Berita Sepeda motor Sumber informasi

Yamaha Indonesia Uji Coba Skuter Elektrik Mirip Fino

Penulis: Endara Darata

Jakarta – Rupanya Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mulai lakukan uji coba pasar (Market Trial) kendaraan listrik di Indonesia. Dalam uji coba ini YIMM bekerja sama dengan empat institusi diantaranya Kebun Raya Bogor, Universitas Pelita Harapan, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Indonesia dan The Breeze BSD.

Keempat institusi ini akan dipinjamkan skuter listrik milik YIMM untuk digunakan dalam kawasan kerjanya, agar mendapat masukan untuk bekal pengembangan nantinya. Bila di lihat dari modelnya skuter listrik ini mengambil basis dari Yamaha Vino bermesin konvensional.

Sebagai informasi model seperti ini (skuter listrik) sudah lebih dulu dipasarkan di negara Taiwan yang diberi nama e-Vino sejak 2014. Rupanya YIMM tak mau kalah dengan pabrikan motor Viar yang telah lebih dulu mengeluarkan skuter listriknya bernama Q1. Serta merek baru asli Indonesia Gesits yang telah meluncurkan unit di segmen yang sama.

Dalam keterangan resmi YIMM, Kamis (2/11) dikatakan Yamaha pertama kali memperkenalkan sepeda motor listrik dpada 2002 lewat Yamaha Passol. Yamaha kemudian terus melakukan pengembangan dengan berturut – turut memperkenalkan EC-02, Passol-L, EC-03 dan E-Vino.

Serta di ajang Tokyo Motor Show memamerkan beberapa motor sports listrik andalan. Hingga saat ini penjualan motor listrik Yamaha telah merambah kawasan Eropa dan di negara Asia seperti Jepang dan Taiwan dengan total penjualan lebih dari 10.000 unit.

Spesifikasi Skuter Listrik Yamaha

Sebagai informasi skuter listrik besusutan Yamaha yang dipasarkan dibeberapa negara  ini menggunakan basis Fino 125cc Blue Core (Indonesia). Diluar Indonesia skuter listrik Yamaha ini diberi nama E-Vino memiliki torsi sebesar 7,8 Nm, dan menggunakan baterai sebagai bahan penggerak motor.

Baterai yang digunakan lithium-ion 50 volt-12 seperti disebutkan di laman Yamaha-motor.co.jp. Pengisian baterai penuh (3 jam), motor ini dapat menempuh jarak perjalanan sejauh 33 Km.

Yamaha E-Vino beratnya sekitar 60 kg, berat ini sama dengan berat orang dewasa pada umumnya. Ukuran velg pun berbeda, skuter elektrik ini dibekali dengan velg  sebesar 10 inci.

 

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts