Home » Berita » Yamaha Ubah Karakter YZR-M1 Jadi ‘Rasa Honda’ di Buriram

Yamaha Ubah Karakter YZR-M1 Jadi ‘Rasa Honda’ di Buriram

Kemampuan Yamaha YZR-M1 di Buriram Tampil Fantastis (Foto: Motorsport)

Bangkok – Yamaha akhirnya bisa kembali kompetitif melawan dominasi Honda-Ducati. Yamaha YZR-M1 tampil fantastis pada sesi kualifikasi MotoGP akhir pekan lalu di Buriram, Thailand. Saat sesi kualifikasi, Valentino Rossi berhasil mengemas start kedua dan Vinales mengamankan grid keempat.

Padahal, ‘The Doctor’ sempat pesimis soal performa dan karakter M1 jelas tidak cocok dengan layout sirkuit Buriram. Sirkuit ini terdapat banyak trek lurus yang panjang. Layout sirkuit seperti ini biasanya cocok dengan Honda RC213V.

Muncul pertanyaan mengapa YZR-M1 dapat tampil bagus di Buriram, apalagi jika dibandingkan dengan balapan seri-seri sebelumnya. Belum lagi, kubu garputala tampil buruk saat seri Aragon dua pekan lalu.

“Aragon adalah bencana karena kami tidak punya grip. Di Buriram menurut prediksi, kami akan kesulitan. Tapi, hari ini tidak seperti yang kami duga, kami sedikit lebih kompetitif,” ujar Rossi sebagaimana dikutip Motorsport.

Rossi mengaku begitu terkejut grip motor pada trek berkarakter cepat. Performa apik Yamaha YZR-M1 ini membuat The Doctor berhasil naik podium di posisi kedua.

“Kami melintasi trek dan terlihat seperti trek memiliki grip lebih sehingga saya bisa memaksa kemampuannya lebih sering. Mengapa kita lebih baik di sini? Masalahnya kita tidak tahu dan juga Yamaha tidak tahu,” ungkapnya.

The Doctor sebenarnya sudah keburu pesimis dengan kemampuan motor yang bisa saja jeblok ketika race berlangsung. Baginya, motor Yamaha saat ini ia anggap performanya di bawah motor-motor pebalap lainnya.

Performa Yamaha YZR-M1 Bikin Pebalap Honda Takjub

Meningkatnya kemampuan motor pabrikan asal Iwata sejak sesi kualifikasi membuat pebalap lain heran. Cal Crutchlow yang membela tim LCR Honda bahkan takjub karena Yamaha YZR-M1 bisa merusak dominasi Honda-Ducati yang selama ini silih berganti memenangkan balapan seri.

Yamaha Factory Racing Kesulitan di GP Austria (Foto: Motorsport)

“Sesuatu yang sangat aneh telah terjadi di sana, bahwa mereka tiba-tiba menemukan satu detik dalam satu putaran. “Ini bagus untuk kejuaraan, bagus untuk semua orang dan mereka (Yamaha) di atas lagi,” imbuh Crutchlow.

Maverick Vinales lantas mengungkap rahasia kemampuan M1 mengapa bisa lebih cepat dari biasanya. Pebalap Yamaha asal Spanyol ini menyebut bila tim mekanik mengubah distribusi bobot yang berdampak pada performa pengereman dan akselerasi lebih baik.

“Khususnya pada keseimbangan berat, yang sangat penting. Hari ini, kami sedikit membaik dalam pengereman dan akselerasi, akhirnya kami melakukannya (ubahan yang baik),” ungkap Vinales. (dna)

Previous post
Lima Mobil Konsep Masa Depan Paling Unik
datsun 2018
Next post
Infografis Mobil Baru Datsun 2018, Kini Bukan Cuma LCGC