Berita Mobil Sumber informasi

Wuling SUV Pakai Mesin 1.5 Liter Turbo, Ancam Honda CR-V dan DFSK Glory 580

wuling suv di giias 2018

Jajaran direksi Wuling Motors bersama Wuling SUV (Foto: Wuling Motors)

Jakarta – PT SAIC General Motors Wuling (SGMW) Motor Indonesia, agen pemegang merek (APM) Wuling Motors, semakin serius menggarap pasar otomotif di Indonesia. Setelah mendatangkan Confero dan Cortez, Wuling Motors segera menghadirkan satu model baru lagi sekaligus menjadi produk ketiganya.

Wuling Sport Utility Vehicle ( Wuling SUV), demikian sebutan sementara yang diberikan Wuling Motors untuk calon produk barunya itu. Di negeri asalnya, mobil yang sama menggunakan nama Baojun 530. Sepertinya Wuling Motors ingin memberikan nama khusus untuk pasar Indonesia bagi SUV yang bakal diproduksi di Bekasi itu, sama seperti yang dilakukan kepada Confero dan Cortez.

Menurut penuturan Dian Asmahani, Brand Manager Wuling Motors, baru-baru ini, Wuling SUV bermain di segmen medium SUV. Itu artinya Wuling SUV pakai mesin 1.5 liter turbo merupakan ancaman serius bagi model lain yang berada dalam satu segmen. Sebut saja dua di antaranya Honda CR-V dan DFSK Glory 580.

Mengapa ditujukan ke CR-V dan Glory 580? Sebab kedua model tersebut sama-sama dibekali mesin 1.5 liter dengan turbo. Tapi perbedaan yang paling mencolok dari ketiganya adalah jumlah baris jok di kabin. Wuling SUV hanya dua baris sedangkan CR-V dan Glory 580 telah mengadopsi tiga baris.

Perbandingan Mesin Wuling SUV, Honda CR-V dan DFSK Glory 580

Wuling Motors memang belum merilis spesifikasi lengkap dari Wuling SUV yang bakal dipasarkan di Indonesia. Tetapi sebagai gambaran pada saat perkenalan Wuling SUV di GIIAS 2018, perusahaan menyertakan spesifikasi Baojun 530. Di atas kertas Wuling SUV pakai mesin 1.5 liter turbo, sama dengan Honda CR-V dan DFSK Glory 580. Akan tetapi tenaga yang dikeluarkan oleh ketiganya berbeda.

Supaya tidak penasaran, berikut uraian singkat hasil kinerja mesin dari ketiga mobil tersebut:

1. Wuling SUV

Wuling SUV memiliki dimensi panjang 4.655 milimeter (mm), lebar 1.835 mm, tinggi 1.760 mm, jarak sumbu roda 2.750 mm dan kapasitas tangki bahan bakar 52 liter. Bicara performa, Wuling SUV pakai mesin 1.5 liter turbo dengan konfigurasi 4 silinder segaris DVVT. Kapasitas tepat mesinnya adalah 1.451 cc.

peluncuran wuling suv

Wuling SUV (Foto: Santo/Carmudi)

Di atas kertas mesin ini diklaim mampu meletupkan tenaga sekuat 150 hp pada 5.500 rpm dan torsi puncak 230 Nm pada 2.000-3.800 rpm. Tenaga dikirim ke roda melalui transmisi otomatis jenis Continuously Variable Transmission (CVT).

2. Honda CR-V

Honda Prospect Motor (HPM) pertama kali mendatangkan CR-V terbaru pada April 2017 bersamaan dengan pameran otomotif Indonesia International Motor Show (IIMS). Kerap disebut CR-V Turbo, mobil hadir dengan dimensi panjang 4.584 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.679 mm dan sumbu roda mencapai 2.660 mm.

CR-V Turbo

Honda CR-V Turbo (Foto: Carmudi)

Generasi kelima Honda CR-V ini mengadopsi desain baru yang didukung mesin 1.5 liter VTEC Turbo with Earth Dreams Technology-Direct Injection. Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut sekuat 187 hp dan torsi puncak 240 Nm.

3. DFSK Glory 580

Juga datang dari China, DFSK Glory 580 sudah dirakit secara lokal di pabrik PT Sokonindo Automobile di Cikande, Banten. Sebenarnya Glory 580 sudah lama diperkenalkan di Tanah Air. Hanya saja perusahaan memutuskan untuk meluncurkannya secara resmi pada pertengahan Juli 2018 di Jakarta.

DFSK Glory 580 memiliki dimensi 4680 mm, lebar 1845 mm dan tinggi 1715 mm, serta panjang bagasi yang bervariasi mulai 390-2.040 mm, tergantung konfigurasi pengaturan tempat duduk. Mobil 7 penumpang besutan PT Sokonindo Automobile ini juga memiliki wheelbase 2780 mm yang merupakan terluas di kelasnya sehingga kabin DFSK Glory 580 semakin lapang.

Harga DFSK Glory 580

DFSK Glory 580 (Foto: Carmudi)

Dapur pacu DFSK Glory 580 dibekali mesin SFG15T berkapasitas 1.498 cc turbo. Mesin ini diklaim mampu menyemburkann tenaga 150 hp dan torsi puncak 220 Nm pada 1.800-4.000 rpm. (dna)

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di santo.evren@icarasia.com

Related Posts