Home » Berita » Xpander Bakal Diproduksi di Vietnam, Ini Tanggapan Bos Mitsubishi

Xpander Bakal Diproduksi di Vietnam, Ini Tanggapan Bos Mitsubishi

Xpander
Mitsubishi Xpander buatan Bekasi tiba di Filipina. Foto/MMKSI.

Jakarta – Mitsubishi Motors Corporation (MMC) memilih Indonesia sebagai negara pertama yang memperkenalkan sekaligus memasarkan Mitsubishi Xpander. Tak hanya itu, pabrikan mobil yang bermarkas di Jepang ini juga menunjuk Indonesia sebagai basis produksi Xpander untuk kebutuhan pasar domestik maupun ekspor. Melihat tingginya permintaan Xpander dari negara lain dan guna meningkatkan ekspor, MMC menunjuk Mitsubishi Motors Vietnam untuk turut memproduksi Xpander di pabriknya.

Langkah yang diambil oleh MMC ini bisa dikatakan bukan ancaman bagi PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) selaku perusahaan yang bertanggung jawab untuk memproduksi mobil Mitsubishi di Indonesia. Chief Execuiltive Officer MMC, Takao Kato mengatakan bahwa ini bertujuan untuk menambah jumlah produksi mobil.

“Benar memang (Xpander) juga akan diproduksi di Mitsubishi Motors Vietnam (MMV). Namun tentu ini seperti informasi yang telah kami berikan, karena banyak sekali negara-negara lain yang belum mendapatkan Xpander sehingga kami MMC sedang menentukan destinasi mana saja yang merupakan destinasi ekspor selanjutnya untuk Mitsubishi Xpander,” ungkap Kato saat acara konferensi pers peluncuran Mitsubishi Xpander Cross di Jakarta, Selasa (12/11/2019) lalu.

Pria yang pernah menjabat sebagai Presiden Direktur PT MMKI itu kembali menegaskan lewat strategi ini bisa menghasilkan mobil Mitsubishi Xpander lebih banyak lagi sehingga bisa mendapat kuota tambahan untuk ekspor.

“Dengan meningkatkan produksi maka destinasi ekspor juga akan meningkat dari manapun negara yang memproduksinya,” terang Kato.

Untuk diketahui, saat ini Mitsubishi Xpander yang diproduksi di pabrik MMKI di Kawasan Industri GIIC, Bekasi, Jawa Barat dan sudah diekspor ke berbagai negara. Di antaranya Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Mitsubishi Xpander Racikan Vietnam Keluar 2020

Demi memasok lebih banyak lagi unit Mitsubishi Xpander, MMC akan mulai memproduksinya di Vietnam pada 2020.

Saat ini pabrik mobil Mitsubishi di Vietnam sudah memproduksi Outlander. MMV berencana untuk menambah jalur produksi serta kapasitas pabrik supaya bisa memproduksi Xpander. Menurut MMC, penjualan Xpander di kawasan Asia Tenggara terus meningkat sejak produksi dimulai pada 2017.

Xpander
Mitsubishi Xpander. Foto/Carmudi.

MMV menginformasikan bahwa di Vietnam sekira 14 ribu unit Xpander terjual pada 2018. Angka penjualan tersebut naik dua kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. Tahun ini permintaan konsumen terhadap Mitsubishi Xpander terus meningkat.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Xpander Cross Meluncur, Xpander AP4 Rally Diuji Coba di Selandia Baru

Previous post
Mercedes-Benz Dirikan Bengkel Cat Berstandar Jerman Resmi di Bandung
Next post
Keuntungan Beli Mobil Baru Toyota Jelang Akhir Tahun