi manual 6-speed. Khusus Cortez, varian 1.500cc tidak menawarkan pilihan transmisi i-AMT seperti di varian mesin 1.800cc.

Bicara fitur, untuk tipe S sebagai tipe terendah, sudah dibekali piranti keselamatan cukup lengkap. Diantaranya Anti-Lock Braking System (ABS) dan Electronic Brake Force Distribution (EBD), ISOFIX, Dual Airbag dan rem cakram.

Fitur yang tidak ada adalah Tire Pressure Monitoring System (TPMS), rear parking camera, sensor parkir, LED DRL, Shark Fin Antenna, serta Immobilizer seperti yang ada di tipe Cortez 1.5 C.

Soal harga, lagi-lagi Wuling Motors bikin semua orang terkejut. Di tipe terendahnya (S) dibanderol dengan harga tidak sampai Rp200 juta, atau tepatnya Rp193,8 juta. (dna)

servis motor
Previous post
Bingung Biaya Servis Motor? Bisa Pinjam Uang dengan Aplikasi Ini
new datsun go
Next post
New Datsun GO Transmisi CVT Bukan LCGC, Ini Alasannya