Berita Mobil Produk Sumber informasi

Wuling Cortez Bertabur Fitur Mewah, Ini Strategi Jegal Innova

Sentul – Kejutan dari Wuling Motors di akhir tahun bukan soal memperkenalkan Cortez. Kejutan sebenarnya adalah paket yang dibawa oleh Cortez itu sendiri.

Carmudi Indonesia cukup takjub dengan penjelasan Arief Ramadhi, Product Planning Specialist, SGMW Motor Indonesia yang mempresentasikan Wuling Cortez.

“Hadir meramaikan pasar medium MPV, Cortez bertabur fitur canggih yang akan menambah kenikmatan berkendara bagi pemiliknya,” ucap Arief.

Wuling Motors memang benar-benar membuktikan hal tersebut. Dilihat dari desain eksteriornya Wuling Cortez hampir sama dengan bentuk MPV pada umumnya.

Tak ada desain futuristik layaknya yang ditawarkan Mitsubishi Xpander yang lagi booming saat ini. Bisa dikatakan sekilas mirip-mirip model Suzuki Ertiga.

Wuling Cortez

Tampilan eksterior Wuling Cortez. Foto/Carmudi.

Ada juga yang bilang belakangnya mengikuti Honda Mobilio, namun bukan itu yang akan kita bahas karena semua bergantung persepsi masing-masing individu. Akan tetapi jangan salah, meskipun desain bentuknya umum dan terkesan konvensional, tapi Cortez sudah dilengkapi konfigurasi lampu depan belakang yang cukup kekinian.

Wuling Cortez sudah dilengkapi dengan lampu jenis LED dilengkapi DRL, foglamp depan belakang. Ada lagi fitur yang cukup mencengangkan, yaitu hadirnya Electric Sunroof, bikin Cortez sebenarnya tidak bisa disetarakan dengan Innova, tapi lebih cocok berhadapan dengan model high MPV.

Sekarang kita coba lihat pada bagian kabin. Apa yang istimewa di sektor ini? Jawabannya, “banyak yang istimewa”.

Buka pintu depan, mata sudah disuguhkan dengan desain dashboard ciamik layaknya mobil premium. Bahan soft touch yang dipakai Cortez bukan imitasi, benar-benar real soft touch.

Baca juga: Wuling Cortez Calon Rival Innova Sudah Bisa Dipesan

Wuling Cortez

Tampilan interior Wuling Cortez. Foto/Carmudi.

Ha ini akan menjadi salah satu senjata untuk berperang melawan kompetitor, bahkan mungkin banyak orang yang akan bertanya bagimana mungkin mobil buatan Cina ini bisa menghadirkan dashboard mobil bercita rasa mobil mewah Eropa.

Sementara untuk head unit sistem touchscreen berukuran 8” hadir mendominasi di tengah-tengah dashboard. Ini sama dengan yang dibenamkan pada varian Confero S.

Wuling Cortez

Kursi di baris kedua Wuling Cortez. Foto/Carmudi.

Di baris kedua juga mengadopsi captain seat seperti pada Confero S yang menambah kenyamanan penumpang saat melakukan perjalanan jauh.  Seluruh penumpang juga tak perlu khawatir baterai smartphone ngedrop karena ada USB Charging Port di semua baris bangku dari depan sampai belakang.

Fitur Keselamatan dan Keamanan Tertinggi di Kelasnya

Menurut kami, Wuling memberikan fitur keselamatan merupakan tertinggi di kelasnya. Mobil bertenaga mesin 1800 cc ini dibekali dengan Electric Parking Brake yang tak perlu tarik tuas rem lagi saat parkir.

Nah, buat pengendara wanita yang biasanya masih takut-takut saat harus melewati kemacetan di tanjakan atau turunan, sekarang sudah ada Automatic Vehicle Holding (AVH). Cukup dengan menekan tombolnya, secara otomatis fitur akan aktif setiap menginjak pedal rem.

Beberapa fitur keamanan dan keselamatan tambahan lainnya seperti ABS, EBD, Brake Assist, Hill Hold Control, ESC, Traction Control, Dual SRS Airbag, Rear Parking Camera, Front & Rear Parking Sensor, menjadi satu paket utuh pada Wuling Cortez.

Wuling Cortez

Salah satu fitur keselamatang yang dibenamkan pada Wuling Cortez. Foto/Carmudi.

Belum berhenti sampai di sini, pada bagian meter cluster tampak kian modern dengan tampilan informasi seputar mobil. Sebut saja Tire Pressure Monitoring System (TPMS) yang menunjukkan tingkat tekanan angin dan suhu ban.

Sementara di lingkar kemudi terdapat audio control di sisi kiri dan tombol penjawab telepon di sisi kanan. Tentunya akan memudahkan kontrol audio atau menjawab telepon masuk tanpa harus mengganggu konsentrasi saat mengemudi.

Juga gak kalah pentingnya, Electric Seat Adjuster untuk mengatur ketinggian dan posisi bangku secara elektrik. Bukan cuma di bangku pengemudi tapi juga di bangku penumpang depan.

Transmisi i-AMT Berikan Pilihan Berkendara Otomatis dan Manual

Bila pada Wuling Confero S, Wuling Motors hanya menawarkan satu pilihan transmisi, yakni manual. Strategi ini akhirnya menimbulkan pertanyaan konsumen, kapan sistem transmisi otomatis hadir.

Di Wuling Cortez sekarang sudah tersedia transmisi otomatis bernama intellegent – Automated Mechanical Transmission (i-AMT).

“Dengan transmisi ini, konsumen bisa mendapatkan beberapa pilihan menyetir, mulai dari otomatis dengan pilihan Eco dan Sport, serta sensasi manual,” terang Arief Ramadhi.

Wuling Cortez

Mesin Wuling Cortez. Foto/Carmudi.

Teknologi transmisi Cortez ini diklaim mudah dioperasikan dan juga memiliki biaya perawatan yang ekonomis. Cukup lengkap bukan? Tapi sayangnya, pihak Wuling Motors belum membocorkan berapa yang akan menempel pada Wuling Cortez.

Malah Cindy Cai sendiri menantang dan meminta media untuk menyebut harga yang pantas untuk Wuling Cortez.  Mungkin Rp250 juta dengan fitur lengkap seperti ini mungkin Wuling Cortez bisa jadi “barang panas” di 2018. (dol)

Baca juga: Wuling Cortez Bermesin 1,8 Liter Sudah Siap Jual Dibanding Versi 1,5 Liter

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi Wuling Cortez

Fact and Sheet Wuling Cortez (Istimewa)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

/