Yamaha FZ1 Edisi Khusus, Tunggangan Beringas Pengawal RI-1
BEBERAPA waktu lalu, publik Tanah Air sempat dikejutkan dengan kehadiran dua motor berwarna hitam legam di dalam iring-iringan pasukan pengawalan presiden (paspampres). Ternyata, kedua motor sport yang masuk ke dalam kelas naked bike itu merupakan motor keluaran Yamaha, yang disebut dengan FZ1. Kedua motor tersebut memang tampil berbeda dibandingkan dengan motor-motor pengawal lainnya, yang sebelumnya menggunakan Honda Goldwing, Yamaha FJR 1300, dan Yamaha XJ900.
Sejarah Yamaha FZ1
Yamaha FZ1 merupakan motor jalan raya yang diproduksi sejak 2001 silam. Generasi 1 dari FZ1 disebut juga dengan FZS1000 Frazer di pasaran Eropa. Rangkanya berbahan besi dengan model tubular, dan mesinnya hasil modifikasi dari Yamaha YZF-R1 yang masih menggunakan karburator. Sementara untuk model keluaran 2005, sudah disematkan catalytic converter.
Generasi kedua FZ1 dihadirkan pada 2006, dan sepenuhnya mengusung model yang baru. Perubahan yang terjadi termasuk di bagian sasis, rangka bodi, dan mesin yang sepenuhnya baru. Akan tetapi, banyak bagian dari mesin ini masih sama persis dengan pendahulunya, YZF-R1. Rangka yang disematkan memiliki model seperti berlian dan bentuknya lebih kompak, dengan materinya kini menggunakan bahan aluminium.
Di bagian mesin, perubahan terjadi pada bobot crankshaft yang menjadi lebih berat 40 persen dan keseimbangannya diperbaiki. Jika YZF-R1 menggunakan karburator, maka FZ1 sudah menggunakan injeksi. Perubahan dan perbaikan selalu dilakukan pada bagian ECU, di mana respon katup ditingkatkan pada saat mesin berada pada putaran rendah.
Sementara itu, FZ1 dimasukkan ke dalam jajaran motor pengawalan presiden sejak 2010 lalu, sebagai langkah penyelamatan untuk bisa melibas kepadatan jalanan ibukota. FZ1 ditampilkan sebagai sepeda motor yang mengusung konsep streetfighter, dan merupakan versi polos/naked dari Yamaha YZF-R1. Meskipun menggondol mesin dengan kapasitas yang sama, perbedaannya antara keduanya terletak pada bentuk dan penerapan teknologi DOHC.
Performa Mesin Yamaha FZ1
FZ1 mencangkok mesin berkapasitas 998 cc, empat silinder segaris, liquid-cooled, 20 katup, DOHC. Untuk pengapiannya menggunakan Digital TCI (Transistor Controlled Ignition) dengan ECU 32-bit. Menggunaan transmisi manual 6-percepatan, FZ1 mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk, dengan torsi maksimalnya mencapai 106 Nm. Sedangkan konsumsi bahan bakarnya terbilang cukup irit untuk motor bermesin gambot, di mana konsumsinya 6,72 liter untuk jarak tempuh 100 km.
Kompetitor dan Harga Jual
Kali pertamanya FZ1 dilepas ke pasaran, harga jualnya sebesar US$ 10.290 atau berkisar Rp125 juta. Namun, masih belum diketahui berapa harga resminya apabila dijual di pasar Tanah Air pada saat ini. Sementara itu, FZ1 yang berada di kelas naked bike atau streetfighter, bertarung dengan para kompetitor di segmen motor sport bermesin besar seperti Suzuki Bandit 1250S, Honda CBR 1000RR, dan Kawasaki Z1000.
Meski begitu, para pecinta segmen moge (motor gede) di Tanah Air sepertinya harus gigit jari, karena PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) yang memasukkan FZ1 versi paspampres, memastikan kalau mereka takkan memasarkannya secara luas. Hal ini karena FZ1 yang digunakan oleh paspampres dipesan secara khusus dan modelnya sangat berbeda dibandingkan dengan yang dijual secara luas di Jepang. (Galih Rachdityo Permono)